panduaji

Kategori: Uncategorized

Tahun 2010 adalah Tahun Open Source

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Sekarang kita telah memasuki tahun 2010, dimana pada tahun ini bisa menjadi titik awal kebangkitan open source di Indonesia. Adanya dukungan pemeritah dalam pengembangan OSS Untuk Industri Kreatif. Ini merupakan saatnya kita tunjukkan pada masyarakat Indonesia bahwa kita tidak membutuhkan membajak software. Karena kita bisa dapatkan software tersebut dengan cuma – cuma tanpa harus membajaknya.

Tidak ketinggalan pula bahwa tahun 2010 merupakan tahun animasi seperti yang dapat kita lihat pada majalah biskom edisi januari dengan headline 2010, Tahun Animasi Nusantara, dengan ini bisa memacu para animator untuk menunjukkan kebolehannya, namun disarankan untuk menghargai hak cipta dari software. Hindari pembajakan software. Gak ada yang bisa dibanggakan dari sebuah karya yang menggunakan software bajakan. Itu sudah biasa. Buktikan kalau memang bisa berkarya dengan menggunakan software yang legal. Bagi yang memiliki banyak uang silakan membeli lisensi dari software tersebut agar legal untuk digunakan.
Selain itu di awal tahun 2010 ini Depkominfo telah mengadakan lomba FOSS-ID Competition 2010, yaitu sebuah lomba design dengan menggunakan software Open Source.

Lomba Desain ini tidak dipungut biaya, dan berlaku untuk seluruh warga Indonesia. Target peserta dari lomba ini adalah kalangan masyarakat umum (termasuk mahasiswa) dan pelajar. Keikutsertaan peserta juga tidak dibatasi oleh umur.
Isi poster diharapkan berupa informasi mengenai keberadaan open source sebagai alternatif dari software propietary (yang legal maupun versi ilegalnya), dan juga ajakan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menggunakan open source software dan produk-produk berbasis open source dalam aktivitas berbasis TIK.
— dikutip dari situs resminya —

Info lebih lanjut mengenai lomba ini silakan kunjungi situs resminya

Shopee Lovember

2 thoughts on “Tahun 2010 adalah Tahun Open Source”

Leave a Comment