GNOME Power Manager have not been installed correctly

Senin, Oktober 11, 2010

Gnome Power Manager have not been installed correctly. Please contact your computer administrator. Sebuah pesan eror ketika memasuki login screen pada Ubuntu. Theme berubah menjadi theme default ubuntu versi lawas. Itulah yang muncul saat pertama kali menyalakan laptop pagi ini. Prasaan semalem laptop gak aku apa-apain tapi kenapa sekarang gitu.

Mbah google pun beraksi, kasus ini sudah solved di ubuntu forum. Ketika aku coba di tempatku ternyata tidak berpengaruh apapun. Meskipun sudah aku restart tetap saja pesan eror tersebut muncul. Akhirnya aku menemukan sebuah link pada ubuntu forum yang membantuku dalam memecahkan masalah ini.

Masalah yang kualami bukan pada register (lupa), melainkan pada disk space yang mulai penuh. Bayangkan saja dari 50GB Filesystem, cuma free 430MB? Kemana aja tuh. Ketika aku cek padahal homeku saja hanya memakan 29GB. lha terus yang 20GB kemana? Sempat menjadi sebuah pertanyaan besar buatku. Masa virus? Tapi darimana? Virus di Ubuntu sangat minim.

Setelah tidak sengaja membuka folder Document pada guest, disinilah kutemukan jawabannya. 18,7 GB Video. Temanku telah meletakkan begitu banyak Video di home folder tanpa sepengetahuanku, ini yang menyebabkan hilangnya disk spaceku. Gak pake lama, langsung deh aku tekan Shift Del

Gara-gara curhat, lupa kasih tahu caranya untuk mengatasi masalah tersebut. Sebelum aku bisa mencari isi hardisku, aku harus bisa login. Aku dengan terpaksa menghapus var/cache yang berisi software-software yang pernah aku install melalui terminal.
  • Pada jendela Login tekan Ctrl Alt F1 untuk menampilkan Terminal
  • sudo apt-get clean
  • Cobalah login dan langsung pindahkan data-data yang berada di Filesystem ke partisi lain.
Semoga membantu :)


You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe