panduaji

Kategori: Uncategorized

Bawalah Live CD Saat Bepergian

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Bawalah Live CD Saat Bepergian 1
Live CD Ubuntu 11.04
Salah satu keunggulan dari Ubuntu menurut saya adalah Live CDnya. Kita tidak perlu melakukan instalasi untuk menjalankan Operasi Sistemnya, cukup disimpan pada sebuah Flashdisk kita sudah dapat menjalankan sistem operasi ubuntu. Untuk beberapa minggu ini saya sendiri sengaja ke Blitar tanpa membawa laptop yang sudah terinstall ubuntu.
Cukup aneh ketika menggunakan laptop bukan milik sendiri di Blitar yang menggunakan sistem operasi windows, meski di dalamnya sudah terinstall dengan apik software-software open source yang biasanya saya gunakan di laptop.
Beruntung saya sudah membawa flashdisk yang sudah terinstall live cd ubuntu 11.04. Hanya dengan menancapkan flashdisk dan di boot saat start up saya sudah dapat menggunakan sistem operasi ubuntu. Meski saya tidak dapat mengerjakan sesuatu yang berat, namun ini cukup membantu saya untuk tetap connect dengan dunia di luar Blitar, setidaknya tidak membuat pandangan saya mengganjal.
Saya pikir setiap pergi ke suatu tempat tanpa membawa laptop saya perlu membawa flashdisk yang sudah terinstall live cd, sehingga jika pada tempat tujuan tidak tersedia ubuntu, tinggal colokin flashdisk dan di boot.
Kecuali untuk yang biasa ngenet di warnet dengan OS Windows, hal ini sangat tidak disarankan karena menurut logika saya, jika kita menggunakan OS Live CD, kita tidak akan tercatat di billing yang membuat kita tidak perlu membayar biaya ngenet di warnet. Saya sendiri tidak pernah mempraktekan hal ini. Jangan di praktekkan ya, karena sangat merugikan para pengusaha warnet. hehehe.
Jadi bagi yang sudah benar-benar senang menggunakan ubuntu, mungkin bisa membawa ubuntu saat bepergian dalam bentuk live cd. Salam
Shopee Lovember

Leave a Comment