background img

Artikel Terbaru

Wacom on Ubuntu 11.10


Bagi seorang digital artist tak asing lagi dengan sebuah merk pen tablet yang identik dengan nama WACOM. Sebenarnya wacom adalah salah satu merk bukan nama alatnya, namun karena dominasi pasar wacom dianggap sebagai sebuah nama alat, bukan lagi dikenal sebagai merk. Kebetulan ada wacom ukuran gede nganggur langsung pakai aja di dekstop ubuntu 11.10. Tanpa perlu melakukan instalasi driver kita sudah bisa menggunakan wacom seperti biasa.

Sejak beberapa edisi sebelumnya, kita sudah tidak perlu melakukan instalasi wacom, karena sudah plug and play. Sehingga tinggal menyambungkan ke PC sudah terdeteksi. Pada Ubuntu 11.10 ini saya menemukan sebuah fitur baru untuk para pengguna wacom. Sebuah fitur layaknya driver instalasi dimana kita bisa mengatur banyak konfigurasi.
Wacom Graphic Tablet

Untuk menampilkan fitur Wacom Graphic Tablet bisa langung logo ubuntu di sidebar desktop unity > ketik wacom > pilih wacom graphic tablet, atau melalui menu System Setting yang secara default sudah tersedia pada sidebar unity. Berbeda denganUbuntu Lucid Lynx yang harus melakukan instalasi dan beberapa konfigurasi terlebih dahulu sebelum menggunakan wacom tablet.

Dalam fitur Wacom Graphic Tablet, kita bisa mengatur penggunaan pen yang ada di wacom, mulai dari pressure pen, pressure eraser dan penggunaan 2 tombol yang ada di pen, hal ini tergantung jenis dan type wacom yang digunakan. Jadi para pengguna wacom tidak perlu takut wacomnya tidak terdeteksi oleh ubuntu, karena semua berjalan normal ;)

2 komentar: Leave Your Comments

Silakan berkomentar dengan baik, jangan menggunakan nama sebagai keyword backlink. Saya anggap itu sebagai SPAM. Apabila dalam komentar mengandung link yang tidak berhubungan dengan tulisan, akan saya hapus