Bikin Video Tutorial dengan Bantuan KeyMon

Rabu, Agustus 17, 2011

http://code.google.com/p/key-mon/
Video tutorial Blender berbahasa Indonesia kini sedang marak dicari, karena belakangan Blender mulai mencuat kepermukaan khususnya di Indonesia. Akses internet yang semakin hari semakin murah andil besar dalam penyebaran informasi seputar Blender di Indonesia, sehingga orang tak hanya tahu 3DMAX yang selama ini dianggap satu-satunya software 3D oleh beberapa orang di Indonesia.

Banyaknya video tutorial berbahasa Indonesia yang dicari tak sebanding dengan banyaknya orang yang membuatnya, dengan berbagai alasan tentunya. Saya sendiri enggan membuat video tutorial karena saya kurang suka dengan video tutorial, sehingga lebih senang membuat tutorial Blender berbahasa Indonesia.

Kali ini saya tidak membahas tentang Blender, melainkan sebuah tool yang mungkin sangat bermanfaat untuk membuat video tutorial yang membutuhkan tampilan keyboard yang ditekan seperti video tutorial Blender, GIMP, MyPaint dll yang notabene banyak menggunakan shortcut. 

KeyMon, bukan sembarang nama, karena merupakan kependekan dari Keyboard Status Monitor. Karya Daniel G. Taylor ini bisa didownload secara gratis di code google. Namun jangan senang dulu, karena aplikasi ini hanya diperuntukkan untuk pengguna Linux, untuk pengguna windows mungkin bisa mencari alternatif sendiri. hehehe.

Dengan menggunakan KeyMon, kita bisa menampilkan pada desktop tombol apa saja yang sedang kita tekan. Sehingga kita tidak perlu susah untuk memasukkan gambar keyboard yang ditekan ketika editing video tutorial. Tinggal record dan sedikit tambahin credit title selesai deh video tutorial.


Selain itu, KeyMon juga bermanfaat untuk presentasi Blender. Aplikasi ini sudah hampir setahun ini saya gunakan. Cukup dengan mempraktekkan cara menggunakan shortcut Blender di laptop, shortcut akan langsung muncul di LCD, sehingga tidak banyak orang yang bertanya kembali bagaimana cara melakukannya karena sudah muncul di layar. Cukup efektif bukan? Selamat mencoba.

You Might Also Like

2 comments

  1. Barusan saya tanya2, ternyata ada script untuk Blender untuk show keyboard key stroke untuk screen cast:
    http://wiki.blender.org/index.php/Extensions:2.5/Py/Scripts/3D_interaction/Screencast_Key_Status_Tool

    BalasHapus
  2. Yup memang ada, namun saya lebih suka menggunakan KeyMon, karena bisa digunakan diberbagai macam aplikasi, tidak hanya Blender saja. Berbeda dengan Adds On Blender yang hanya bisa berjalan di Blender. Sesuai kebutuhan sih sebenarnya :)

    BalasHapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe