Kontribusi Menerjemahkan Blender

Minggu, Desember 18, 2011

Beberapa waktu lalu ada berita baru yang keren menurut saya mengenai pengembangan Blender. Perkembangan yang saya maksud bukanlah fitur luar biasa keren seperti ocean simulation, cyles, dynamic paint dan sebagainya. Perkembangan tersebut adalah penerjemahan Blender ke dalam bahasa CINA! Bukan hanya bahasanya saja, namun juga tulisannya menggunakan tulisan Cina, keren bukan?

Berawal dari situlah saya berinisiatif untuk bergabung dengan pengembang Blender sebagai translator. Karena untuk bergabung sebagai pengembang tidaklah harus pandai pemrograman, karena dalam penerjemahan kita tidak memerlukan pemrograman, yang diperlukan hanyalah mengerti bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Awalnya saya tidak menemukan directory untuk menerjemahkan Blender ke bahasa Indonesia, setelah mencoba mencari-cari akhirnya saya mendapatkan kontak email dari orang yang bertanggung jawab menangani penerjemahan Blender ke bahasa yang lain.

Penerjemahan Blender tidak menggunakan fasilitas di launchpad. Saya pernah mencoba untuk menerjemahkan di launchpad seperti kebanyakan software open source diterjemahkan, namun ternyata untuk Blender sendiri sudah tidak pernah terupdate sejak 2010. Sudah lebih dari satu tahun terbengkalai, padahal Blender bahasa Cina sendiri baru keluar tahun 2011.

Setelah menelusurinya, ternyata pengembangan Blender sepenuhnya berada di bawah naungan Blender Foundation yang beralamat di projects.blender.org. Di situ banyak sekali divisi-divisi yang mengembangkan Blender. Saya temukan divisi penerjemahan dan segera saya daftarkan diri. 

Tidak dengan mendaftar kita bisa langsung andil dalam pengembangan project, karena mungkin para pengembang Blender hanya mempercayakan pengembangan kepada orang-orang yang memang  bersungguh-sungguh mau berkontribusi dalam pengembangannya. Oleh karena itu kita diharuskan melakukan kontak kepada penanggung jawab divisi tersebut.

Setelah melakukan kontak, mereka cukup ramah dan cepat membalasnya, sehingga dalam hitungan jam saya sudah dapat berkontribusi menerjemahkan Blender. Sampai saat ini saya baru menyelesaikan beberapa puluh kata dari sekitar enam ribuan kata yang ada dalam software Blender.

Sudah lama saya tidak melakukan editing pada source terjemahan tersebut, oleh karena itu saya menulis di sini untuk mengajak teman-teman bergabung dengan saya sebagai tim penerjemah Blender ke bahasa Indonesia.

Untuk berkontribusi silakan daftar di projects.blender.org, kemudian kirim email ke ndundupan@yahoo.com. Saya akan sambungkan dengan penanggung jawab / admin project, sehingga teman-teman dapat segera berkontribusi pada Blender dengan menerjemahkannya.

Berikut adalah developer team Blender translator. Setahu saya baru 2 orang dari Indonesia.


Ditunggu ya kontribusinya agar blender dapat 

You Might Also Like

3 comments

  1. Wah bagus bgt tuh.

    Jane aq pengen daftar tp isih urung menguasai blender secara keseluruhan.hehe.

    Maju terus blender

    BalasHapus
  2. Semangaaaaat! Kalau ada waktu, aku bakal ikutan ngebantu^^

    BalasHapus
  3. Ditunggu mas kontribusinya :). Lebih baik daftar menjadi developer dulu, nanti kalau ada waktu tinggal menerjemahkan :)

    BalasHapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe