panduaji

Kategori: Uncategorized

Setting Huawei EC1261-2 di Ubuntu ~ CDMA Modem

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Baru beberapa jam menikmati ubuntu terbaru, saya mendapat banyak sekali kejutan. Mulai dari interface, system dan berbagai macam fitur yang disediakan oleh Ubuntu. Salah satu yang akan saya bahas saat ini adalah tentang fitur modem CDMA yang auto detect. Pada ubuntu versi sebelumnya, kita harus melakukan konfigurasi manual tiap mau menyambungkan koneksi internet. Namun semua kini sudah berubah semenjak menggunakan ubuntu 11.10.
Secara default modem CDMA akan terdeteksi di menu network manager. Jika belum pernah menggunakan modem CDMA sebelumnya akan muncul New Mobile Broadband (CDMA) Connection pada bagian Mobile Broadband milik Network Manager. Dari situ kita klik saja menu New Mobile Broadband untuk mengkonfigurasi settingan modem. Oh iya, modem yang saya gunakan adalah modem CDMA Huawei EC1261-2.
Setting Huawei EC1261-2 di Ubuntu ~ CDMA Modem 1
Modem terdeteksi


Setelah memilih menu tersebut kita akan dihadapkan oleh sebuah jendela baru agar kita mengikuti instruksi settingan modem yang berupa Nama Provider dan lain sebagainya
Setting Huawei EC1261-2 di Ubuntu ~ CDMA Modem 2
ikuti instruksi
Pertama, kita pilih di negara mana kita tinggal, Isikan saja Indonesia karena hal ini berkaitan dengan list provider yang tersedia di negara yang kita pilih
Setting Huawei EC1261-2 di Ubuntu ~ CDMA Modem 3
langkah pertama
Kedua, pilih provider yang kita gunakan untuk mengakses internet. Pada contoh di bawah ini saya menggunakan provider SMART yang tertancap dalam modem CDMA milik teman saya.
Setting Huawei EC1261-2 di Ubuntu ~ CDMA Modem 4
langkah kedua
Ketiga, sistem akan mengkonfirmasi ulang provider yang telah kita pilih. Kemudian tekan saja Apply untuk memberikan persetujuan pada sistem.
Setting Huawei EC1261-2 di Ubuntu ~ CDMA Modem 5
langkah ketiga
Jangan senang dulu, modem kita masih belum bisa langsung tersambung dengan internet. Kita masih memerlukan beberapa konfigurasi terkait dengan service provider. Untuk itu lanjutkan beberapa langkah singkat di bawah ini.
Keempat, buka network manager dan pilih menu Edit Connection. Sehingga akan menampilkan Network Connection kemudian pilih tab Mobile Broadband > SMART Connection > Edit. Setelah itu centang Automatically > Pilih tab Mobile Broadband dan masukkan

username: smart

password: smart 
Setting Huawei EC1261-2 di Ubuntu ~ CDMA Modem 6

Semoga sedikit hal yang saya share tersebut dapat bermanfaat sehingga tidak perlu takut modem CDMA tidak dapat digunakan pada ubuntu.

Read more: Panduaji[dot]net: Setting Huawei EC1261-2 di Ubuntu ~ CDMA Modem
Under Creative Commons License: Attribution Share Alike

Shopee Lovember

5 thoughts on “Setting Huawei EC1261-2 di Ubuntu ~ CDMA Modem”

  1. oho… modem cdma usb dah bisa didetek otomatis yah skarang? saatnya upgrade klo gitu. gbye natty 😀

    btw, modem yg agan pake itu jenis yg mesti dieject dlu autorun di dlmnya? soalnya di natty cuman modem2 jenis gini yg bermasalah, yg laen ok2 aj tuh….

    Reply
  2. Selama ini modem HUAWEI memang langsung detect secara otomatis (GSM), namun kali ini CDMA pun sudah terdeteksi secara otomatis, untuk modem yang lain masih perlu konfigurasi tersendiri.

    Reply
  3. saya sudah berhasil koneksi modem, juga berhasil membuat wifi access point utk dikoneksikan ke android phone (android terkoneksi)… tapi saya bingung bagaimana menshare koneksi modem tsb via AP…

    Reply
  4. Seharusnya untuk share koneksi tidak bermasalah, namun coba saja ganti ip address device yang akan menggunakan AP. Beberapa kali saya coba nyambung ke AP yang dibuat teman saya harus mengkonfigurasi IP saya biar cocok dengan punya teman yang membuat AP

    Reply

Leave a Comment