Browsing "Older Posts"

Review 3 Unlimited

Hampir semua provider operator saat ini menyediakan layanan berlangganan internet. Telkomsel dengan telkomsel flashnya dan 3 dengan 3 unlimitednya. 2 hari ini saya menggunakan 3 Unlimited untuk berselancar di dunia maya. Meski bukan milik saya, namun saya diberi izin oleh yang mempunyai untuk menggunakan SIM Cardnya, karena modem sang pemilik diminta oleh ayahnya. Sehingga daripada nganggur masih ada 1 bulan saya disuruh menggunakan.

Kesempatan ini tidak saya sia-siakan. Dengan berbekal beberpa review tentang 3 yang cukup positif, saya berinisiatif untuk mencobanya. Dan memang hasilnya tidak mengecewakan, lantaran harga yang dibandrol cukup murah dibanding provider lainnya. Sekitar 60rb per bulan sudah bisa mendapatkan 2Gb (kartu pasca bayar).

Sebelumnya, untuk menggunakan 3 unlimited kita perlu mengatur settingan seperti gambar dibawah

APN, Username dan Password : 3data
Tidak perlu terpaku dengan gambar tersebut, karena saya menggunakan network manager linux mint, berdasarkan pengalaman saya, semua konfigurasi pasti ada APN, Username dan Password.

Setelah mencoba download cukup memuaskan. Mencoba download di 4shared sekitar 30 - 81kb/s. Saya mendownload ISO linux sebesar 600an Mb tidak sampai 3jam juga selesai. Hal tersebut berlaku ketika kuota masih, saya tidak tahu kalau kuotanya sudah habis.

Saya kurang nyaman menggunakan 3 Unlimited karena menggunakan shared IP. Karena saya termasuk orang yang mencari receh dengan sistem PTC, jadi sangat tidak nyaman dengan hal ini, saya terpaksa tidak bisa melakukan klik lantaran IP saya sudah melakukan klik. Selain itu dengan menggunakan shared IP saya jadi enggan membuka situs-situs perbankan seperti internet banking dan paypal, karena menurut salah satu rekan saya rentan pembobolan rekening jika menggunakan shared IP. Jadi kepikiran membuat ilustrasi tentang shared IP.

Banyak yang mengeluh jaringan 3 lemot, termasuk yang punya kartu. Alhamdulillah ditempat saya online jaringan 3 cukup baik sehingga tidak merasakan browsing lemot dan keluhan yang lain.

Mungkin itu sedikit share dari saya tentang 3 unlimited yang saya gunakan 2 hari ini. Hanya untuk download saja. Terima kasih buat Icha yang menghibahkan 3 unlimitednya bulan ini buat saya. 3 unlimited ini akan saya gunakan hingga telkomsel flashku quotanya ngisi lagi :p.
Sabtu, 30 April 2011

Mending FRESH Install

Ubuntu 11.04 img by ubuntu.com
Ubuntu 11.04 sudah rilis, dan kini sudah banyak dari teman-teman saya menggunakannya. Banyak fitur  baru yang tertanam dalam ubuntu terbaru ini. Salah satu yang mencolok adalah desktop environment yang beralih dari GNOME menjadi UNITY.

Saya sendiri selama ini setia bersama Lucy (Ubuntu 10.04) dan ingin sekali segera melakukan upgrade untuk menggunakan Natty (Ubuntu 11.04). Awalnya saya enggan untuk melakukan fresh install, karena saya harus melakukan instalasi software-software yang saya butuhkan dan itu memakan cukup banyak waktu, oleh karena itu saya putuskan untuk upgrade menjadi 10.10 terlebih dahulu sebelum upgrade 11.04.

Setelah melakukan penantian sekitar 20 jam melakukan upgrade, saya berhasil migrasi ke Maverick (Ubuntu 10.10), namun muncul sebuah permasalahan baru. Saya tidak dapat login ke desktop, lantaran pesan error "GNOME Power Manager have not been installed correctly ". Padahal sebelumnya saya upgrade dari 9.10 ke 10.04 menggunakan cara ini tidak timbul masalah. Masalah kali ini berbeda dengan masalah yang pernah saya alami sebelumnya yang terpecahkan dengan tulisan ini

Beruntung saya melakukan dual boot dengan linux mint, sehingga saya bisa menggunakannya untuk back up data saya yang ada di file system Maverick dan mendownload ISO Ubuntu 11.04. Karena hal tersebut akhirnya saya memilih untuk melakukan FRESH INSTALL Ubuntu saya.

Dengan melakukan Fresh Install tentu saya perlu melakukan beberapa hal dibawah ini
  • Menginstal aplikasi yang saya butuhkan secara manual
  • Mengkonfigurasi beberapa file yang sudah saya otak-atik
  • Download library, driver dll
Karena memang benar-benar baru menginstall sebuah OS pada Laptop. Mungkin itu sedikit share saya tentang ubuntu opsi upgrade atau fresh install. Semoga bisa jadi pertimbangan buat teman-teman yang ingin melakukannya juga.

Nasib Friendster

Friendster, bisa dibilang sesepuhnya jejaring sosial. Situs ini sangat populer tahuhn 2002 sampai 2007 sebelum akhirnya dikalahkan oleh Facebook. Saya sendiri awalnya bermain-main menggunakan Friendster. Pada tahun 2009, Friendster dilepas dengan nilai hanya USD 40 juta (10 juta dibawah taksiran) kepada perusahaan Malaysia [MOL Global].

Saya sendiri baru meninggalkan Friendster pada awal 2009. Friendster memiliki keasyikan tersendiri buat saya pada saat itu, yaitu kebebasan user untuk bermain-main dengan java script, sehingga memungkinkan untuk merubah tatanan yang sudah ada di Friendster. Saya sempat berkali-kali mengotak-atik javascript untuk mendapatkan tampilan yang berbeda dengan teman-teman saya.



Setelah kemarin membaca di Kompasiana, saya baru mengetahui nasib Friendster yang rencananya akan menghapus semua data yang sudah pernah di upload oleh user. Oleh karena itu Friendster menghimbau pada para user untuk segera mengeskpor data-data yang pernah di upload di Friendster sebelum tanggal 31 Mei.

Ini bukan berarti Friendster akan ditutup, karena Friendster tampaknya akan membuat sebuah situs yang baru. Bagi yang masih ingat username dan password tidak ada salahnya mendownload semua yang pernah diupload di Friendster. Siapa tahu aja ada yang penting. Semoga bermanfaat :)
Rabu, 27 April 2011

Serangan BLENDER!

Ada sebuah pesan dari Kapten Blender Indonesia dengan tajuk Serangan Blender, berikut pesan yang saya copas dari Forum Blender Indonesia


Hello Army :)
Saya ada ide untuk mempercepat interfensi Blender di Indonesia. Mempercepat perkembangan dunia animasi Open Source dan mempengaruhi banyak media strategis, serta beramal secara simultan dan praktis.
Konsepnya sederhana, yaitu:
Memperbanyak Tutorial Blender secara Massal!
Ide ini bermula dari sebuah gagasan memperbanyak konten positif untuk mengalahkan konten negatif. Seperti iklan di TV dimana air yang kotor dalam gelas/bejana kalau konsisten di-isi air bersih, maka lama-lama air kotor itu hilang dan sisanya adalah kemurnian. Nah, salah satu semangat dari konten negatif yg 'positif' adalah SEMANGAT MILITAN. Yup, sudah menjadi rahasia umum jika energi untuk mengeluarkan sesuatu yg buruk (baca: negatif) ternyata lebih GAMPANG dari kebalikannya. itu!
Langsung saja berikut langkah-langkah:
1. Komitmen
Tanpa kata satu ini niscaya akan terjadi perubahan. Komitmen tidak saja berhenti pada sebuah kewajiban pendek, namun sampai perubahan BENAR-BENAR TERJADI. Ngga susah juga jika Anda rindu pembajakan (yg akan merugikan dunia kreatif) ini harus dihapuskan. Dampaknya adalah masa depan kita bersama.
Tips: Minimal 1 tutorial sebulan sekali /org. (syukur lebih)
2. Just Do It
Point ini adalah akarnya. Silakan buat tutorial Blender (atau animasi berbasis FOSS). Jangan takut, lakukan saja semaksimal mungkin, dasar, beginner, advanced, tak jadi SOAL. Bagian Anda adalah membuat dan keinginan BERBAGI.
Tips: Kemas semenarik mungkin dan siapkan doa sebelum share ke dunia maya ;)
3. Share
Selnajutnya yg menarik, berbagi. Silakan share dimana saja: blog, facebook (jejaring sosial lain), forum, warnet, rental, toko kelontong, kampus, WC umum, dll. Saya pikir Anda lebih kreatif untuk berbagi dimana saja. Jangan lupa catat dan cermati perkembangannya, dimonitor.
Tips: Cari hosting yg bisa memonitor jumlah downloader semisal 4shared, ziddu, mediafire, dll.
4. Gencatan Seribu Link
Sudah sukses upload? Dicatat link beserta alamat lainnya jika ada. Sebarkan dari teman-teman terdekatmu. Tak peduli dia animator, mahasiswa, desainer, atau apapun. Jika tidak tertarik MINIMAL minta dia untuk share link tersebut dan mencantumkan di blognya.
Jika Anda sering Online di Warnet, minta penjaga untuk ijin titip. Atau Copy Paste saja di folder user seperti biasa, beri Judul KREATIF agar membuat orang penasaran untuk melihat isi dalamnya :). Oya jangan lupa mampirlah ke kos atau rumah teman dan tawarkan flashdisk Anda untuk di copy isinya.
Tips: Branding diri Anda sebagai pencipta, karena saatnya narsisme positif dimulai ;)
5. Media Strategis
Ini option. Jika punya kenalan di Media cetak, radio, TV, bahkan Pemerintahan, jangan sungkan untuk mengabarkan Gerakan ini. PErkara ditolak sudah biasa dan itu bukati mereka tidak mau menjadi bagian dari sejarah (menghibur diri). Tawarkan saja pokoknya.
Tips: Baca teori-teori persuasif dan marketing :)
6. Lihat yang akan terjadi
Logikanya:
- Jika ini disepakati rame-rame dan dilakukan secara massal
- Asumsi pengikutnya 100 org masing-masing membuat 1 tutorial sebulan sekali (semoga lebih)
- Didoakan 500 orang dan didukung jejaring sosial 
- Konsisten di PUBLISH sebulan sekali secara serentak di seluruh Indonesia
- Ada Media yang mengulas dan mau meliput
- Bisa jadi buku (PDF atau Cetak)
MAKA IMPIAN ITU NYATA!
Baiklah, cukup berandai-andai. Saya ingin melihat RESPONNYA dan kira-kira siapa saja yang mendukung SILAKAN acungkan jari (eh, ketik di komentar). Agar segera bisa diwujudkan secara teknis dan SEGERA bisa di mulai sejarah baru. Tidak jauh-jauh dulu, dimulai dari TUTORIL BLENDER. Jika sudah, maka kita akan perluas GERAKAN ini ke forum-forum FOSS lain dan komunitas sebangsanya (GIMP, INKSCAPE, UBUNTU, dll). Itu!
Salam Blender
~hiza

SERANGAN!Blender Telah Dimulai ;)

http://seranganblender.tumblr.com/

SIlakan Submit Tutorialmu disini:
http://seranganblender.tumblr.com/submit

Note:
Secara berkala Admin akan memilih tutorial yang dianggap layak untuk di publish (sy yakin semua layak), lalu mempublishnya di Serangan Blender Blog. Bagi yang berkomitment menyumbang tutorial silakan langsung submit atau email saya di: kapten@blenderindonesia.org

5 alasan keuntungan Submit Tutorial:

1. Animasi Open Source di Indonesia Berkembang pesat karena secara rutin ter-index di search engine dan semakin banyak orang menggunakan Blender sebagai pipeline produksi animasi.

2. Forum Blender Indonesia semakin JAYA, karena setiap tutorial diarahkan ke FORUM yang secara tidak langsung akan menjaring talent-talen baru di dunia animasi blender. Semoga semakin banyak orang tahu dan sadar akan pentingnya berkomunitas guna mengasah skil dan berjejaring.

3. Blog Kamu semakin dikenal di dunia per-Blenderan. Otomatis jika kamu membuat tutorial dan memberi pengaruh melalui ide-ide dalam tutorialmu. So, kunjungan blogmu bertambah, pun personal branding semakin cepat. Jadi, siapkan foto terbaikmu di profile dan buat tutorial hebat!

4.Income tambahan. Ini terjadi secara tidak langsung, siapkan saja email kontak di blog tutorialmu agar masuk berbagai saran, kritik, pertanyaan, atau pesanan animasi (bisa jadi). Layani setiap hal yg masuk dengan ramah dan rendah hati. Someday, jika kamu rajin pun bisa dijadikan jilid buku tutorial dan bisa dijual kepada yang membutuhkannya.

5. Mengasah Skil & Portofolio, jangan hanya jd penonton saja. Percayalah kamu semakin cepat meningkat secara skil jika rutin mengasah diri sekaligus membuat tutorial (mencatat). Beda dengan yang hanya menonton, ingatan akan lebih nyantol jika kita membuat catatan berkala sehingga tidak cepat lupa. Nah terakhir bisa menjadi portofolio untuk 'IJASAH' di dunia kreatif. Percayalah ini penting!

Selamat berkreasi... :idea: 


Itulah sekilas tentang Serangan Blender yang sedang berlangsung di dunia animasi open source Indonesia. Mau ikut berpartisipasi?
Selasa, 26 April 2011

Hidden Folder di Ubuntu

Kali ini saya akan share sedikit tips and trick mengenai ubuntu. Jangan khawatir, The Making of Piandu Insyaallah rilis pada awal bulan Mei, semoga tidak ada halangan seperti sebelumnya. Kali ini saya akan share mengenai hidden folder di Ubuntu. 

Berbeda dengan windows, pada ubuntu kita tidak akan menemukan option / plihan hidden ketika memilih properties pada menu klik kanan. Beberapa dari kita mungkin ingin menyembunyikan beberapa folder yang dianggap berbahaya jika diketahui orang lain, misalkan foto-foto pribadi, rahasia perusahaan atau yang lainnya.

Untuk melakukan hidden pada folder kita cukup tambahkan . (titik) didepan folder yang ingin kita hidden. Setelah menambahkan titik coba close nautilus kemudian buka lagi, Insyaallah folder yang kita tambahkan titik didepannya tidak akan kelihatan lagi.
hidden

Untuk menampilkan atau menyembunyikan folder yang terhidden kita cukup tekan Ctrl + H. Atau dengan menekan menu View - Show Hidden Files. Cukup mudah bukan? Semoga membantu dalam menyembunyikan data-data penting yang rahasia.

hidden preview

Senin, 25 April 2011

Ciptakan Inovasi BUKAN Mengikutinya

Dengan adanya teknologi yang dinamakan internet kita dapat mengakses informasi dimanapun dengan waktu yang singkat. Banyak hal menguntungkan yang bisa diperoleh dari internet, namun tidak sedikit juga yang dapat merugikan kita.

Sebagai seorang yang bergerak dibidang IT, khususnya di visual entah itu animasi maupun desain. Saya banyak membutuhkan sesuatu yang dikenal dengan tutorial, saya rasa sudah tidak asing lagi. Entah itu tutorial dari hal yang sepele hingga yang luar biasa rumit.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa tutorial Animasi, maupun desain kebanyakan dari luar negeri, masih sedikit tutorial yang berasal dari anak dalam negeri. Tutorial itu pun kebanyakan dibuat oleh mereka yang senior-senior. Tidak sedikit tutorial yang diterbitkan di buku-buku merupakan tutorial copy paste dari tutorial luar negeri yang diubah bahasanya maupun sedikit isinya.

Begitulah kenyataan yang ada di Indonesia, belum banyak para remaja mau membuat tutorial secara mandiri. Kebanyakan hanya copy paste dan translate. Jika hal ini terus dibiarkan, para remaja di Indonesia akan menjadi follower selamanya.

Kemampuan bahasa Inggris remaja jaman sekarang sudah tidak diragukan lagi, mereka sudah dapat menangkap tutorial-tutorial berbahasa Inggris, namun enggan untuk membuat tutorial sendiri. Kebanyakan dari mereka malas  untuk membuat tutorial yang sepele. Padahal hal yang sepele bagi kita bisa jadi merupakan hal yang luar biasa bagi orang banyak. Jika tidak pernah membuat tutorial sepele kapan bisa membuat tutorial yang tidak sepele?

Kita butuh sesuatu yang namanya inovasi atau biasanya juga disebut terobosan. Saya sendiri sampai saat ini masih terus belajar untuk membuat sebuah inovasi yang dapat mendunia. Jurus Scribus, merupakan salah satu contoh inovasi yang pernah saya buat. Karena setelah melakukan pencarian di google, saya belum menemukan sebuah tutorial penggunaan scribus berbahasa Indonesia. Padahal sudah cukup banyak perusahaan yang menggunakan Scribus. Karena belum ada saya buat sebuah e-book bernama Jurus Scribus yang berisi pengenalan dasar tool scribus dalam bahasa Indonesia. Ini merupakan hal yang kecil, namun saya percaya dengan hal yang kecil akan menjadi hal yang besar. Karena semua hal besar juga terlahir dari hal yang kecil.

Dengan banyaknya tutorial berbahasa Indonesia yang berkualitas, kita tidak bergantung dengan tutorial-tutorial berbahasa inggris dari luar negeri. Karena tutorial dari dalam negeri dapat bersaing dengan tutorial dari luar negeri. Apalagi buat pemula biasanya malas untuk belajar dari tutorial berbahasa Inggris, lantaran kurang mahir dalam membaca step by step dalam bahasa Inggris dan enggan mencarinya dalam kamus meski saat ini sudah disediakan kamus online dari google yang sudah lebih baik dari yang sebelumnya.

Tulisan ini sebenarnya merupakan keisengan dalam mengikuti lomba blog yang diadakan compfest 2011, bagi siapa saja yang ingin ikut silakan mendaftar karena gratis. Dengan mengikuti lomba tersebut kita dapat mengetahui seberapa bagus tulisan kita, jika memang sudah bagus tidak menutup kemungkinan kita akan menang, namun jangan pernah bertujuan untuk mendapatkan hadiah, karena dengan niat begitu terkadang kita malah gagal. Saya sendiri hanya berniat share, itung-itung iseng-iseng berhadiah lah :D

Mari ciptakan inovasi untuk kemandirian bangsa, seperti kata Bung Karno, berdiri diatas kaki sendiri!
Rabu, 20 April 2011

Nasib The Making of Piandu

The Making of Piandu rencananya saya launching pada tanggal 13 besok terpaksa saya tunda sampai tanggal yang belum saya tentukan, lantaran ada sebuah musibah yang terjadi pada diri saya. Hari ini saya mengalami kecelakaan di Surabaya yang membuat motor dan laptop yang berisi semua data saya mengalami kerusakan. Oleh karena itu untuk saat ini saya libur dari beberapa kegiatan sampai laptop dan diri saya sembuh.

Mohon maaf atas mundurnya rencana launching ini. Sekarang saya mau istirahat dulu untuk memulihkan kondisi tubuh yang sakit semua. Salam
Senin, 11 April 2011

Wire to Solid Animation

Beberapa waktu lalu ada seorang kawan yang bertanya kepada saya tentang bagaimana membuat sebuah animasi dari bentuk wire ke bentuk solid, awalnya saya sendiri kurang tahu, namun setelah mencoba sedikit akhirnya saya menemukan sebuah cara yang sebenarnya cukup mudah. hehehe.

Pada dasarnya sama dengan cara kita menganimasikan hal lain. Pertama kita menuju frame yang kita inginkan terlebih dahulu, misal pada frame 1 kita ingin membuat animasi dirender dalam bentuk wire. Aktifkan material wire lalu tekan I untuk melakukan insert keyframe pada material wire.

Material wire
Setelah itu pindahkan frame, pilih setingan material surface untuk rendering secara solid dan tekan I lagi untuk insert keyframe. Ketika kita lakukan rendering animasi akan membuat sebuah transisi dari wire ke solid. 

Material solid
Cukup sederhana bukan? Saya rasa ini juga merupakan kelebihan Blender yang membantu kita dengan mudah untuk memasukkan keyframe pada parameter-parameter yang tersedia. Semoga bermanfaat.
Jumat, 08 April 2011

Piandu ~ Call for Submit

Piandu, sebuah aplikasi fenomenal yang pernah saya buat pada pertengahan tahun lalu. Sebuah aplikasi yang kini sudah di download lebih dari 1000 kali pada bulan ke 10 (1203 saat tulisan ini ditulis). Beberapa waktu lalu saya sudah merencanakan untuk membuat behind the scene Piandu, yang mana akan menjelaskan step by step membuat Piandu. Sekarang, ebook tersebut sudah hampir selesai.

Saya rasa kurang afdol jika tidak menyertakan testimoni atau komentar dari para pengguna Piandu. Saya sudah menyaring beberapa testimoni yang sudah ada di beberapa forum, namun saya rasa hal tersebut masih kurang. Karena pada umumnya komentarnya hanya bersifat Junk. Sehingga saya putuskan untuk membuat sebuah posting tentang permintaan kontribusi dari semua pengguna Piandu.

Dimana sebagai balasannya saya akan cantumkan nama dan komentarnya pada Bab terakhir ebook behind the scene Piandu :D. Rencananya ebook ini akan rilis pada pertengahan bulan April, untuk tanggalnya selamat penasaran :D.

Sekiranya berkenan silakan tinggalkan komentar di postingan ini untuk saya masukkan dalam e book behind the scene Piandu. Mungkin cukup sekian pemberitahuan Call for Submit dari Piandu. Saya tunggu komentarnya sebelum tanggal 10 April ya :D.

Silakan berkomentar :D. Oh iya baru keinget, bagi yang belum mencoba  bisa download dan mengetahui lebih jelasnya di posting Piandu.
Minggu, 03 April 2011

Tampilan Dinamis Blogger

Blogger menyediakan fitur terbaru pada blognya, yaitu tampilan dinamis, dimana orang bisa membaca bagian blog seperti kita membaca koran, saya rasa tampilan ini cukup bagus dan ringan, daripada membuka masing-masing halaman dengan loading yang lama.

Tampilan dinamis hanya bisa dinikmati oleh browser-browser terbaru seperti IE 8+, Firefox 3.5 +, Chrome, Safari. Beberapa elemen tampilan dinamis tidak akan berjalan dengan browser lama. Selain itu jika ingin menikmati blog dengan tampilan dinamis, pemilik blog haru mengatur tentang RSS feed nya.

Beberapa syarat agar blog kita dapat dibaca menggunakan fitur tampilan dinamis adalah
  • Blog kita merupakan blog publik, tidak perlu login account untuk mengaksesnya
  • Feed situs harus dalam tampilan penuh, untuk mengaturnya buka pengaturan > feed situs dan ubah tampilan penuh
  • Pada pengaturan, kita harus mengizinkan tampilan dinamis.
Untuk melihat blog dengan tampilan dinamis, kita cukup tambahkan view di belakan url, misal http://panduaji.net/view dengan begitu kita sudah dapat menikmati tampilan dinamis untuk panduaji.net.

Selamat mencoba
Jumat, 01 April 2011