Browsing "Older Posts"

Indirect Lighting Blender 2.5

Indirect Lighting merupakan salah satu fitur terbaru dari Blender. Fitur ini berfungsi untuk membuat sebuah benda menjadi menyala layaknya lampu (menurut definisiku begitu). Sebelumnya sempat tidak memahami ini namun setelah seorang teman dari Amerika membuat video tutorial tentang ini saya jadi tertarik untuk mempelajarinya apalagi aku sekarang fokus pada special effect and post - production jadi buat memperdalam ilmu di special effect lah.

Untuk membuat efek indirect lighting tidaklah rumit. mungkin cuma butuh waktu sekitar 5 menit. Seorang newbie pun bisa membuat secepat itu. yang sudah tidak sabar untuk mendapatkan tutorialnya bisa langsung cek ke TKP untuk video tutorial dari temanku Benjamin Bailey http://vimeo.com/10170820

tapi jangan harap videonya akan menggunakan bahasa Indonesia. Untuk tutorial bahasa Indonesia, aku sudah buat namun akan aku share ketika [dot]BlendMagz edisi 4 terbit. Aku akan share beserta dengan file latihan. jadi bisa otak atik sendiri filenya. Untuk hasil dari indirect ligthing buatanku bisa dilihat di bawah sendiri dari page ini. Sebenarnya masih mau ngedit effeknya tapi keburu dimarahin disuruh belajar karena besok aku Ujian Nasional. Jadi ya terpaksa upload yang masih jelek buat ngeramein blog.
Senin, 22 Maret 2010

Pelatihan Blender di Surabaya

Blender Merupakan Software animasi 3D yang bersifat open source. Dan memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan software berbayar.

Pelatihan Animasi menggunakan Blender. B.A.R.S (Blender Army Regional Surabaya) di hi-tech mall Surabaya pada hari sabtu 10 April 2010.

Pelatihan ini gratis dan hanya menyediakan 24 kursi saja. Untuk pendaftaran silakan langsung hubungi ke Ruang Workshop Hi - Tech Mall Surabaya lantai 3 atau telephone ke (031) 5316557 - 60
Kamis, 18 Maret 2010

Belajar Bahasa Inggris Private yang Murah

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang telah diakui oleh internasional. Di era globalisasi saat ini kita dituntut untuk dapat menguasai bahasa inggris. UNAS pun ada ujian bahasa Inggris. Dengan tuntutan seperti itu banyak sekali bimbingan belajar bahasa inggris (LES). Namun di tiap tempat bimbingan bahasa inggris menerapkan tarif yang berbeda beda. Apalagi jika pengajarnya merupakan seorang native speakers (bule asli). Maka tarif mereka akanlah sangat mahal sekali. tiap bulan kita bisa mengeluarkan ratusan ribu bahkan ada yang sampai jutaan. Daripada uang buat les begitu mendingan kita buat les private bahasa inggris yang murah meriah :D

Aku ada sedikit pengalaman tentang hal ini. Sekarang ini telah banyak jejaring sosial yang di dalamnya terlibat banyak sekali orang orang dari berbagai negara di dunia. Kamu dapat berkenalan dengan seseorang yang mungkin seumuran dengan kamu. Dan ajaklah dia berinteraksi terus menerus. Hingga pada akhirnya kamu bisa belajar banyak dari dia. Inilah kemudahan yang diberikan oleh internet. Dari pengalamanku, aku meminta bantuan pada teman dari Amerika untuk mengerjakan soal bahasa Inggris tetang error (Soal UNAS SMK). Aku berikan sebuah kalimat dan dia memberitahuku dimana letak kesalahannya dari situ aku bisa belajar banyak dari dia. biasanya aku menggunakan GTALK.

Selain itu ingin serasa bicara langsung dengan Native Speaker? cukup mudah, banyak sekali layanan yang menyediakannya. diantaranya SKYPE (Aku pake skype). Pertama kali aku bicara langsung dengan Ben (Teman dari Amerika) emang agak susah tapi lama lama suasana itu cair. Dan dengan begitu aku bisa merasakan langsung ngobrol dengan native speaker. Ketika ada suatu hal yang tidak dimengerti kita maupun dia (native speaker) bisa menulis di chatnya. sehinga secara tidak langsung aku bisa belajar dalam pengucapan. Tidak menutup kemungkinan juga kita bisa video conference dengan dia jika dia memiliki webcam.

Jika ada hal yang lebih murah mengapa harus mahal. Mungkin ini tidak se efektif dengan les les an tapi gak ada salahnya untuk dicoba. Cukup dengan membayar internet 1 bulan 150rb (aku) kita bisa les private bahasa inggris dengan native speaker :D.
Rabu, 17 Maret 2010

Siapkan Mental Hadapi UNAS

UNAS atau yang bisa juga disebut Ujian Nasional Akhir Sekolah. Sebuah ujian tulis bagi para pelajar di tingkat akhir jenjang pendidikannya (SD, SMP, SMA, SMK dll). Perjuangan belajar selama 3 tahun (SLTP, SLTA) di tentukan disini. Di masa masa mendekati UNAS seperti sekarang ini banyak dari pelajar yang akan menghadapinya menjadi sangat cemas dan rentan dengan yang dinamakan "Stress"

Stress disini bukan stress gila seperti yang banyak orang katakan. Tapi kebanyakan stress yang dialami oleh para siswa adalah stress akan beban yang harus di tanggungnya. Pada umumnya mereka tidak mengetahui bahwa sedang mengalami stress (aku juga). Karena merasa tidak terbebani dengan UNAS. Ternyata meskipun kita tidak merasa terbebani dengan UNAS melainkan dengan berubahnya kegiatann rutin kita sehari hari yang santai lalu diubah dengan belajar terus secara tidak langsung akan membebani pikiran kita meskipun kita merasa tidak terbebani dengan UNAS (Perasaan mbulet ae)

Stress yang kualami saat menjelang unas yaitu merasa sangat berbeda dengan biasanya gak tahu kenapa. Selain itu aku merasakan moodku sangat malas dan mudah emosi serta tidak enak lah moodnya. Semua itu disebabkan oleh hal yang tidak aku ketahui sebelumnya. Namun dengan itu aku coba untuk refreshing dengan nonton bioskop. Meskipun telah mengurangi sedikit mood yang jelek lama lama juga membaik sendiri

Intinya dengan menulis ini kita para pelajar jangan lah membuat unas sebagai sebuah beban mental yang harus ditanggung. Melainkan anggap saja seperti UAS biasanya. Dan untuk porsi belajar saat mendekati UNAS janganlah berlebihan. Karena dengan berlebihan akan membuat kita menjadi mudah untuk jenuh dan stress. Dapat membuat kita tidak mendapat hasil yang maksimal. Sebelum UNAS datang mari kita siapkan mental mulai sekarang (uda telat mungkin unas kurang 7 hari). Dengan belajar dan banyak berdoa. Intinya jangan belajar berlebihan, karena sebaik apapun hal baik itu jika berlebihan tidak akan baik pula/
Senin, 15 Maret 2010

DownThemAll adds on firefox buat Download

Bagi pengguna windows mungkin lebih familiar menggunakan IDM (sebagian besar bajakan) untuk download manager. Aku sendiri menggunakan Multiget. Dan beberapa waktu yang lalu mendapat sebuah adds on yang cukup bagus. Namanya DownTemAll. Adds on ini merupakan Adds on gratis dengan performa cukup baik. Gak kalah dengan IDM dan Multiget karena kecepatan download bisa sampai dengan 200 Kb/s lebih (aku pake internetnya telkomsel flash. bagi yang mau pesen silakan email aku domisili surabaya).

Aku perlihatkan screenshoot saat aku download sebuah file dengan kecepatan 218 kb/s. Gak ada salahnya yang selama ini menggunakan IDM bajakan untuk berpindah menggunakan adds on ini karena gratis dan legal.

Semoga bermanfaat buat semuanya.
Senin, 08 Maret 2010

Jangan Takut untuk Mimpi!

Mimpi adalah bunga tidur itu merupakan istilah dalam kamus bahasa indonesia. Selain itu mimpi memiliki arti yang lebih luas. Mimpi adalah harapan - harapan yang akan diwujudkan kelak pada waktunya. Namun tidak sedikit orang berpendapat bahwa bermimpi hanyalah pekerjaan orang bodoh yang tidak mau berusaha. Selain itu adapula yang berpendapat jika mimpi hanya akan membuang - buang waktu untuk hal yang sia - sia. Padahal kalau menurutku mimpi itu sangatlah penting. Karena segala sesuatu yang baru berasal dari mimpi yang terwujud

Kita sebagai penerus bangsa jangan takut untuk bermimpi setinggi - tingginya. Karena ada pepatah yang bilang jika tidak ada hal yang mustahil di dunia ini. Oleh karena itu jangan takut untuk bermimpi tinggi meskipun itu sulit untuk diraih. Toh mimpi adalah sesuatu yang gratis. Dan kita tidak memerlukan biaya untuk bermimpi.

Namun dalam bermimpi kita harus mempersiapkan sebuah perencanaan yang matang demi teraihnya mimpi itu sendiri. Sehingga kita bisa berusaha untuk meraih mimpi tersebut dan punya sebuah tujuan hidup yang harus diraih.

Dengan niat dan ketekunan kita untuk mewujudkan mimpi kita pasti akan diberi jalan. Asal mimpi tersebut adalah mimpi yang positif. Dan kita pasti bisa meraih mimpi kita masing masing

[postingan kurang jelas. lagi pengen ngisi blog. mudah mudahan bermanfaat]
Rabu, 03 Maret 2010

Video Compositing with Blender

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa blender merupakan sebuah software animasi 3D. Namun, di balik kesederhanaannya Blender merupakan sebuah software yang powerfull dibandingkan dengan software lain. dikarenakan di Blender di sediakan berbagai fitur yang tidak di dapatkan di saingi oleh software lain. Diantaranya adalah composting.

Compositing disini merupakan sebuah fitur dari blender yang mungkin bisa di samakan dengan adobe after effect. Namun fitur di blender yang murahan ini alias gratis dapat digunakan semaksimal mungkin layaknya after effect.

Aku telah mencoba belajar menggunakan compositing karena aku dapet bagian post-production di studio animasi ini ada beberapa videonya

Video yang pertama :


Lama perenderan 3jam an dengan resolusi kecil segitu. cukup lama bukan

Video yang ke 2


Lama perenderan kurang lebih sekitar 4 jam dengan resolusi 720 x 576

Mudah mudahan sempat dan tidak kebingungan untuk membuat tutorialnya :D

Senin, 01 Maret 2010

Bikin Flash Disk jadi Installer OS

Pada umumnya kita menginstall sebuah OS lewat CD. Namun kini telah ada Minibook yang tidak disertai dengan CD R dan sejenisnya. Bagi yang mempunyai biaya lebih untuk membeli CD RW external mungkin tidak masalah. Namun bagi mereka yang tidak memiliki mungkin bisa menggunakan alternatif ini. Yaitu dengan menggunakan Flash Disk (FD) sebagai installernya. Berikut cara membuat Flash Disk menjadi sebuah installer OS (bingung istilahnya) pada ubuntu. Gak tahu kalau di Windows dkk pake apa.
  1. Kita harus punya file ISO dari OS yang mau kita install.
  2. Jalankan USB Startup Disk Creator pada menu System - Administration
  3. Maka akan terbuka sebuah window baru.
  4. Pada Source Disc Image pilih ISO dari OS (setahuku hanya support file ISO)
  5. Pada Disk to Use pilih Flash Disk yang mau dijadikan sebagai CD Installer
  6. Jika Flash Disk perlu di format terlebih dahlu tekan format
  7. Setelah semua selesai maka tekan Make Startup Disk dan tunggu sampai selesai
Hanya berlaku di ubuntu (setahuku). Gak tahu di OS lainnya. Semoga bermanfaat

Learn from Mistake

Learn from mistake ini aku artikan belajar dari kesalahan. Gak tahu bener apa salah ejaannya. Pokoknya punya inti belajar dari kesalahan. Kesalahan tidak hanya untuk disesali namun perlu juga untuk direnungi dan diambil manfaatnya. Karena kita sebagai manusia tidak lepas dari kesalahan. Bagi mereka yang cerdas, mereka dapat mengambil sebuah pelajaran berharga dari kesalahan yang mereka lakukan atau tidak menutup kemungkinan dari kesalahan orang-orang disekitar mereka.

Disini aku mau sedikit share tentang kesalahan yang telah aku perbuat pada saat persiapan animasi EO. Semoga bisa dijadikan pelajaran yang berharga buat lain. Kesalahan itu terjadi saat pembuatan Animasi bumper EO (tugas produktif). Aku menggnakan blender dalam pembuatan animasi. Dikarenakan blender menyediakan fitur compositing (seperti after effect lah,) aku pun mencoba memanfaatkan fitur gratisan tersebut. Pada awalnya semua berjalan dengan lancar. Hingga pada akhirnya aku mau render compositingnya. Namun yang muncul adalah blank screen alpha. Sehingga tak nampak sama sekali gambar animasi. Render 1 frame aja nggak bisa. Jadi gak bisa di render.

Setelah tanya - tanya di forum nunggu jawaban yang tak pasti. Padahal pengerjaan tinggal malam ini. Terpaksa bereksperimen mencoba. Karena ketika aku buat render biasa dan sequencer (fitur editing video) animasiku bisa di render. Hingga pada akhirnya aku coba buka pakai Blender 2.49(waktu itu aku mengerjakan animasi menggunakan blender 2.5 alpha 1) dan ketika aku render compositing muncul tulisan "no render output in scene". Begitu muncul tulisan tersebut langsung dapet pencerahan mencari kesalahan pada compositing.

Akhirnya bisa nemuin juga kesalahan yang aku perbuat. Yaitu tidak ada output composite. Kehapus jendela ini. Satu satunya cara dengan menambahkannya lagi dan menghubungkan dengan final composite. Sehingga sekarang bisa dibuat render compositing lagi :D