Install Adobe Air di Ubuntu 9.10

Sabtu, Februari 27, 2010 0 Comments A+ a-

Adobe Air, entah apa gunanya software ini. Yang jelas dibutuhkan saat saya mau menginstall vimeo uploader. Demi terinstallnya vimeo uploader mau gak mau juga harus install adobe air. Untung saja untuk menikmatinya kita tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

Pertama kali mau install adobe air ini gak tahu caranya karena formatnya .bin . setelah tanya tanya di mbah google ternyata nemuin sebuah situs yang memberi tahu caranya untuk menginstall adobe air ini di ubuntu.
  1. Buka terminal
  2. Download file adobe air menggunakan wiget command http://airdownload.adobe.com/air/lin/download/1.5/AdobeAIRInstaller.bin atau kalau gak tahu caranya langsung download di http://get.adobe.com/air/thankyou/?installer=Adobe_AIR_1.5.3_for_Linux
  3. Nama filenya adalah AdobeAIRInstaller.bin
  4. Save file tersebut di home folder (Places > Home Folder)
  5. Jalankan perintah chmod +x AdobeAIRInstaller.bin pada terminal
  6. Setelah itu jalankan perintah sudo ./AdobeAIRInstaller.bin pada terminal
  7. Jendela installer akan muncul dan install
Selamat mencoba :)

Dapet tutorial ini dari


Multiget, IDM versi Ubuntu

Sabtu, Februari 27, 2010 4 Comments A+ a-



Bagi para netter pasti tahu yang namanya IDM (Internet Download Manager) sebuah software yang dapat meningkatkan kecepatan download. IDM merupakan software berbayar. Namun saya yakin sebagaian besar dari pengguna IDM merupakan pengguna ilegal alias pembajak. Selain itu IDM hanya diperuntukkan untuk Windows cs. Sebagai pengguna Ubuntu (meski baru 3bulan) terpaksa mencari IDM versi ubuntu agar download cepet. Setelah tanya - tanya di mbah Google ternyata dia merekomendasikan untuk menggunakan Multiget





Multiget adalah sebuah software seperti IDM sebagai solusi pengguna OS selain windows (aku pake ubuntu). Software ini bisa di dapetin di Ubuntu Software Center. Kita bisa mendapatkan sooftware ini secara cuma - cuma. Software ini beda dengan IDM yang langsung memunculkan download saat mendeteksi beberapa file yang bisa langsung di download (misal : file video dan musik yang streaming). Software ini bekerja berdasarkan clipboard. Ketika kita mengcopy sebuah url file maka Multiget langsung muncul dan akan menampilkan konfirmasi untuk download.



Meskipun menggunakan download default dari firefox ubuntu yang sangat cepat (pernah baca dimana gitu karena sudah dilengkapi dengan widget). Namun hanya bisa download 6 File secara bersamaan. Dengan Multiget ini kita bisa menjalankan hingga 10 download sekaligus.

Screenshoot Download via Firefox ubuntu biasa



System Requirements for Blender

Sabtu, Februari 27, 2010 2 Comments A+ a-

Blender merupakan sebuah software multimedia (Banyak yang mengartikan software 3D) yang sudah pernah aku bahas sebelumnya. Blender memiliki banyak kelebihan diantaranya dapat dijalankan di beberapa operasi sistem dan tidak memerlukan system requirements yang terlalu berat. karena software ini sangatlah ringan. Di bawah ini merupakan system requirements untuk menjalankan blender (Diambil dari situs resmi Blender.org)

Operating Systems
* Windows 2000, XP or Vista
* Mac OS X 10.2 and later
* Linux 2.2.5 i386
* Linux 2.3.2 PPC
* FreeBSD 6.2 i386
* Irix 6.5 mips3
* Solaris 2.8 sparc

Minimal specs for Hardware
* 300 MHz CPU
* 128 MB Ram
* 20 MB free hard disk Space
* 1024 x 768 px Display with 16 bit color
* 3 Button Mouse
* Open GL Graphics Card with 16 MB Ram

Good specs for Hardware
* 2 Ghz dual CPU
* 2 GB Ram
* 1920 x 1200 px Display with 24 bit color
* 3 Button Mouse
* Open GL Graphics Card with 128 or 256 MB Ram

Production specs for Hardware
* 64 bits, Quad core CPU
* 8 GB Ram
* two times 1920 x 1200 px Display with 24 bit color
* 3 Button Mouse + tablet
* Open GL Graphics Card with 768 MB Ram, ATI FireGL or Nvidia Quadro

Untuk spesifikasi hardware yang aku pakai mungkin cuma masuk di Good Specs namun ada 1 yang belum terpenuhi. Yaitu resolusi gak sampe segitu. Untuk OS cuma pake Ubuntu Karmila (Karmic Koala)


Budayakan Menulis

Jumat, Februari 26, 2010 0 Comments A+ a-

Kita sebagai manusia telah memiliki banyak ilmu. Ilmu tiap orang berbeda - beda sesuai dengan bakat dan minat dari orang tersebut. Selain itu terkadang kita melupakan sebuah ilmu yang telah kita pelajari padahal diluar sana banyak orang yang membutuhkan ilmu yang sudah kita lupakan. Daripada ilmu yang telah kita lupakan tidak bermanfaat alias mubadzir lebih baik kita manfaatkan saja untuk memberikan ilmu kepada orang lain.

Memberikan ilmu pada orang lain tidaklah identik dengan cara mengajari orang tersebut. banyak jalan buat kita untuk membagikan ilmu. Bagi orang - orang yang mendalami hal tersebut mungkin mereka dapat membagikan ilmu dengan cara mengajar. Namun bagi mereka yang telah mengaggap ilmu tersebut menjadi sebuah ilmu masa lalu yang tidak ingin diungkit kembali dapat membagikan ilmunya dengan cara yang lain juga.

Salah satu cara buat kita untuk membagikan ilmu kepada orang lain dapat diaplikasikan dalam bentuk tulisan. Tulisan ini selain dapat membantu orang lain yang ingin mempelajari apa yang pernah kita pelajari juga bisa kita jadikan sebuah memory card tersendiri bagi otak. Karena sangat tidak mungkin manusia dapat mengingat semua yang telah mereka dapatkan selama hidup. Sehingga dapat mengurangi Hardisk otak juga.

Selain ilmu yang telah kita tuliskan bisa berguna bagi diri sendiri, alangkah baiknya tulisan tersebut di sebarluaskan secara gratis. Sehingga dapat bermanfaat bagi orang lain dan sebagai amal jariyah kita sendiri.


[dot]BlendMagz edisi 3 Release

Jumat, Februari 26, 2010 0 Comments A+ a-

Fiuuhh… Setelah melewati berbagai tantangan dan waktu yang sangat padat, akhirnya edisi ketiga [dot]BlendMagz terbit! Tema kali ini adalah KARAKTER. Terimakasih untuk para kontributor baik artikel, tutorial, saran, kritik, dll demi berlangsungnya Magz ini. MAri tunjukkan eksistensimu di Edisi 04 akan datang, April 2010. BRAVO!

Cover by Alvin

Download PDF:

http://www.4shared.com/file/230121572/da385dd5/dotBlendMagz03.html

Lebih lanjut bisa datang ke http://blenderindonesia.org/hello



Tugas Akhir Bikin Video Company Profile

Jumat, Februari 26, 2010 0 Comments A+ a-

Gak kerasa sudah hampir menyelesaikan 3tahun sekolah di SMK Negeri 1 Surabaya. Saat kelas 3 semester 1 dapet Tugas Akhir atau yang lebih dikenal dengan uji kompetensi. Dengan waktu yang hanya 1 Minggu, Tugas tersebut harus sudah jadi dalam bentuk DVD. Jadi untuk liburan kali semester 1 gak ada yang namanya libur. 1 Jurusan Multimedia disibukkan dengan pembuatan Tugas Akhir ini.

ini merupakan video company profile yang aku buat selama 1 minggu (dirender dengan kualitas jelek untuk upload di youtube :D)



Dalam Pembuatan video ini. Aku bikin pake software open source. dan benar - benar full open source. Untuk animasi aku pake Blender 2.5 Alpha 0, begitu pula untuk editing video aku juga pake Blender 2.5 Alpha 0. Meskipun belum stabil namun berhasil digunakan untuk pengerjaan Tugas Akhir ini dan cukup memuaskan. Tak ketinggalan juga untuk OS memakai Ubuntu Karmila (Karmic Koala). Sehingga benar - benar sebuah project open source ku yang pertama.

Video ini menjelaskan tentang profil sebuah komunitas online yaitu Blenderindonesia.org. Komunitas pengguna software blender dan software graphic yang bersifat open source lainnya.

Selain itu setelah selesai pembuatan tugas akhir ini aku sudah menulis sedikit tutorial yang berkaitan dengan editing video menggunakan blender 2.5. Namun belum semua aku tulis karena masih sibuk dengan persiapan unas dan yang lain.

Tutorial bisa di Download di link di bawah ini. Aku cuma nyediain tutorial berbahasa indonesia :D

Download Tutorial editing video blender 2.5 part 1


Alternatif Selain Kuliah

Jumat, Februari 05, 2010 0 Comments A+ a-

Kuliah, itu merupakan salah satu kata setelah kita lulus dari SMK atau sederajat. Mungkin bagi kebanyakan anak SMA bakalan kuliah karena sulit untuk mendapatkan kerja. Ketika terpikirkan untuk kuliah salah satu hal yang gak bisa dianggap remeh yaitu adalah dana. Mungkin ini yang menjadikan kebanyakan lulusan SMK maupun SMA gak meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi dari SMK maupun SMA ini.

Sebenarnya selain kuliah kita bisa mendapat ilmu yang mungkin lebih banyak digunakan di dunia kerja daripada materi materi kuliah. Toh kebanyakan sekarang orang mencari tenaga yang berpengalaman daripada orang bersertifikat.

Ada satu alternatif untuk mendapatkan ilmu selain kuliah yaitu dengan Magang. Bagi anak SMK mungkin tahu bagaimana rasanya magang. Kebanyakan dari mereka bakalan mendapatkan ilmu yang lebih pada saat magang. Karena tidak semua ilmu yang dipelajari saat sekolah bakalan di gunakan dalam industri.

Seperti opiniku yang sebelumnya, bahwa dengan magang kita bakalan mendapatkan pengalaman yang sangat mahal seperti kata pepatah Experience is the best teacher. Pengalaman adalah guru terbaik. Dari magang kita bakalan banyak dapet pengalaman sehingga dengan otomatis kita dapat guru yang terbaik :)

Daripada kita habiskan uang untuk kuliah mending kita habiskan uang untuk magang. Toh selama magang kita mungkin mendapat uang dari tempat magang kita yang telah kita untungkan. Selain itu kita juga bakalan mendapat guru yang terbaik daripada cuma sekedar teori saat kuliah.


Tujuan Kuliah

Jumat, Februari 05, 2010 0 Comments A+ a-

Saat ini sudah memasuki dimana masa akhir SMA. Dan gak sedikit juga mereka para pelajar kelas 3 baik SMA maupun SMK yang sedang sibuk sibuknya menyiapkan untuk mengikuti PMDK. Mereka ingin sekali masuk ke perguruan tinggi favorit melalui jalur prestasi. Sehingga mudah untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang favorit

Dibalik semua itu, ada sebuah pertanyaan besar, yaitu "Apa Sebenarnya Tujuan Mereka Kuliah?". Kalau ditanya tentang hal ini sebagian besar dari mereka pasti menjawab "biar bisa naik pangkat, biar naik gajinya, biar mudah cari kerja" dan masih banyak lagi jawaban dari mereka yang macam macam.

Namun sebagian besar dari mereka yang melanjutkan ke jenjang perkuliahan mempunyai sebuah tujuan kuliah agar bisa mencari kerja dan bisa naik pangkat atau gaji. Sekarang kalau dilihat dari tujuan mereka seperti itu. Berarti sebagian besar anak Indonesia yang pintar dan mampu memilih menjadi seorang karyawan sebuah perusahaan dari pada harus menjadi seorang pengusaha.

Bagi mereka yang kuliah karena ingin mendapat kerja berarti mereka berniat mencari pekerjaan setelah lulus. Sehingga otomatis mereka akan menjadi seoerang karyawan dari perusahaan.

Bagi mereka yang kuliah karena ingin naik pangkat maupun naik gaji berarti mereka telah yakin bahwa diterima kerja dan gak bisa naik pangkat maupun naik gaji kalau tidak memiliki gelar. Sudah dipastikan mereka bakalan jadi seorang karyawan juga

Dengan tujuan kuliah yang seperti ini sangat disayangkan bagi mereka yang sebenarnya mampu untuk mendirikan sebuah perusahaan sendiri tanpa harus tergantung dengan perusahaan lainnya. Ini sangat disayangkan karena pada umumnya pimpinan perusahaan besar di Indonesia merupakan bangsa asing. sehingga orang pribumi menjadi buruh atau karywan

Mungkin setelah membaca sedikit opiniku tentang kuliah apakah kalian tetap ingin menjadi seorang karywan atau pemimpin. Coba pikirkan lagi sebenarnya apa tujuan kalian kuliah itu agar kelak dapat mengubah bangsa Indonesia menjadi sebuah bangsa yang lebih berkembang lagi.


Burning DVD Video di Ubuntu Karmic

Rabu, Februari 03, 2010 0 Comments A+ a-


Setelah mengerjakan Tugas Akhir sekolah membuat video company profile yang harus dikumpulkan dalam bentuk DVD Video maka dengan bantuan Devede (untuk membuat ISO filenya) dan Brasero untuk memburning ke DVD R nya.

Bagi yang belum install Devede bisa di dapatkan dengan mengetik
sudo apt-get install devede
pada terminal dengan syarat harus konek internet

Cara untuk membuat ISO Video dengan Devede sebagai berikut





Seperti screen shoot Devede diatas. Cara untuk membuat ISO Video dengan langkah sebagai berikut:
  1. Buka aplikasi Devede
  2. Pilih sesuai dengan keinginan (screen shoot menggunakan create dvd video)
  3. Maka akan muncul Window seperti gambar diatas
  4. Titles di isi dengan nama terserah (label video)
  5. File di klik dan pilih video yang mau dijadikan ISO
  6. Setelah itu pada Advanced Options pilih Action yang Create an ISO or . . . . . . .
  7. Menu Option digunakan untuk membuat tampilan menu sendiri saat autoplay dijalankan
  8. Setelah settingan dirasa cukup maka kita klik forward untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya
  9. Setelah forward di klik maka akan muncul window baru yang digunakan untuk menentukan direktori file ISO yang kita buat tersebut.
  10. Setelah menentukan direktori untuk menyimpan file ISO tersebut maka kita tekan Ok dan tunggu sampai proses selesai

Setelah membuat ISO dengan Devede kita langsung burning Videonya ke dalam DVD dengan Brasero dengan langkah sebagai berikut
  • Buka direktori dimana ISO dari Video DVD tersebut berada
  • Klik kanan pada ISO DVD tersebut
  • Setelah itu pilih write to disk
  • Lalu tekan tombol burn dan tunggu sampai selesai proses burningnya.