Tips Setelah Install Ubuntu

Ubuntu 11.10 sudah rilis sekitar seminggu yang lalu, dan saya sudah berhasil mendownloadnya dari mirror kampus tetangga. Banyak hal mengejutkan yang saya dapatkan di ubuntu versi terbaru dengan nama Oneiric Ocelot. Selain modem CDMA yang otomatis terdeteksi juga tersedianya desktop environment siap pakai yaitu UNITY dan GNOME-SHELL.

Disini saya akan share langkah-langkah yang saya ambil setelah melakukan fresh install ubuntu.

  • Pertama, lakukan update manager dengan cara tekan ctrl + alt + T > ketik sudo apt-get update > tunggu hingga proses update list berhasil. Dengan begitu kita bisa melakukan instalasi software yang ada di repositori via internet.
sudo apt-get update
  • Kedua, lakukan instalasi software yang diperlukan, sesuai kebutuhan masing-masing user. Ada beberapa software yang bagiku wajib untuk semua kalangan pengguna ubuntu. Buka terminal lalu ketikkan sudo apt-get install vlc pidgin gimp chromium-browser. Dengan perintah tersebut secara otomatis kita akan melakukan instalasi software 
    • VLC, salah satu video player yang didalamnya banyak terdapat codecs audio dan video
    • Pidgin, merupakan salah satu IM Messanger yang dapat digunakan untuk berbagai macam jenis IM seperti Yahoo Messenger, GTALK, Facebook, AOL, MSN dan masih banyak lagi
    • GIMP, merupakan kepanjangan dari GNU Image Manipulator yang digunakan untuk editing photo, pada ubuntu lama, GIMP ini sudah termasuk dalam paket instalasi ubuntu, baru beberapa edisi ini GIMP dipisahkan dari inti ubuntu.
    • Chromium-browser adalah browser kembaran google chrome, dapat berselancar di web dengan cepat.
  • Ketiga, instal codec-codec yang belum terinstal, untuk melihat apa yang belum terinstall masuk ke ubuntu software center lalu ketikkan gstreamer pada menu search dan install 4 package teratas seperti gambar di bawah. Dengan terinstallnya library itu, insyaAllah semua jenis video dan audio sudah bisa dinikmati.
install codecs audio video
  • Keempat, install VGA driver dengan search Additional Hardware > Enable (bagi VGA yang sudah terdeteksi).
install vga driver
  • Kelima, install software-software yang sekiranya dibutuhkan untuk produktivitas melaui aplikasi ubuntu software center.
pilih software yang diperlukan
  • Keenam, custom desktop ubuntumu sesuai dengan keinginan, mungkin dengan menambahkan fitur GNOME PIE atau yang lainnya?

Oh iya, sekedar mengingatkan bahwa semua langkah diatas membutuhkan koneksi internet :D. Jadi pastikan ubuntu anda terkoneksi dengan internet. Dan untuk mempercepat downloading silakan pilih software repositori yang terdekat dari tempat anda melakukan download. Jika belum mengerti cara mengubahnya ikuti tutorial mengubah software repo

Semoga sedikit share saya diatas dapat bermanfaat bagi yang baru saja mencoba atau kebingungan mau ngapain setelah melakukan instalasi ubuntu.
Share on Google Plus

Pandu Aji Wirawan

Seorang pria tanpa pekerjaan dan tempat tinggal tetap yang menurut KBBI disebut gelandangan. Gelandang merdeka yang suka menulis tentang apapun yang diinginkan. Ada pertanyaan? Kirim email ke admin@panduaji.net atau isi form kontak
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar:

  1. wah tenkyu bgt info nya ya gan,, izin copy ke blog saya ya gan,,, buat belajar n ngasih info juga ke tmen

    BalasHapus
  2. setelah instal ubuntu ini, apakah harus konek ke internet untuk melakukan setting atau pengaturan selanjutnya?

    BalasHapus
  3. Untuk instalasi software-software jika tidak memiliki Repositori hanya bisa dilakukan dengan koneksi internet. Jika terkendala koneksi internet bisa download / beli repository untuk instalasi secara offline :)

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan baik, jangan menggunakan nama sebagai keyword backlink. Saya anggap itu sebagai SPAM. Apabila dalam komentar mengandung link yang tidak berhubungan dengan tulisan, akan saya hapus