Manfaatkan Google Docs

Minggu, Mei 23, 2010


Google Docs merupakan sebuah layanan yang diberikan oleh Google yang disisipkan dalam gmail . Google docs seperti layaknya sebuah perangkat office yang pada umumnya terinstall dalam sebuah Perangkat Komputer yang dapat digunakan untuk membuat dokumen , spreadsheet, presentasi, drawing, dan form.

Google doc bisa didapatkan secara gratis dengan hanya mendaftar sebuah gmail. Layanan ini sangat bermanfaat untuk mereka yang bekerja secara remote. Sehingga kita dapat mengerjakan sebuah dokumen secara bersama - sama. Meskipun jarak memisahkan kita dengan anggota yang lain. Selain itu kita tidak perlu takut data kita akan hilang yang biasanya disebabkan oleh rusaknya hardisk. Karena ketika kita save dokumen kita, otomatis akan tersimpan di hardisk virtual yang disediakan oleh gmail. Sehingga kita tidak perlu membawa dokumen tersebut dalam sebuah Flash Disk maupun Hardisk.

Selain itu keuntungan dari Google docs ini juga memberi keamanan pada data yang kita miliki. Karena tidak semua orang bisa mengakses data tersebut. Kita bisa menentukan siapa saja yang bisa mengakses dan mengedit file dokumen kita.

Ketika kita ingin dokumen kita di save untuk dibaca atau dilaporkan secara offline kita juga bisa mendownload file dokumen tersebut dalam bentuk PDF maupun file mentah dari dokumen kita

Aku pun baru belajar menggunakan google docs saat ini. Karena keuntungan yang tidak sedikit :D

Tambahan lagi setelah tadi praktek pake google docs bersama seorang gadis :D. Jika koneksi internet kedua belah pihak yang mengerjakan bersamaan dalam waktu yang sama juga textnya jadi realtime. Ketika kedua belah pihak punya akses untuk mengedit kita langsung bisa lihat perubahan ketika salah satu pihak mengedit dan save dokumen tersebut tanpa perlu pihak satunya melakukan refresh pada browser :D

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe