Kopdar Blogger Nusantara 2011 Pandu Aji Wirawan Senin, 31 Oktober 2011 No Comment

panggung acara
Teringat beberapa waktu lalu salah seorang dari kakak kelas memberitahu saya bahwa ada sebuah event dan sejarah besar akan terukir di Sidoarjo. Ide yang cukup gila menurut saya, karena mengumpulkan sekitar 1000 blogger yang ada di Indonesia pada satu tempat. Yaitu Sidoarjo. Sun City Convention Hall merupakan saksi bisu akan terukirnya sejarah besar dalam dunia blogger di Indonesia.

Berawal dari kebingungan mengenai bagaimana cara pendaftaran dan sebagainya, akhirnya kutemukan poster event pada halaman profil teman di facebook, langsung saya hubungi contact person yang berasal dari UNESA. Dari situ saya mendapatkan penjelasan gamblang tentang event ini. Dan saya putuskan untuk berangkat sendiri karena teman yang saya ajak 'mbulet' terus.

Pada hari H, awalnya kuperkirakan dari rumah menuju TKP memakan waktu sekitar 1 jam, ternyata dugaanku salah. Hanya memakan waktu 30 menit dari rumah menuju TKP. Berawal dari kesendirian menunggu seseorang yang membawa tiket saya, akhirnya saya putuskan untuk menikmati kesendirian. Karena di sekeliling banyak orang yang bergerombol dari berbagai komunitas blogger di Indonesia.

saksi bisu sejarah blogger nusantara
Setelah mendapatkan tiket dan melakukan registrasi, akhirnya saya masuk dalam sebuah ruangan besar, beberapa orang sudah tampak duduk manis dengan rombongan mereka. Saya memilih duduk pada barisan 4 dari depan. Pilihan yang tak salah, beberapa waktu setelah itu datang sepasang mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Sebut saja Deni dan Anto. Luar biasa takdir Nya untukku. Banyak pengalaman yang kudapat dari mereka. Saya yakin mereka pun juga merasakan hal tersebut.

Seolah sudah menjadi tradisi, pembukaan acara pun cukup molor, namanya juga Indonesia. Kasihan panitia yang telah menyiapkan rundown sedemikian rupa jadi gelagapan mengatur ulang rundown acara. 

Branding NDESO!
mc sebagai sasaran empuk jargon ndeso
Tampaknya XL selaku sponsor utama telah berhasil membuat sebuah branding NDESO, sehingga ketika MC mengharap penonton menanggapi jargon XL dengan sautan xlangkah lebih maju malah mendapatkan tanggapan NDESO!  Hari kedua kopdar pun masih demikian, hingga akhirnya pada hari ketiga tidak terdengar jargon XL dikumandangkan. MC pun jadi korban branding ke'ndeso'annya. NDESO adalah jargon untuk acara tersebut selama dua hari, hingga akhirnya pada hari ketiga jargon  untuk Blogger Nusantara berubah menjadi luar biasa, sedangkan jargon untuk XL tak terdengar sama sekali. Ternyata si 'Tukul' yang beraksi pada salah satu iklan XL berhasil membranding para peserta Kopdar Blogger Nusantara


Kawan Baru!
foto bersama beberapa kawan
Seperti yang sudah saya ceritakan diatas bahwa ditemukan dengan beberapa kawan baru yang luar biasa. Deny yang merupakan ketua HMJ share banyak pemikiran yang luar biasa, dan ternyata jalan pikiran kita tidak jauh berbeda. Kita tunggu saja karya-karyanya di blognya yang bernama Gibran Titisan. Anto juga sosok yang luar biasa, mengembangkkan toko online personal dengan banyak keahlian yang masih misterius. Ikuti saja apa yang dia bagikan di blognya yang bernama samubay. Selain itu juga bertemu dengan beberapa kawan dari almamater SMK Negeri 1 Surabaya yang membuatku mengenang masa-masa sekolah di sekolah tersebut, dan masih banyak lagi kawan baru yang berbagi kartu nama. Selain itu tak kenal pun jadi akrab saat akhir acara dengan foto bersama. Itulah gunanya seorang kawan, ketika kita sedang berpose dia memfotokan :D.

Ilmu Banyak!
pembicara dari Google yang mempesona
Sebenarnya materi-materi yang disampaikan sudah bisa ditemui dengan mudah di internet, namun entah kenapa di sana lebih menarik untuk disimak. Sehingga lebih 'dapet' soulnya. Apalagi branding google yang dibawakan oleh Vijayakumar sangat mempesona para peserta dengan materi tentang Analystic. Sebuah branding yang sungguh luar biasa. Selain itu tak kalah juga dengan style kerennya si Wilis (kalau ga salah) dari Pen Ollson. Pembicara lokal juga tak kalah dalam presentasinya yang mengusung tema komedi. Hal yang paling saya suka dari materi-materi yang disampaikan oleh narasumber adalah Jangan korbankan IDEALISME dengan keuntungan sesaat, pikirkan untuk jangka waktu yang lama. Buat konten yang bagus, sehingga dengan otomatis mendatangkan keuntungan bagi kita. Seorang pembaca sangatlah berarti apalagi betah lama-lama membaca apa yang ada dalam  blog. Statistik adalah saksi bisu dari kebahagiaan tersebut.

Banyak Pengalaman!
blogger tertua dan termuda
Beruntung saya kemarin datang sendiri, dengan begitu saya cukup banyak mengenal banyak sosok-sosok yang luar biasa. Saya sangat menyayangkan beberapa komunitas yang hanya bergerumbul dengan komunitasnya sendiri, tidak saling berinteraksi dengan komunitas lain. Apa gunanya datang jauh-jauh kalau cuma bergerombol dengan teman sedaerahnya sendiri? Banyak juga pengalaman yang di share oleh para pembicara. Saya tak habis pikir bahwa ada seseorang yang memanfaatkan blog untuk menawarkan hewan ternak kambing ketawa. Jenis ini saja saya juga baru dengar. Hanya dengan ngeblog hasilnya sungguh luar biasa. Saya menyimpulkan dibalik kesuksesan mereka yang berjuang di dunia blogging rata-rata tidak mengidam-idamkan uang dari blog yang mereka kelola, mereka mengelola blog dengan FUN, tidak termotivasi UANG seperti yang kebanyakan orang lakukan! Termasuk juga peternakan kambing ketawa yang berasal dari pelosok tersebut. Benar-benar luar biasa!

pembacaan tekat blogger nusantara
Setelah rangkaian acara dilaksanakan, diakhiri dengan pembentukan paguyuban Blogger Nusantara yang banyak mengemban visi dan misi dari banyak blogger di seluruh Indonesia. Pembacaan tekat blogger diwakili oleh perwakilan dari masing-masing pulau dan daerah.

Masih banyak hal yang pengen saya ceritakan, namun karena banyak juga yang haru dikerjakan saya akhiri saja sampai di sini. Terima kasih atas semua yang telah mendukung terselenggaranya acara tersebut, meski saya hanyalah seorang peserta biasa. Ini luar biasa, berharap ketika tahun depan diadakan lagi acara serupa, saya dapat hadir kembali mengikuti acara tersebut. Bagi yang belum bergabung silakan bergabung dengan mendaftarkan diri di bloggernusantara.com. Saya mau berangkat UTS dulu :D. :lol.
Pandu Aji Wirawan

Pemuda yang masih lajang, suka jalan-jalan dan nulis blog. Hidup tidak teratur, mengalir seperti air. Kalau ada yang minta tolong, kadang bikin website yang simpel dan enggak ribet.

Tags:

No Comment

Silakan berkomentar dengan baik, jangan menggunakan nama sebagai keyword backlink. Saya anggap itu sebagai SPAM. Apabila dalam komentar mengandung link yang tidak berhubungan dengan tulisan, akan saya hapus