background img

Artikel Terbaru

Journey to Jogja

Selasa, 25 Mei 2010, merupakan hari dimana aku telah membuat keputusan untuk pergi ke Jogja untuk fokus pada Open Studio Society. Aku putuskan berangkat hari Selasa. Meskipun berat meninggalkan banyak hal indah di Surabaya. Namun ini juga demi masa depanku dan bangsa juga :D.

Perjalanan dimulai jam 06.00 meninggalkan rumah menuju stasiun gubeng. Perjalanan itu diantar kakakku. Setelah sampai stasiun langsung aja beli tiket kereta api sancaka pagi yang berangkat pada pukul 07.00. Ketika tanya tiket ternyata tiket yang eksekutif telah habis :D. Beli yang bisnis aja deh. Setelah membeli tiket langsung aja masuk ke peron. Dan nunggu kedatangan kereta api sancaka pagi.

Ketika sedang menunggu di peron, ada live concert di peron stasiun gubeng :D.

Setelah kurang lebih 15 menit menunggu kereta sancaka pagi pun datang. Dan aku langsung meninggalkan live concert tersebut. Agak bingung deh gara gara musik show tersebut, bikin nggak denger pengumuman tentang lokasi tempat duduk kereta. Waktu itu aku dapet tempat di gerbong 2 bangku 4D :D.

Nggak lama setelah itu datang rombongan dari partai demokrat yang langsung menuju kereta eksekutif. Ini dia yang bikin kursi kereta api esksekutif penuh. Ntah mereka mau pergi kemana.

Perjalanan pun dimulai. Di kereta perjalanan ya gitu gitu aja. Nggak ada yang spesial pada perjalanan kali ini :D. setelah melewati stasiun Madiun aku dapet gambar bagus. Modelnya sih bisa jadiin wallpaper. Aku langsung jepret pake kamera HP SE G502 ku. Hasilnya nggak begitu bagus sih. Tapi uda cukup bagus buat Wallpaper. Mirip Wallpapernya jendela XP :D.


Setelah itu sampai dengan selamat di jogja pada pukul 12.10. Setelah itu dijemput  untuk langsung menuju ke kontrakan di daerah kotagede :D.


Cara Memberikan Lisensi pada Inkscape

Banyak lomba poster open source pada tahun ini. Salah satu software yang digunakan adalah inkscape. Dari semua lomba yang ada, mereka memberikan syarat karya harus dilisensikan di bawah creative commons. Nah, banyak dari temen - temenku yang nggak ngerti cara menambahkan lisensi pada karya mereka. Padahal ini sangatlah mudah apalagi di Inkscape.

Daripada banyak yang bingung bertanya mending aku tulis di blog aja biar bermanfaat dan bisa membant banyak orang yang kesulitan juga. Berikut langkah langkahnya :

  1. Klik menu File - Document Metadata
  2. Lalu pilih tab License, dan pilih Lisensi yang ingin kalian berikan pada karya anda. Lihat Screen Shoot dibawah
  3. Setelah itu otomatis karya kalian akan berlisensi seperti yang kalian inginkan :D

Cukup mudah kan ?

Untuk mengetahui tentang lisensi creative commons bisa kunjungi link dibawah ini


http://creativecommons.org/about/licenses



Semoga ini dapat membantu teman - teman yang mengikuti lomba yang serupa dengan saya :D. Kalau menang jangan lupa bagi bagi. hahhahahaha ...

Manfaatkan Google Docs


Google Docs merupakan sebuah layanan yang diberikan oleh Google yang disisipkan dalam gmail . Google docs seperti layaknya sebuah perangkat office yang pada umumnya terinstall dalam sebuah Perangkat Komputer yang dapat digunakan untuk membuat dokumen , spreadsheet, presentasi, drawing, dan form.

Google doc bisa didapatkan secara gratis dengan hanya mendaftar sebuah gmail. Layanan ini sangat bermanfaat untuk mereka yang bekerja secara remote. Sehingga kita dapat mengerjakan sebuah dokumen secara bersama - sama. Meskipun jarak memisahkan kita dengan anggota yang lain. Selain itu kita tidak perlu takut data kita akan hilang yang biasanya disebabkan oleh rusaknya hardisk. Karena ketika kita save dokumen kita, otomatis akan tersimpan di hardisk virtual yang disediakan oleh gmail. Sehingga kita tidak perlu membawa dokumen tersebut dalam sebuah Flash Disk maupun Hardisk.

Selain itu keuntungan dari Google docs ini juga memberi keamanan pada data yang kita miliki. Karena tidak semua orang bisa mengakses data tersebut. Kita bisa menentukan siapa saja yang bisa mengakses dan mengedit file dokumen kita.

Ketika kita ingin dokumen kita di save untuk dibaca atau dilaporkan secara offline kita juga bisa mendownload file dokumen tersebut dalam bentuk PDF maupun file mentah dari dokumen kita

Aku pun baru belajar menggunakan google docs saat ini. Karena keuntungan yang tidak sedikit :D

Tambahan lagi setelah tadi praktek pake google docs bersama seorang gadis :D. Jika koneksi internet kedua belah pihak yang mengerjakan bersamaan dalam waktu yang sama juga textnya jadi realtime. Ketika kedua belah pihak punya akses untuk mengedit kita langsung bisa lihat perubahan ketika salah satu pihak mengedit dan save dokumen tersebut tanpa perlu pihak satunya melakukan refresh pada browser :D

Otak - Atik Inkscape

Setelah awal bulan Mei disibukkan dengan kegiatan untuk mengisi workshop yang padat dan membuat sebuah project game untuk ikutan INAICTA akhirnya sempat juga untuk update blog ini. Sepertinya banyak yang harus di update. Namun akan diupdate secara perlahan. Karena Inaicta juga belum kelar.

Kali ini aku baru mencoba untuk bermain - main dengan salah satu software open source lainnya. Yaitu Inkscape, sebuah software vector yang mirip dengan Corel Draw. Dan ini beberapa hasil iseng - isengku menggunakan inkscape.

Bermula ketika gameku sudah jadi namun untuk menunya masih sangat jelek. Dan mencoba Brainstorming menggunakan Inkscape malah muncul gambar seperti yang dibawah ini.


Mungkin ini nggak layak untuk dibuat logo. Karena nggak layak ya terpaksa aku jadikan profile picture lagi. Setelah itu aku mencoba untuk membuat logo menggunakan inkscape lagi. Dan alhasil cuma jadi gambar seperti ini

untuk yang ini aku ngerjain nggak sampek 10 menit. Karena setelah 2 kali brainstorming malah jadinya kaya gitu ya istirahat dan siap siap untuk berangkat ngisi worskhop Blender di hi tech mall surabaya.

Setelah kembali brainstorming menggunakan inkscape, seperti membentuk ikan paus / hiu dan setelah diperdalam ternyata menjadi gambar seperti dibawah ini
Karena bingung mau membentuk ekornya seperti apa, jadilah seperti gambar diatas :D. lumayan lah buat belajar inkscape yang selama ini aku anggap sulit. namun ternyata asik juga.