Browsing "Older Posts"

Pentingnya Pra Produksi

Pra produksi adalah dimana kita mempersiapkan segala sesuatu untuk keperluan produksi yang akan kita laksanakan. Sekarang opiniku bahwa produksi adalah sesuatu yang paling penting berubah total semenjak pengerjaan Tugas Akhir sekolah untuk membuat sebuah company profile. Kurang matangnya konsep saat pra produksi membuat segalanya menjadi tambah sulit dalam produksi dan pasca produksi.

Misal saat produksi kita mau ambil gambar apa saja. Kalau pra produksi matang kita bikin story board dan penjelasan story board sehingga akan memudahkan kita mau ambil gambar apa saja. Beda dengan aku yang kemarin. Sempat kebingungan saat mau ambil gambar karena nggak punya story board sebagai patokan.

Hal ini juga berpengaruh pasca produksi. Yaitu saat editing video. Karena tidak memiliki story board untuk memandu dalam editing. Aku jadi bingung dalam editing mau menampilkan apa saja dalam pengemasan video company profile selama 5 menit.

Dari pengalaman tersebut kini aku pribadi jadi sadar pentingnya pra produksi dan story board (animasi / video) sangatlah penting. Jadi bagi siapapun setelah membaca ini diharapkan mematangkan benar pra produksi agar produksi lancar. lebih baik capek di pra produksi daripada harus capek saat produksi dan pasca produksi
Minggu, 31 Januari 2010

Tahun 2010 adalah Tahun Open Source

Sekarang kita telah memasuki tahun 2010, dimana pada tahun ini bisa menjadi titik awal kebangkitan open source di Indonesia. Adanya dukungan pemeritah dalam pengembangan OSS Untuk Industri Kreatif. Ini merupakan saatnya kita tunjukkan pada masyarakat Indonesia bahwa kita tidak membutuhkan membajak software. Karena kita bisa dapatkan software tersebut dengan cuma - cuma tanpa harus membajaknya.

Tidak ketinggalan pula bahwa tahun 2010 merupakan tahun animasi seperti yang dapat kita lihat pada majalah biskom edisi januari dengan headline 2010, Tahun Animasi Nusantara, dengan ini bisa memacu para animator untuk menunjukkan kebolehannya, namun disarankan untuk menghargai hak cipta dari software. Hindari pembajakan software. Gak ada yang bisa dibanggakan dari sebuah karya yang menggunakan software bajakan. Itu sudah biasa. Buktikan kalau memang bisa berkarya dengan menggunakan software yang legal. Bagi yang memiliki banyak uang silakan membeli lisensi dari software tersebut agar legal untuk digunakan.
Selain itu di awal tahun 2010 ini Depkominfo telah mengadakan lomba FOSS-ID Competition 2010, yaitu sebuah lomba design dengan menggunakan software Open Source.

Lomba Desain ini tidak dipungut biaya, dan berlaku untuk seluruh warga Indonesia. Target peserta dari lomba ini adalah kalangan masyarakat umum (termasuk mahasiswa) dan pelajar. Keikutsertaan peserta juga tidak dibatasi oleh umur.
Isi poster diharapkan berupa informasi mengenai keberadaan open source sebagai alternatif dari software propietary (yang legal maupun versi ilegalnya), dan juga ajakan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menggunakan open source software dan produk-produk berbasis open source dalam aktivitas berbasis TIK.
-- dikutip dari situs resminya --


Info lebih lanjut mengenai lomba ini silakan kunjungi situs resminya
http://www.foss-id.web.id/2010/01/14/foss-id-competition-2010
Jumat, 22 Januari 2010

Tutorial Morphing Object from Cube to Sphere

Tutorial morphing object dari sebuah cube (kotak) menjadi sebuah sphere (bola) menjelaskan cara membuat animasi yang semula adalah sebuah cube menjadi sebuah sphere. yang pada akhirnya dapat dilihat seperti video berikut ini


untuk mengetahui cara membuat animasi seperti video diatas kalian dapat mendownload file pdfnya dengan menekan link di bawah ini

Download Tutorial Morphing Object from Cube to Sphere

selamat mencoba.
Jumat, 08 Januari 2010

Create Mind Map

Mind map, mungkin sebuah kata yang belum terlalu familiar buat kita para pelajar. Karena memang belum tau apa itu mind map. Sekedar mau berbagi sedikit pengalaman dari orang yang sukses. Mind map itu sendiri terdiri dari 2 kata, yaitu mind yang berarti fikiran dan map adalah peta. Jadi Mind Map bisa diartikan Peta konsep tentang apa yang kita fikirkan.

Layaknya hardisk pikiran kita telah menyimpan data yang banyak. Semakin penuh hardisk kita maka kecepatan hardisk akan menurun. Otak kita pun sama dalam hal ini. Semakin banyak pikiran kita semakin kita sulit mengingat hal - hal sepele yang bahkan sudah ada di luar otak kita.

Untuk mengoptimalkan kinerja otak, kita perlu membuat sebuah mind map. Karena dapat mengurangi pikiran kita. Mind map layaknya virtual hardisk buat otak kita. Kita dapat menuliskan apa yang kita fikirkan kedalam sebuah perangkat digital. Dan untuk mengurangi pikiran kita dapat melupakan hal yang sudah kita tulis. Ini digunakan untuk mengurangi beban otak kita dalam mengingat suatu hal. Untuk mengingatnya kita tinggal membuka mind map virtual kita.

Dengan adanya Mind Map kita juga akan terbantu dalam pengelompokan kegiatan yang telah kita fikirkan. Sehingga otak kita seperti telah di defrag. Sehingga mudah dalam mengingat suatu hal. ini dapat diumpamakan dalam sebuah perpustakaan dimana kita telah memiliki banyak buku dan letaknya telah tertata rapi sesuai dengan kelompoknya. Maka kita akan mudah dalam mencari sebuah buku dibandingkan dengan sebuah perpustakaan dengan letak buku yang tidak beraturan.

Dalam virtual hardisk ini kita dapat menggunakan software open source yang bisa dijalankan di berbagai operasi sistem. Software ini bernama FreeMindMap yang bisa di dapatkan di Sourceforge.net
Minggu, 03 Januari 2010