background img

Artikel Terbaru

Aplikasi True Love Calculator dengan Java

Belakangan banyak sekali aplikasi-aplikasi unik yang tersebar di internet, dari kebanyakan aplikasi unik tersebut menurut saya pribadi tidak banyak yang dapat dipercaya keakuratannya, salah satunya adalah aplikasi yang mengukur tentang cinta. Minggu lalu, saya mendapatkan tugas praktikum visual programming untuk membuat aplikasi True Love Calculator berbasis java.

Kali ini saya akan share bagaimana membuat aplikasi unik pengukur kecocokan cinta menggunakan True Love Calculator. Saya menggunakan Eclipse untuk membuat aplikasi tersebut.

Pertama, buatlah interface / GUI dari aplikasi True Love Calculator, tidak perlu berpatokan seperti apa bentuk interfacenya, sebagai contoh gambar di bawah ini yang memiliki spesifikasi
  • Nama anda (JLabel)
  • Nama Pasangan Anda (JLabel)
  • Input text pertama (TextField)
  • Input text kedua (TextField)
  • Tombol Hitung (Button)
contoh GUI

Kedua, pastikan untuk variabel dari input text dan tombol sama persis dengan yang ada di bawah ini. Jika berbeda, kita perlu mengubah coding yang akan saya share di bawah.
  • Input text pertama = txtNama
  • Input text kedua = txtPasangan
  • Tombol hitung = btnHitung

tetapkan variabel
Ketiga, klik kanan pada tombol hitung lalu Add Event Handler > Action > ActionPerformed dan kemudian sisipkan script di bawah ini pada Action Performed

script di action performed
Keempat, coba jalankan aplikasi tersebut lalu isikan nama kamu dan yang kedua isikan dengan nama pasangan kamu. Setelah itu tekan hitung untuk mengetahui berapa persenkah kecocokanmu dengan pasangan. Ingat, ini hanyalah aplikasi main-main yang just for fun! Hancurnya sebuah hubungan seseorang karena manggunakan alat ini saya tidak bisa menanggungnya, karena seperti yang saya ucapkan sebelumnya ini hanyalah JUST FOR FUN!

Aplikasi True Love Calculator ketika dijalankan

Bagi yang penasaran silakan langsung download saja beserta sourcenya di Download True Love Calculator + Source. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk pelajari sourcenya agar dapat digunakan kelak :)

1 komentar: Leave Your Comments

  1. Hanri Kargenic31 Juli 2012 22.13

    cara kerjanya gimana ini gak mudeng codingnya...

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan baik, jangan menggunakan nama sebagai keyword backlink. Saya anggap itu sebagai SPAM. Apabila dalam komentar mengandung link yang tidak berhubungan dengan tulisan, akan saya hapus