background img

Artikel Terbaru

Screencapture Internal Blender

Nama Blender kini sedang melejit di Indonesia, bukan lagi sebagai sebuah alat dapur, melainkan berupa sebuah software 3D. Blender tergolong baru di Indonesia, meskipun sudah sejak tahun 2002 software ini di publish dibawah lisensi Open Source. Komunitas Blender Indonesia yang berdiri sejak Agustus 2009 menjadi saksi mulai berkembangnya pengguna Blender di Indonesia. Saat ini, Blender di Indonesia diperkenalkan melalui media cetak, seminar, workshop, tutorial, dll. Hal tersebut yang membuat Blender makin naik keatas. Meskipun begitu, sosialisasi Blender di Indonesia belum maksimal. Saya rasa dengan membuat tutorial Blender untuk pemula, bisa menarik pengguna yang masih akan belajar dunia 3D.

Jangan sampai hal yang pernah saya alami terulang. Ketika belum pernah belajar tentang 3D, tahu-tahu sudah diajari memakai software yang namanya 3DsMAX. Begitulah dunia pendidikan di Indonesia, yang membuat sebagian besar orang hanya tahu software yang namanya 3DsMAX dan tidak mengetahui alternatif software lain. Tidak ada salahnya, jika membuat tutorial blender dalam bentuk video seperti tutorial software 3D yang lain seperti 3DsMAX, Maya, dll.

Coba search di Google tentang video tutorial blender berbahasa Indonesia. Sampai saat ini masih jarang ditemui video tutorial blender yang berbahasa indonesia. Hal ini bisa saja disebabkan oleh kecepatan internet di Indonesia yang masih tergolong "lemot". Sehingga membuat orang malas untuk download video tutorial. Saya juga begitu, sampai saat ini kurang menyukai video tutorial. Lebih baik mengikuti tutorial berbentuk PDF daripada video tutorial. Kalau saya bukan karena koneksi internet yang pelan, melainkan kurang "sreg" kalau ngikutin tutorial berbentuk video. Karena itu juga saya belum pernah membuat sebuah video tutorial. Selama ini saya hanya membuat tutorial dalam bentuk PDF.

Bagi sebagian orang, membuat video tutorial itu ribet (harus install ini itu dll), apalagi kalau harus dengan suara, ribetnya ganda. Blender telah memberikan sebuah kemudahan bagi mereka yang ingin membuat video tutorial Blender. Fitur canggih itu sekarang sudah tertanam dalam Blender yang siap digunakan untuk membuat video tutorial. Fitur tersebut bernama screencast.
Cara penggunaan fitur ini tidak rumit, karena sistemnya mirip dengan cara kita merender.
  • Pertama, buka menu render > lihat submenu Output
  • Kedua, pilih direktori dimana kita akan menyimpan video tutorial yang akan kita buat
  • Ketiga, pilih format video yang kita inginkan
  • Keempat, Aktifkan Screencast dengan menekan Alt + F3
  • Kelima, Buatlah video tutorial
  • Keenam, untuk menghentikan perekaman video tutorial tekan tombol X Capture




    Semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar dengan baik, jangan menggunakan nama sebagai keyword backlink. Saya anggap itu sebagai SPAM. Apabila dalam komentar mengandung link yang tidak berhubungan dengan tulisan, akan saya hapus