Update Ubuntu 2Mb/s di Kampus

Minggu, Oktober 09, 2011

setting repo kebo
Ubuntu merupakan salah satu software berbasis komunitas yang sangat cepat updatenya dibandingkan operasi sistem lain, termasuk juga software di dalamnya, sehingga terkadang kita perlu untuk segera update demi menikmati kenyamanan pembaruan software. Untuk itu terkadang sayang kalau modem dengan kuota terbatas digunakan untuk download banyak file update dan terlalu sering. Bisa-bisa kuota habis untuk update saja. Berikut tips dan trik update ubuntu di kampus PENS.


Untuk update di kampus, yang kita perlukan bukan hanya koneksi internet yang tersedia di kampus. Namun juga beberapa settingan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Karena jika hanya bermodal internet yang dengan mudah terkoneksi kita tidak dapat mendownload melalui proxy yang diberikan.

Untuk update ubuntu kita tidak perlu menggunakan proxy sama sekali, sehingga tidak diminta untuk memasukkan username dan password masing-masing mahasiswa. Cukup setting repo menggunakan repo lokal milik PENS, yaitu kebo.vlsm.org/ubuntu.

Dan nikmatilah kecepatan update dan download software ubuntu up to 2Mb/s. Namun jangan senang dulu, karena jika saat update kita membutuhkan download dari server lain, misalnya sourceforge. Jangan harap package tersebut bisa di download, karena kita hanya diperbolehkan download yang ada di server tersebut.



Menurut salah seorang kakak kelas, selisih dengan server kambing sekitar 1 - 2 hari saja.Tidak masalah bukan? Selamat download para ubuntu dan turunannya di kampus :p.

You Might Also Like

4 comments

  1. wew, sekali diberitahu langsung dicoba.... :D

    BalasHapus
  2. langsung mas bro, terima kasih atas informasinya :D. ntar coba cek ubuntu terbaru semoga sudah tersedia di kampus :D

    BalasHapus
  3. Sungguh, sampai hari saya ketemu sampeyan itu saya masih menganggap kebo.vlsm.org adalah milik UI atau paling tidak saya anggap ia ada di Jakarta.

    Sama sekali tidak ada praduga ia ada di Surabaya. Makanya saya kaget :)

    BalasHapus
  4. saya diberitahu bahwa kebo itu milik PENS oleh orang yang komentar pertama :D. Ada di buku Open Source Kreativitas Tanpa Batas punyaku yang dipinjam andre.

    BalasHapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe