Hidden Folder di Ubuntu

Senin, April 25, 2011

Kali ini saya akan share sedikit tips and trick mengenai ubuntu. Jangan khawatir, The Making of Piandu Insyaallah rilis pada awal bulan Mei, semoga tidak ada halangan seperti sebelumnya. Kali ini saya akan share mengenai hidden folder di Ubuntu. 

Berbeda dengan windows, pada ubuntu kita tidak akan menemukan option / plihan hidden ketika memilih properties pada menu klik kanan. Beberapa dari kita mungkin ingin menyembunyikan beberapa folder yang dianggap berbahaya jika diketahui orang lain, misalkan foto-foto pribadi, rahasia perusahaan atau yang lainnya.

Untuk melakukan hidden pada folder kita cukup tambahkan . (titik) didepan folder yang ingin kita hidden. Setelah menambahkan titik coba close nautilus kemudian buka lagi, Insyaallah folder yang kita tambahkan titik didepannya tidak akan kelihatan lagi.
hidden

Untuk menampilkan atau menyembunyikan folder yang terhidden kita cukup tekan Ctrl + H. Atau dengan menekan menu View - Show Hidden Files. Cukup mudah bukan? Semoga membantu dalam menyembunyikan data-data penting yang rahasia.

hidden preview


You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe