Open Source Adalah: Pandu Aji Wirawan Jumat, 09 Desember 2011 3 Comments

Seperti yang sudah saya tuliskan di judul, kali ini saya akan share pengetahuan saya tentang Open Source. Setelah cukup lama bergelut di bidang open source. Saya pilih judul tersebut lantaran banyak orang yang tidak mengetahui tentang sesuatu mengetikkan kata kunci seperti diatas. Ini bukan hanya lelucon, melainkan memang fakta yang ada di sekeliling kita, seperti yang saya lakukan sampai saat ini :D.

Pada dasarnya open source adalah sebuah SISTEM kerja yang terbuka. Sehingga memungkinkan siapa saja untuk ikut andil di dalamnya sebagai kontributor. Sistem ini digunakan oleh para pengembang software berbasis komunitas.  Seperti namanya, open source yang berarti sumber terbuka. Jadi project software yang berbasis pengembangan komunitas tersebut dengan sengaja membagikan source code software untuk diolah bersama dengan komunitas.

Sistem ini menurut saya cukup manusiawi, karena timbul dari keinginan untuk memberi tanpa mengharapkan apapun alias gratis, seperti yang kita temui, sebagian besar bahkan hampir semua software open source merupakan software yang GRATIS. Dari sistem tersebut, seseorang yang telah memperoleh manfaat akan terdorong untuk memberikan kontribusi (feedback) baik secara material maupun non material. Sehingga perkembangannya saling berkesinambungan. 

Open source identik dengan FREE! Memang benar, namun banyak orang mengsalah artikan kata FREE. Karena kata free memiliki banyak arti yang cukup membingungkan. Kebanyakan orang disekitar saya mengartikan FREE adalah GRATIS, hal tersebut tidaklah salah karena memang dalam kamus Inggris - Indonesia dan sebaliknya free adalah gratis. Selain itu kita juga harus mengetahui arti lain dari kata FREE, yaitu BEBAS.

Meskipun identik dengan Gratis, namun saya menangkap bahwa free yang dimaksudkan bukanlah kegratisan tersebut, namun kebebasan. Karena dengan adanya sistem open source ini, para pengembang bahkan pengguna bebas menggunakan project tersebut untuk apapun, bahkan untuk komersial pun juga dipersilahkan. RedHat Enterprise misalnya, meskipun open source namun ia berbayar.

Belakangan isu open source sedang naik daun. Sehingga tidak ada salahnya saya ikut berbagi tentang apa yang saya ketahui mengenai open source. Silakan tambahkan komentar untuk menambahkan atau mengurangi apa yang saya tuliskan :)

 Semoga bermanfaat!
Pandu Aji Wirawan

Pemuda yang masih lajang, suka jalan-jalan dan nulis blog. Hidup tidak teratur, mengalir seperti air. Kalau ada yang minta tolong, kadang bikin website yang simpel dan enggak ribet.

Tags:

3 komentar :

  1. Free yang dimaksud (saya artikan): lebih dari gratis. Free > gratis. Free yang dimaksud adalah kemerdekaan. Kemerdekaan dari kapitalisme dan kemerdekaan dari kebodohan. 

    Mas, saya dukung usahamu. 

    BalasHapus
  2. Mas, sampeyan apa nggak gabung ke http://ubuntu-indonesia.com? Seru banget, lho. Kasih tahu saya kalau mas sudah gabung :)

    Kalau enggak ya, enggak apa-apa. 

    BalasHapus
  3. iya, FREE adalah KEBEBASAN, bukan hanya GRATIS. saya sudah join sejak Januari 2010 tapi belum pernah posting :D. baru semalam kirim posingan pertama :D

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan baik, jangan menggunakan nama sebagai keyword backlink. Saya anggap itu sebagai SPAM. Apabila dalam komentar mengandung link yang tidak berhubungan dengan tulisan, akan saya hapus