Learn from Mistake

Senin, Maret 01, 2010

Learn from mistake ini aku artikan belajar dari kesalahan. Gak tahu bener apa salah ejaannya. Pokoknya punya inti belajar dari kesalahan. Kesalahan tidak hanya untuk disesali namun perlu juga untuk direnungi dan diambil manfaatnya. Karena kita sebagai manusia tidak lepas dari kesalahan. Bagi mereka yang cerdas, mereka dapat mengambil sebuah pelajaran berharga dari kesalahan yang mereka lakukan atau tidak menutup kemungkinan dari kesalahan orang-orang disekitar mereka.

Disini aku mau sedikit share tentang kesalahan yang telah aku perbuat pada saat persiapan animasi EO. Semoga bisa dijadikan pelajaran yang berharga buat lain. Kesalahan itu terjadi saat pembuatan Animasi bumper EO (tugas produktif). Aku menggnakan blender dalam pembuatan animasi. Dikarenakan blender menyediakan fitur compositing (seperti after effect lah,) aku pun mencoba memanfaatkan fitur gratisan tersebut. Pada awalnya semua berjalan dengan lancar. Hingga pada akhirnya aku mau render compositingnya. Namun yang muncul adalah blank screen alpha. Sehingga tak nampak sama sekali gambar animasi. Render 1 frame aja nggak bisa. Jadi gak bisa di render.

Setelah tanya - tanya di forum nunggu jawaban yang tak pasti. Padahal pengerjaan tinggal malam ini. Terpaksa bereksperimen mencoba. Karena ketika aku buat render biasa dan sequencer (fitur editing video) animasiku bisa di render. Hingga pada akhirnya aku coba buka pakai Blender 2.49(waktu itu aku mengerjakan animasi menggunakan blender 2.5 alpha 1) dan ketika aku render compositing muncul tulisan "no render output in scene". Begitu muncul tulisan tersebut langsung dapet pencerahan mencari kesalahan pada compositing.

Akhirnya bisa nemuin juga kesalahan yang aku perbuat. Yaitu tidak ada output composite. Kehapus jendela ini. Satu satunya cara dengan menambahkannya lagi dan menghubungkan dengan final composite. Sehingga sekarang bisa dibuat render compositing lagi :D

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe