background img

Artikel Terbaru

Middle Mouse on web

Kali ini saya mau sedikit share tentang kegunaan tombol middle Mouse yang sangat berguna dalam menjelajah dunia maya. Mouse yang saya maksud di sini merupakan perangkat keras (hardware) yang digunakan pada perangkat komputer, bukan mouse yang berupa hewan kecil berkaki empat.

Mouse memiliki kegunaan yang sangat banyak, karena digunakan untuk menjalankan banyak perintah dari PC yang menggunakan GUI (Graphic User Interface), untuk programmer mungkin keberadaan mouse tidak begitu penting karena mereka tidak menggunakan GUI dalam bekerja, sehingga yang diperlukan hanyalah mengetik.


Sebelum share mengenai fungsi lainnya, saya akan share sedikit tentang sejarah mouse. Mouse sebenarnya ditemukan Douglas Engelbart dari Stanford Research Institute pada tahun 1963 yang kemudian dikembangkan oleh Bill English di Xerox PARC. Awalnya mouse dipasarkan dalam 1 paket dengan LISA yang merupakan komputer buatan Apple.

Pada saat kita menjelajahi web, mouse sangat membantu kita dalam membuka link yang tersedia. Jarang sekali link yang kita tuju membuka pada tab baru. Untuk membuka link pada tab baru kita perlu klik kanan lalu pilih opsi open in new tab. Menurut saya, hal tersebut akan membuang waktu.

Ada sebuah cara praktis yang bisa digunakan untuk membuka link pada tab baru dengan sekali tekan. Kita tekan Middle Mouse (Mouse Tengah) pada link yang ingin kita buka di tab baru. Namun tidak semua link bisa kita perlakukan sama. Pada chat facebook kita tidak bisa menggunakan middle mouse untuk membuka link profile orang yang ada pada header chat.

Semoga share saya yang sederhana ini bisa bermanfaat, hal ini saya tulis karena banyak orang di sekitarku belum mengetahui kepraktisannya.

Bukan Saatnya AJARIN tapi BELAJAR!

Sering ada teman meminta saya untuk mengajarinya tentang hal yang saya dalami. Hampir semua permintaan itu tidak dapat saya penuhi, karena memang selain waktu yang tidak ada juga jarak yang memisahkan antar kota. Tidak sedikit juga yang minta "kalau lagi di Surabaya ajarin aku dong". Terkadang saya merasa risih dengan permintaan mereka. Bagaimana tidak? Untuk belajar mengapa harus menunggu seseorang mengajari? kenapa tidak ada kesadaran untuk belajar sendiri?


Introduction to Blender Basic

Di sini aku mau sedikit share hasil belajar Blender. Mengenai Introduction to Blender 3D. Isi dari tutorial kali ini merupakan basic dari Blender. Sasaran utama dari rangkaian e-book ini untuk mereka yang benar-benar baru di Blender, terutama yang baru mendalami bidang 3D.

E-book ini saya bagi menjadi 4 seri agar mempermudah pemula dalam belajar, sehingga mereka belajar secara bertahap, dan menguasai yang awal terlebih dahulu sebelum menguasai tingkat lanjutnya.

Teksture Font di BGE

Pada tutorial kal i ini , saya mau sedikit share tentang Blender Game Engine. Blender yang saya gunakan pada tutorial kal i ini menggunakan blender 2.56 Beta yang sudah bisa didownload sejak awal tahun 2011.

Pengalaman penggunaan teksture font ini saya dapat ketika membuat PIANDU,

Jurus Scribus Versi 1.0 Release!

Akhirnya hari yang ditunggu datang juga, setelah tertunda gara-gara libur tahun baru kini saatnya saya menepati janji saya untuk membagikan e-book dasar scribus yang saya beri nama "JURUS SCRIBUS Versi 1.0". Saya tambahkan Versi 1.0 karena saya rasa e-book ini masih perlu disempurnakan lagi di versi selanjutnya.

JURUS SCRIBUS terdiri dari 30 halaman yang berisi tool-tool dan cara penggunaan Scribus, selain itu ada juga ada tutorial Scribus seperti membuat nomor halaman, mengubah dokumen menjadi format PDF dll.