Manfaat Manual Coding

Selasa, September 20, 2011

manual coding
Coding, sebuah istilah yang sudah lumrah digunakan pada bidang pemrograman. Menurutku penyusunan baris-baris perintah yang biasa disebut code dengan tujuan terntentu adalah arti dari coding. Awalnya banyak teman sekelas di MMB A yang belum mengetahui apa itu coding, sekarang InsyaAllah sudah pada tahu semua.

Manual coding, sebuah istilah yang aku cetuskan sendiri lantaran laporan praktikum yang mengharuskan kami untuk menulis source code dengan menggunakan tulisan tangan. Untuk bahasa yang digunakan merupakan bahasa pemrograman java.

Istilah ini aku adopsi dari istilah manual drawing yang memanfaatkan pensil untuk menggambar dan kertas untuk medianya. Sedangkan manual coding memanfaatkan pulpen / pensil untuk  menulis codenya dan kertas untuk medianya. Tidak berbeda jauh kan?

Mungkin beberapa orang menganggap hal ini tak penting, aku pun termasuk di dalamnya, buat apa susah-susah menulis tangan jika tinggal print aja kelar. Nggak perlu ribet-ribet nulis hingga tangan "ngapal".

Kini persepsi tersebut berubah setelah praktikum kedua yang cukup membuatku kesulitan dalam memahami note example dan tugas. Kuputuskan untuk menulis examplenya terlebih dahulu pada kertas baru mengerjakan tugasnya. Hasilnya aku lebih mudah mengerti dibandingkan jika aku hanya baca examplenya.

Seperti kata Pak Subhan saat OMB dan IPMB beberapa waktu lalu, bahwa menulis merupakan salah satu cara belajar yang paling efektif. Sekitar 70% lah keberhasilannya. Memang tak banyak, namun jauh lebih efektif dibanding membaca yang hanya sekitar 20 - 30%.

Begitu pula Pak Hasbi, selaku dosen visual programming, karena pada saat menulis manual tangan dan otak bersinergi sehingga menggerakkan syaraf psikomotorik. Alhasil kita jauh lebih gampang mengingat dan memahami kumpulan code yang tercecer. Kurang lebih itulah yang aku tangkap :D.
coding with pen and paper

Apakah ada yang menangkap manfaat manual coding yang lain? Boleh lah di share di sini ;). Hasil manual codingku bisa di browse di blog kuliahku yang beralamat di panduaji[dot]com


You Might Also Like

4 comments

  1. iya sih.. memang dengan menulis apa yang kita baca dapat mudah diingat.. namun.. menurut saya coding lebih baik di ketik.. betul gak>? he he he salam Blogger Indonesia

    BalasHapus
  2. hahaha ada plus minusnya. Emang lebih baik diketik, soale bisa langsung tau klo ada syntax errornya :D.

    BalasHapus
  3. klo design diagram digambar tangan sih iya gan.... tapi klo kodenya yg ditulis tangan agak ribet. apalagi klo turunan c kaya java, c#, js yg banyak curly bracerny.... wakakakak bisa2 ikutan curly tangan saya....

    klo soal ngerti source org laen, khan zaman skarang banyak ide yg bisa step2step debugging. eclipse sama netbeans bisa koq.

    BalasHapus
  4. iya nih, bakalan kriting kalau nulis source code ratusan baris, namun cukup membantu untuk memahami dasar, sudah nggak begitu bingung lagi :)

    iya debugging sangat membantu dalam mempelajari sebuah source code ;). Salam kenal

    BalasHapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe