Publishing: Typography

Jumat, September 23, 2011

Untuk semester satu dari sekian banyak mata kuliah, banyak yang menurutku gak nyambung dengan jurusanku. Tapi ya apa boleh buatlah namanya juga kurikulum. Salah satu pelajaran yang cukup menyenangkan bagiku adalah PUBLISHING! Sebuah pelajaran yang 'mungkin' bisa membuatku makin ahli dalam main-main dengan layout. Pada awal mata kuliah ini membahas typography. Berikut catatan typography yang aku catat.

Typografi merupakan kata yang terdiri dari dua kata dan berasal dari bahasa Yunani. Dimana TYPOS yang berarti impression, shape dan GRAPHEIN yang berarti writing. Dari dua kata diatas, aku nyimpulkan typografi adalah bentuk yang ditulis! Namun secara umum typografi adalah "seni teknik dalam menyeleksi dan mengatur font type, point, size, line lenghts, line heading, character spacing dan lain sebagainya.

Adapun tujuan dari Typografi adalah
  • Meningkatkan dan mengoptimalkan "nilai-nilai untuk dibaca"
  • Menciptakan hubungan yang konteksual
  • Memberikan informasi yang berarti dan menunjukkan hieraki
  • Menciptakan kesadaran, menunjukkan keberadaan
  • mengkomunikasikan emosi
Typografi harus diseleksi dan digunakan dengan "sepantasnya". Kita sebagai manusia berkomunikasi melalui apa yang kita lakukan dan yang tidak kita lakukan.

Ada beberapa klasifikasi font
  • Old Style Type (Garamon), Transitional Type (Times), Modern Type (Bodomi) dam Egyptian Type (Corporate)
  • Humanistic sans ... (Gill Sans), Transitional Sans Serifg (Helvetuca), Geometric Sans Serif (Futura), Jans Serif, Slab Serif
Ya segitulah catatanku selama dua kali mengikuti pelajaran publishing :D

    You Might Also Like

    0 comments

    Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

    Facebook

    Subscribe