Slider

[4] [Jalan-jalan] [slider-top-big] [Jalan-Jalan]
You are here: Home / Phatch ~ Photo Batch Processor untuk editing foto secara massal

Phatch ~ Photo Batch Processor untuk editing foto secara massal

| 2 Comments
Saya termasuk seseorang yang suka sekali dengan wisata, apalag ke tempat-tempat yang berpotensi untuk dijadikan tempat wisata namun belum terjamah banyak orang. Ada kebanggaan tersendiri bisa datang ke tempat yang masih "Perawan" itu. Karena masih banyak yang belum mengetahui potensi tempat itu, dan mereka yang belum mengetahui hanya bisa berdecak kagum ingin ikut mengunjunginya.

Tentunya untuk memamerkannya kita perlu mengabadikannya dalam bentuk digital. Entah itu dalam bentuk foto maupun video, agar mudah di share melalui situs jejaring sosial seperti facebook. Tentunya kita bermodal dengan kamera HP maupun dengan kamera digital dengan resolusi yang berbeda-beda.

Kamera digital yang saya memiliki resolusi 10MP (MegaPixel). Masing-masing gambar yang diambil menggunakan kamera tersebut berukurang 2Mb. Tentu akan sangat berat jika melakukan upload banyak gambar dengan ukuran 2Mb/file. Entah bakal kebuka berapa jam. Kasihan juga yang ingin melihatnya karena harus loading lama untuk membuka image dengan besar file segitu.


Setelah saya mencoba searching di google, akhirnya saya temukan sebuah software yang bernama Photo Batch Processor yang disingkat Phatch. Dari banyak fitur yang disediakan Phatch saya sering menggunakan fitur resize, dimana kita dapat langsung melakukan resize satu folder secara langsung tanpa perlu meresize satu persatu file seperti jika kita melakukan resize dengan software photo editor seperti GIMP maupun Photoshop.

Phatch merupakan software open source yang dapat didownload secara gratis dan tersedia untuk Linux, Mac OS dan Windows. Bagi pengguna ubuntu dan turunannya cukup mengetikkan sudo apt-get install phatch  pada terminal untuk melakukan instalasi. Sedangkan untuk pengguna operasi sistem yang lain silakan menujud download page dari Phatch

Intinya phatch dapat digunakan untuk melakukan editing foto secara massal, sehingga membuat waktu kita dalam editing lebih efisien daripada melakukan secara manual. Selain itu Phatch dilengkapi dengan GUI (Graphic User Interface) sehingga lebih mempermudah kita yang suka menggunakan perintah visual daripada harus mengetikkan perintah image magic di terminal.




Itu sedikit share saya pada postingan kali ini, untuk cara penggunaannya InsyaAllah di postingan selanjutnya. Silakan explore sendiri kehebatan software tersebut. Semoga bermanfaat.


Berikut situs resmi dari Phatch
Homepage: http://photobatch.stani.be/
Downloadpage: http://photobatch.stani.be/download/index.html
Wikipage: http://photobatch.wikidot.com/
Share This Post :