Cerdas Berjejaring Sosial dengan Gwibber

Rabu, Juni 29, 2011

Banyak orang belum mengetahui kegunaan Gwibber yang secara default sudah terinstall pada operasi sistem ubuntu. Gwibber adalah sebuah software bawaan ubuntu yang digunakan untuk memanage jejaring sosial yang kita miliki. Sehingga kita tidak perlu membuka banyak tab pada browser hanya untuk sekedar browsing social network.

Menurut saya, ini membuat kita tidak kehabisan banyak waktu bermain-main dengan jejaring sosial yang membuat net working kita menjadi not working. Aplikasi ini akan secara otomatis memunculkan notifikasi jika ada teman berkomentar pada sesuatu yang bersangkutan dengan kita.

Berbeda dengan saat kita memanfaatkan browser untuk bermain di jejaring sosial, ketika tidak ada notifikasi kita cenderung mencari-cari hal yang sebenarnya hanya membuang waktu kita. Mungkin ada baiknya bagi para pengguna Ubuntu untuk memanfaatkan aplikasi ini.

Berikut saya terangkan step by step penggunaan Gwibber.
  • Klik pada gambar amplop > pilih Broadcast. Setelah itu akan muncul jendela Broadcast Account. Pilih jejaring sosial yang ingin kita jelajahi menggunakan Gwibber.
Add Social Network to Gwibber
  • Saya coba mengaktifkan facebook. Klik Authorize untuk memberikan akses penuh Gwibber pada profil kita, sehingga kita bisa menjelajahi facebook profile dengan Gwibber.
Authorize with Facebook
  • Masukkan username dan password. Kita bisa aktifkan tanda check yang bertuliskan "Keep me logged in to Gwibber". Hal ini akan memudahkan kita untuk tahap selanjutnya. Ketika kita membuka Gwibber, otomatis akan langsung login ke account kita.
Login Facebook with Gwibber
  • Kita telah berhasil memberikan ijin / authorize facebook dengan Gwibber. Langsung tekan tombol Close
Authorized Succes
  • Kita langsung masuk ke sebuah jendela kosong. Tunggu beberapa sat hingga account jejaring sosial yang kita maksudkan muncul. Meliputi update status, link, foto, dan lainnya.
Facebook on Gwibber
Dengan memanfaatkan Gwibber, selain kita efektif menggunakan waktu, kita juga akan mendapat sebuah keuntungan, yaitu akan hemat kuota. Karena saya menggunakan telkomsel flash dengan kuota 1.5Gb per bulan. Tapi kalau yang menggunakan internet gratis ya silakan saja :D

Bagi yang belum ada Gwibber, bisa download source codenya di situs resmi Gwibber.com. Bagi yang suka ngetik di terminal dan ada koneksi internet, langsung ketik sudo apt-get install gwibber (Ubuntu). Tidak ada versi untuk windows. Semoga bermanfaat :)

You Might Also Like

2 comments

  1. izin kopas ya gan..

    nek kagak boleh, please mention ane @achmad_yusron

    BalasHapus
  2. Silakan, jangan lupa cantukman credit :)

    BalasHapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe