Shortcut untuk Domain

Selasa, Februari 15, 2011

Di jagad dunia maya terdapat jutaan domain, mulai dari .com yang digunakan untuk komersial, .net untuk pribadi, .org untuk organisasi, .edu untuk edukasi dan masih banyak lagi, namun kebanyakan domain menggunakan .com, .net, .org. 

Kita perlu mengetikkan embel-embel domain tersebut jika ingin menuju sebuah halaman website. Misal panduaji.net yang merupakan situs pribadiku. Jika kita hanya mengetikkan panduaji lalu enter maka yang muncul hanyalah tulisah web page not available atau halaman pencarian dari search engine. Oleh karena itu di beberapa browser menyediakan shorcut untuk menampilkan perintah penambahan domain secara otomatis.
Untuk menambahkan domain secara otomatis kita cukup menekan beberapa tombol pada keyboard tanpa perlu mengetikkan http://www.panduaji.net, kita cukup mengetik panduaji saja. berikut caranya.

.NET merupakan domain yang digunakan untuk pribadi seperti kepunyaanku (http://panduaji.net). Berikut contoh untuk membuka halaman dengan domain tersebut, ketik panduaji setelah itu tekan SHIFT dan ENTER secara bersamaan, kita akan dibawa menuju sebuah halaman web dengan url: http://www.panduaji.net/

.COM merupakan domain yang digunakan untuk komersial, namu tidak sedikit .COM yang digunakan untuk situs pribadi. Berikut contoh untuk membuka halaman dengan domain tersebut, ketik panduaji setelah itu tekan CTRL dan ENTER secara bersamaan, yang kita buka adalah web dengan url: http://www.panduaji.com/ dan muncullah sebuah peringatan 'Server not Found' karena memang belum ada yang membeli domain tersebut.

.ORG merupakan domain yang digunakan oleh organisasi. Berikut contoh untuk membuka halaman dengan domain .org, ketik blenderindonesia kemudian tekan SHIFT, CTRL, ALT dan ENTER secara bersamaan maka akan muncul http://www.blenderindonesia.org/

Perintah tersebut bisa digunakan pada Browser Mozilla Firefox. Untuk Chromium Browser hanya bisa menggunakan shortcut untuk domain .COM. Untuk browser lain silakan dicoba sendiri :).

Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe