background img

Artikel Terbaru

Yahoo Messenger 10 Beta

Cuma mau sekedar share aplikasi Yahoo Messenger versi 10 Beta yang dapet dari mana gitu entah saya sudah lupa. dengan beberapa tambahan fitur yang bisa kalian nikmatin saat download. Ini merupakan aplikasi master jadi jika ingin install aja gak perlu online namun untuk login tetep harus online

untuk download langsung klik aja link dibawah ini

Download Yahoo Messenger 10 Beta


Pencil 2D Open Source Software

Sekarang saatnya membahas software open source lainnya. Kali ini saya mau membahas sedikit software yang namanya pencil. Ini merupakan applikasi open source yang dapat digunakan untuk membuat animasi 2D seperti Flash yang kini telah dimiliki oleh adobe. Seperti flash, pencil dilengkapi dengan tool tool yang mirip dengan flash itu sendiri. Karena pencil merupakan software open source, mungkin masih banyak kekurangannya. setahu saya pencil tidak dapat digunakan dengan gabungan action script. Tapi saya kurang tahu banyak tentang software ini karena lebih mendalami ke Blender. Bagi yang berminat untuk mecoba software ini dapat mendownload di link di bawah ini

Download Pencil 2D (Windows)


Atau dapat langsung mengunjungi situs resminya

http://pencil-animation.org/

Aplikasi Piano dengan Blender

Ini merupakan aplikasi piano V. 1.0 buatanku yang menggunakan apilikasi Blender. Aplikasi ini dapat di download dengan link di bawah ini

Download Piano V 1.0

Untuk memainkan aplikasi ini cukup extract rar nya lalu klik 2 kali pada piano.exe

Jangan pindahkan apapun dalam folder piano karena dapat membuat aplikasi ini tidak dapat dijalankan. mungkin karena masih versi pertama jadi masih banyak kekurangannya. Berikan saya masukan untuk menyempurnakan aplikasi ini.

Aplikasi ini pernah saya presentasikan saat mengisi seminar Technopreneurship di Era Open Source tanggal 4 Juli 2009 di VEDC Malang.

Jangan lupa berikan masukkan melalui comment di postingan ini

Majalah Blender Indonesia edisi pertama

Blender, seperti yang kita ketahui merupakan sebuah software open source. Kini Blender Army Indonesia mulai bangkit untuk menjadi sebuah komunitas open source software di Indonesia. Hal ini terbukti dengan munculnya BlendMagz yang merupakan majalah tentang blender yang menggunakan bahasa indonesia.

BlendMagz edisi pertama ini terbit pada awal bulan Oktober 2009.

Karena Blender merupakan software open source maka majalah ini pun dapat dinikmati dengan cuma cuma. Namun hanya perlu mengeluarkan uang untuk download majalah ini yang ukurannya tidaklah kecil. Majalah ini telah dikemas menjadi 2 versi. Yaitu versi pdf dan exe. Untuk mendownload majalah tersebut silakan klik link di bawah ini :
Silakan mendownload majalah tersebut dan nikmati berbagai berita sampai tutorial blender semuanya dalam bahasa Indonesia


Seminar Technopreneurship di Era Open Source

Pada tanggal 4 Juli 2009 saya berkesempatan untuk mengikuti Seminar Technopreneurship di Era Open Source yang diadakan di VEDC Malang. Disana saya memperoleh kesempatan untuk mempresentasikan produk buatan saya di hadapan para hadirin. Itu merupakan pertama kali saya mempresentasikan produk di hadapan para hadirin yang lumayan banyak. Karena selama ini saya hanya pernah presentasi dihadapan teman teman saya sendiri.

Selain itu dihadiri pula oleh tokoh tokoh penting dari Indonesia yang bergerak di bidang open source. Seperti Ir. Gatot Hari Priowirjanto selaku direktur SEAMOLEC, Frans Thamura selaku pendiri JavaUserGroup Indonesia, serta Harry Kaligis selaku Associate Director Business Development & Community PT Sun Microsystems Indonesia.

Disana saya mempresentasikan 1 Buah Labirin game dan 1 buah aplikasi piano yang ke dua duanya merupakan hasil dengan menggunakan Blender. Meskipiun sempat nerveous namun saya berhasil mempresentasikan ke 2 produk saya tersebut



Beralih ke Open Source

Open Source, mungkin sudah ada yang banyak mengetahui tentang hal ini dan pastilah tidak sedikit juga yang belum mengetahui open source itu apa. Open Source bisa berarti software yang bersifat gratis maupun bersifat terbuka untuk beberapa operasi system.
  • Kenapa Harus Open Source ?
    • Karena Open Source bersifat gratis dan kompatibel di banyak Operasi System. Selain itu Open Source juga memberikan keuntungan yang tidak kecil. Karena dengan menggunakan Open Source kita tidak perlu membeli software yang mahal. Karena karya karya dari Software canggih namun bajakan suatu ketika kita bisa terkena undang - undang yang dapat menyusahkan kita. Karena sudah banyak para Desinger dan Programer yang terkena razia karena membuat produk mereka menggunakan Software yang tidak asli (crack - crack an) dan menjualnya.
  • Keuntungan dari Open Source
    • Kita dapat mendapatkan secara gratis (Paling cuma bayar internet saat download :p)
    • Dapat menghasilkan produk yang tidak kalah bagus dengan hasil dari software yang berlisensi
    • Aman dari razia :D
    • Keuntungan dari penjualan produk lebih besar
    • Dapat digunakan di banyak OS
    • Sebagian besar aplikasi open source ukurannya kecil
  • Contoh Software Open Source
    • Blender sama dengan 3DMAX
    • Pencil sama dengan Adobe Flash
    • AppServ merupakan apliakasi server yang bersifat open source
    • Dan masih banyak lagi.
Semoga ini bermanfaat dan mulailah untuk mengurangi dosa karena tidak menggunakan software yang bajakan (Aku pun baru sadar :D). Go Open Source!!!

Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.