Slider

[4] [Jalan-jalan] [slider-top-big] [Jalan-Jalan]
You are here: Home / Alasan Setia dengan Ubuntu

Alasan Setia dengan Ubuntu

| No comment
Ubuntu Karmila (karmic koala)
Ubuntu merupakan sistem operasi yang hampir 2 tahun ini saya gunakan. Saya sudah enggan untuk beralih operasi sistem lain. Pastinya ada alasan tersendiri setiap kita menentukan sebuah pilihan, pada kesempatan ini saya ingin sedikit share alasan kenapa saya tetap setia menggunakan linux khususnya Ubuntu sebagai sistem operasi.


  • FREE! Tak perlu membayar untuk mendapatkan lisensi Ubuntu, karena memang didistribusikan secara gratis. Dijamin keasliannya, selain itu kita bisa share ke orang lain dengan gratis pula.
  • KOMUNITAS! Komunitas Ubuntu di Indonesia bahkan secara global luar biasa, banyak pertanyaan-pertanyaan yang terselesaikan dengan bergabung bersama komunitas entah itu dalam bentuk forum atau lainnya.
  • CUSTOMIZE! Ini merupakan hal yang sangat luar biasa dari Ubuntu. Jika bosan dengan tampilan Ubuntu, kita bisa merubah tampilan seperti Mac maupun Windows, selain itu tersedia banyak desktop environment yang bisa dicoba-coba untuk menghilangkan kejenuhan
  • LEGAL! Seperti yang saya katakan sebelumnya, kita tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk mendapatkan status Ubuntu yang legal. Karena pada dasarnya semua Ubuntu itu LEGAL selagi tak melanggar lisensi open source yang tercantum di dalamnya.
  • UP TO DATE! Setidaknya seminggu sekali kita sudah bisa mendownload update an software-software yang kita gunakan di desktop Ubuntu kita. Meski ada beberapa software yang kini sudah tidak up to date lagi, namun masih banyak software yang selalu up to date.
  • EXTRAORDINARY! Ubuntu sangat luar biasa, berbeda dengan sistem operasi lainnya, setidaknya kita bisa mulai menjadi trendsetter ketika menggunakan Ubuntu, hal ini sudah saya buktikan. Beberapa teman saya berpindah menggunakan Ubuntu setelah mengetahui saya menggunakannya :D.
  • OPEN SOURCE! Ubuntu merupakan operasi sistem berbasis open source, kita bisa mendownload source codenya secara gratis dan mengambangkannya lagi, seperti beberapa turunan Ubuntu yang sudah banyak dirilis di pasaran. Seperti Linux Mint, Ubuntu Sabily, BlankOn, dan masih banyak lagi varian operasi sistem yang merupakan pengembangan dari Ubuntu.
  • BANYAK SOFTWARE! Banyak software yang bisa dijalankan di Ubuntu, dan hampir semua software itu GRATIS. Meski ada beberapa software yang hanya untuk personal use, belum siap jika digunakan untuk skala industri, namun tidak sedikit juga software yang bisa digunakan untuk skala industri.
  • KEREN! Ubuntu memiliki banyak fitur keren yang tidak ada di operasi sistem lain, selain itu fitur itu bisa didownload secara LEGAL dan GRATIS!
Mungkin beberapa alasan saya untuk tetap menggunakan Ubuntu bisa menjadi bahan pertimbangan bagi siapapun yang juga pengen menggunakan Ubuntu :p.
     
    Share This Post :