panduaji

Kategori: Uncategorized

Shared IP dalam Ilustrasi

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Shared IP, bagi orang awam tentang komputer mungkin agak bingung. Seperti salah satu teman saya kemarin bertanya tentang hal tersebut pada saya. Dia bertanya tentang maksudnya shared IP, namun IP saja dia juga tidak mengerti. Karena dia anak kos, tiba-tiba aku mendapat sebuah ilustrasi yang InsyaAllah mudah dipahami siapa saja.

IP sendiri adalah sebuah alamat komputer dalam dunia maya. Gampangannya alamat rumah kita di dunia maya. Dalam kasus video porno yang menjerat beberapa artis terkenal seperti Ariel, Luna Maya dan Cut Tari, polisi dapat menangkap siapa yang melakukan upload video tersebut dari IP.

Karena ada istilah Shared IP yang dapat digunakan bersama, mungkin saja ada istilah private IP. Saya sendiri kurang mengetahui istilah lawan dari Shared IP, jadi saya bikin sendiri aja istilahnya. hehehe

Saya ilustrasikan Shared IP di dunia nyata adalah sebuah kos-kosan, dimana satu alamat rumah digunakan oleh banyak orang yang memiliki kepentingan berbeda-beda. Sedangkan Private IP bisa dibilang sebuah rumah pribadi atau sebuah kontrakan yang kita pergunakan sendiri.

Dalam banyak pendapat, shared IP sangat tidak disarankan untuk membuka situs-situs perbankan, seperti paypal dsb. Lantaran faktor keamanan. Berbeda dengan private IP yang bisa kita gunakan untuk membuka berbagai situs.

Shared IP memiliki banyak kekurangan, contohnya ketika kita mendownload dari mediafire, setiap IP Address tidak dapat melakukan multiple download (kecuali premium member). Jadi ketika ada orang lain yang memiliki IP sama dengan kita sedang mendownload, kita hanya bisa sabar menunggu. Namanya juga kos kosan antri mau masuk satu kamar mandi. hehehe

Semoga sedikit ilustrasi saya bermanfaat dan mudah dipahami oleh semua. Salam
Shopee Lovember

2 thoughts on “Shared IP dalam Ilustrasi”

  1. mas pandu, ane mau tanya bih.
    awalnya ane coba2 pake quick hide ip. lalu kira2 sudah beberapa hari ketika ane buka browser chrome dll. semua site gak bisa diakses

    pesannya
    Forbidden
    You don't have permission to access http://www.google.com/ on this server.

    Apache/2.2.21 (Unix) mod_ssl/2.2.21 OpenSSL/0.9.8e-fips-rhel5 PHP/5.1.6 Server at http://www.google.com Port 80
    tolong dong mas, caranya gimana biar seperti semula. kirim lewat email ane ya mas. trims

    Reply
  2. Coba kamu kembalikan semua settingan, entah itu dns, atau sebagainya. Pakai yang automatic aja. Setelah itu coba koneksi, dengan melakukan ping. Kalau windows pakai Command Prompt, kalau linux pakai Terminal.

    Kalau masih tidak berhasil coba uninstall lalu install lagi browsernya.

    Reply

Leave a Comment