panduaji

Kategori: Uncategorized

Eclipse ~ Open Source Application for Newbie Programmer

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Eclipse ~ Open Source Application for Newbie Programmer 1
splash screen eclipse
Hari ini tepat satu bulan saya menjalani kehidupan di kampus sebagai salah satu mahasiswa politeknik. Seperti yang sudah saya posting di panduaji.com, tugas-tugas yang cukup banyak masih membuat saya kesulitan dalam update blog. Mungkin jarang-jarang update blog yang ini, tapi di panduaji.com untuk update mengenai kegiatan perkuliahan.
Kali ini saya mau berbagi salah satu software yang sudah tidak asing lagi bagi para pemula di bidang pemrograman seperti saya, yaitu eclipse. Eclipse merupakan salah satu software open source yang dapat diunduh secara gratis di situr resmi eclipse.
Sebelum download pastikan koneksi internet anda cepat, karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendownload aplikasi yang besarnya sekitar 120Mb. Aplikasi ini cukup ringan dan memberikan kemudahan untuk autofill coding khususnya java. Karena pada mata kuliah visual programming, saya belajar coding java.
Dilengkapi fitur debug, aplikasi ini bisa membuat kita mengetahui bagaimana proses perjalanan sebuah pemrograman, hal ini mungkin biasa disebut dengan alogaritma pemrograman. Benar bukan? Jika salah tolong beritahu saya yang benar.
Sebenarnya masih banyak software sejenis eclipse seperti netbeans, jquery, emacs dan lainnya. Untuk netbeans terkenal berat untuk menjalankannya karena banyaknya plugin yang tersedia, sedangkan jquery sangatlah ringan karena tidak tersedia fitur autofill sehingga untuk pemula akan kesulitan jika lupa coding yang harus ditulis.
Eclipse ~ Open Source Application for Newbie Programmer 2
eclipse interface
Shopee Lovember

2 thoughts on “Eclipse ~ Open Source Application for Newbie Programmer”

Leave a Comment