Middle Mouse on web

Kali ini saya mau sedikit share tentang kegunaan tombol middle Mouse yang sangat berguna dalam menjelajah dunia maya. Mouse yang saya maksud di sini merupakan perangkat keras (hardware) yang digunakan pada perangkat komputer, bukan mouse yang berupa hewan kecil berkaki empat.

Mouse memiliki kegunaan yang sangat banyak, karena digunakan untuk menjalankan banyak perintah dari PC yang menggunakan GUI (Graphic User Interface), untuk programmer mungkin keberadaan mouse tidak begitu penting karena mereka tidak menggunakan GUI dalam bekerja, sehingga yang diperlukan hanyalah mengetik.


Sebelum share mengenai fungsi lainnya, saya akan share sedikit tentang sejarah mouse. Mouse sebenarnya ditemukan Douglas Engelbart dari Stanford Research Institute pada tahun 1963 yang kemudian dikembangkan oleh Bill English di Xerox PARC. Awalnya mouse dipasarkan dalam 1 paket dengan LISA yang merupakan komputer buatan Apple.

Pada saat kita menjelajahi web, mouse sangat membantu kita dalam membuka link yang tersedia. Jarang sekali link yang kita tuju membuka pada tab baru. Untuk membuka link pada tab baru kita perlu klik kanan lalu pilih opsi open in new tab. Menurut saya, hal tersebut akan membuang waktu.

Ada sebuah cara praktis yang bisa digunakan untuk membuka link pada tab baru dengan sekali tekan. Kita tekan Middle Mouse (Mouse Tengah) pada link yang ingin kita buka di tab baru. Namun tidak semua link bisa kita perlakukan sama. Pada chat facebook kita tidak bisa menggunakan middle mouse untuk membuka link profile orang yang ada pada header chat.

Semoga share saya yang sederhana ini bisa bermanfaat, hal ini saya tulis karena banyak orang di sekitarku belum mengetahui kepraktisannya.
Share on Google Plus

Pandu Aji Wirawan

Seorang pria tanpa pekerjaan dan tempat tinggal tetap yang menurut KBBI disebut gelandangan. Gelandang merdeka yang suka menulis tentang apapun yang diinginkan. Ada pertanyaan? Kirim email ke admin@panduaji.net atau isi form kontak
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar dengan baik, jangan menggunakan nama sebagai keyword backlink. Saya anggap itu sebagai SPAM. Apabila dalam komentar mengandung link yang tidak berhubungan dengan tulisan, akan saya hapus