background img

Artikel Terbaru

Blender 3D Open Source Software


Blender, saat pertama kali mendengar kata itu mungkin saja kita berfikir blender itu adalah sebuah alat untuk membuat jus, namun dalam dunia Grafis Blender merupakan salah satu nama aplikasi untuk membuat grafik 3 Dimensi. Blender merupakan OSS (Open Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat di gunakan di berbagai macam OS (Operating System).

Software ini dapat diperoleh di situs resminya yaitu blender.org. Software ini termasuk software dengan ukuran kecil dan dapat digunakan di berbagai macam OS. Diantaranya Windows, Linux, Ubuntu dan lain lain.

Untuk spekifikasi yang dibutuhkan untuk penginstallan software ini sangatlah sederhana

  • Intel pentium III atau lebih/ AMD dsbg
  • Ram 64Mb
  • VGA 4Mb
  • Disk Space 35Mb
  • Windows 2000 dan lebih, Linux,

Bagi yang sudah terbiasa menggunakan 3D Max akan sangat kesulitan ketika pertama kali menggunakan Software ini. Karena tampilan interface Software ini sangatlah berbeda dengan 3DMax.

Tutorial untuk aplikasi ini juga gak terlalu banyak. Sehingga kita akan sulit buat mempelajarinya. Selain itu tutorialnya lebih banyak menggunakan bahasa inggris. Kalian bisa mendapat tutorial blender dalam bahasa indonesia di inbelnder.blogspot.com kunjungi aja situs itu meskinpun tidak bisa mendapatkan tutorial blender yang banyak namun bisa sangat membantu dalam mulai belajar membuat obyek dan animasi menggunakan blender.

Ada baiknya kita menggunakan Blender dari pada 3Dmax. Karena Blender itu merupakan OSS yang bersifat freeware jadi kita tidak akan berdosa jika menggunakan ini. Rata rata orang yang menggunakan 3Dmax akan meng - crack serial numbernnya. Itu sudah termasuk dalam pembajakan dan dapat merugikan perusahaan yang memiliki wewenang. Itu sudah termasuk dosa :D

Ada baiknya kalian menggunakan blender. selamat mencoba dan good luck :D