Browsing "Older Posts"

Konsep Web Design Project

Akhir semester pertama kuliah di PENS sudah tiba, dimana mulai besok Senin sudah UAS. Malam tahun baru Surabaya diguyur hujan yang cukup merata dan tahan lama. Ini membuat saya malas untuk keluar rumah, teringat tugas web development yang harus dikumpulkan paling lambat 2 minggu setelah UAS. Rasanya hampa ketika membuat 'sesuatu' tanpa adanya dokumentasi. Di blog ini saya akan share proses pembuatan desain web yang akan saya kerjakan.

Saya mendapatkan bagian untuk membuat desain web software. Di sini saya akan mengusung konsep open source software web. Mungkin konsepnya akan mirip dengan sourceforge.net yang menampung banyak software-software open source. Namun saya juga mengadopsi konsep dari C.NET Download dan situs sejenisnya.

Pertama-tama saya buat konsep untuk desain web yang akan saya gunakan. Disini saya akan menggunakan HTML, CSS, Javascript dan JQuery. Berikut gambar draft desain dari web yang akan saya buat dalam dua minggu kedepan.

concept index page
Saya akan menggunakan 2 kolom layout dengan menu berada di sebelah kiri dari konten. Gambar diatas hanyalah gambar dari index page. Menu di sebelah kiri akan menggunakan JQuery dengan serta akan saya float, sehingga ketika di scroll menu tersbut akan ikut turun.

Pada bagian software kategori saya juga akan menggunakan JQuery untuk slider gambarnya. Dalam satu kategori akan ditampilkan 3 sofware saja. JQuery di sini berguna untuk menggeser software-software yang belum ditampilkan. Seperti slider yang ada pada index halaman blog ini.

Untuk bagian isi / content dari website ini akan tampak kurang lebih seperti gambar di bawah ini
concept content page
Pada bagian isi atas konten / content akan diberikan logo resmi dari software tersebut berikut informasi resmi dari softwae seperti website resmi, download page, version, support, forum dan masih bisa ditambahkan apa saja.

Pada bagian related software akan berisi software yang terkait dengan software yang sedang dibuka. Misal untuk software animasi kita sedang membuka software Blender, maka pada related software akan muncul pilihan software-software animasi seperti pencil, synfig dan sebagainya.

Mungkin begitu saja konsep tugas akhir desain web yang akan saya buat. Semoga saja saat mengerjakan mendapat ide untuk improvisasi lebih baik dari yang sudah menjadi draft. Selain itu juga semoga bisa selesai sebelum awal Januari ini :D. Semoga juga bisa menjadi inspirasi buat teman-teman yang juga sedang bingung mengerjakan tugas web development :D
Sabtu, 31 Desember 2011

Install Ubuntu Tweak di Ubuntu 11.10

Ubuntu Tweak merupakan salah satu software tweaking pada sistem operasi ubuntu seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya pada postingan yang berjudul Install Ubuntu Tweak di Ubuntu 11.04. Pada kesempatan kali ini saya akan share lagi bagiaman cara melakukan instalasi Ubuntu Tweak pada Ubuntu 11.10. Karena cara instalasi pada ubuntu 11.04 dan ubuntu 11.10 sungguh berbeda.

Pada ubuntu 11.04 lalu saya harus menambahkan repository sebelum melakukan instalasi ubuntu tweak, sehingga prosesnya cukup panjanga dan rumit bagi pemula. Berikut kelebihan ubuntu tweak terbaru yang dapat diinstall dengan mudah di ubuntu tanpa harus menambahkan repository seperti pada ubuntu sebelumnya.
ubuntu tweak terbaru
Namun jika ingin terus update dengan perkembangan ubuntu tweak, kita perlu menambahkan ke repository seperti pada ubuntu selanjutnya. Sehingga ubuntu tweak kita bisa selalu terupdate dengan yang ada di repository. 

Intinya sekarang sudah ada 2 alternatif untuk melakukan instalasi ubuntu tweak pada ubuntu 11.10 (kurang tahu dengan ubuntu versi sebelumnya). 2 Cara tersebut adalah
ubuntu tweak terbaru ~ tweak

  1. Melakukan penambahan pada repository seperti yang sudah pernah saya tuliskan pada postingan Install Ubuntu Tweak di Ubuntu 11.04
  2. Melakukan instalasi dengan mendownload file deb Ubuntu Tweak Oeneric

Jika tidak memiliki koneksi internet yang selalu setia setiap saat, disarankan untuk memilih cara yang kedua, karena tidak perlu koneksi internet dalam melakukan instalasi
ubuntu tweak terbaru ~ admins

Semoga bermanfaat :)

Memasukkan Font di Blender

Beberapa waktu lalu ada teman bertanya bagaimana membuat tulisan arab 3D menggunakan Blender. Ada dua alternatif, yang pertama 'ngeblat' tulisan arab dan yang kedua menggunakan font arabic. Di sini saya akan share bagaimana caranya membuat tulisan 3D dengan font yang kita inginkan.

Software: Blender 2.61
Level: Basic
  • Pertama-tama buatlah sebuah folder yang berisi font yang akan digunakan dan akan digunakan untuk menyimpan file Blender.
  • Buka Blender lalu tambahkan objek text dengan cara Add (Shift A) > Text.
  • Masih dalam posisi objek text terseleksi pilih menu Object data dan pada bagian Font, kita bisa masukkan font yang kita inginkan
  • Setelah itu langsung masuk edit mode dan ketikkan tulisan yang ingin dibentuk menjadi sebuah objek 3Dimensi dengan mengatur parameter yang disediakan pada geometri seperti Exturde, Offset, Bevel dsb
  • Jadilah tulisan dengan font yang kita inginkan dalam bentuk 3Dimensi tanpa harus susah payah tracing menggunakan curve dsb.
Semoga sedikit tutorial ini dapat bermanfaat buat teman-teman. Bagi yang masih kebingungan mungkin bisa menonton video demo memasukkan font pada blender berikut ini.


Semoga bisa memahami demo tersebut. Jika masih ada pertanyaan silakan tinggalkan komentar.

[CLOSED] Donasi + Merchandise Blender Indonesia

Dengan memesan merchandise ini, berarti anda sudah ikut donasi untuk kelangsungan PORTAL dan SUPPORT FORUM Blender Indonesia.

Cara pemesanan:
1. Order by email
Format judul email:  "ORDER POLO SHIRT + [nama]"
Isi email biodata  diri [nama + alamat lengkap + kodepos + telp + ukuran polo shirt + warna] untuk mempermudah pengiriman

2. Tunggu balasan email dari kami 
Berisi rincian biaya [polo shirt + ongkir]

3. Transfer + Konfirmasi
Setelah mendapat balasan email, transfer uang ke Rekening Mandiri
No. Rek 1440010670948 atas nama Pandu Aji Wirawan
Konfirmasikan transfer dengan menyertakan nomor transaksi / scan / foto struk atm/ email [internet banking]

4. Tunggu
Tunggu proses dari kami yang akan selalu di update di blog ini
Pengiriman akan dilakukan pada awal Februari 2012 via TIKI

Batas Akhir pemesanan : 15 Januari 2012



Pada bagian belakang kaos bordir:


Spesifikasi:
Bahan Katun
Border Komputer

Nama pemesan akan dicantumkan di sini setelah melunasi pembayaran.
Rabu, 28 Desember 2011

7 Tips Bikin Layout Majalah, Buku dan yang lain

Minggu lalu saya mendapatkan tugas kuliah untuk membuat sebuah e-magazine, karena hanya dikumpulkan dalam bentuk pdf bukan berupa print out. Setidaknya para dosen mengatahui kesulitan anak kos yang hampir merata di seluruh Indonesia. Pembuatan majalah digital tidak beda jauh dengan cara pembuatan ebook, karena konsepnya sama:
a magazine or publication design is not about text and images on the page. It is about emtpy and white spaces on the page.
Dari beberapa ebook yang sudah saya buat, saya ingin share beberapa tips dalam pengerjaan sebuah ebook / magazine dan sebagainya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengerjakannya. Hal ini akan sangat berpengaruh pada kecepatan dan kualitas hasil desain layout. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengerjakan layout.
contoh ebook 
  • TEMA.Tentu ini sangatlah berpengaruh dengan bentuk desain, karena mau bagaimanapun kita tidak mungkin membuat sebuah layout yang melenceng dari tema. Misal, majalah untuk anak-anak kita beri layout majalah dewasa. Jangan pernah lakukan itu.
  • KONSEP. Setelah menemukan tema yang cocok, selanjutnya kita buat konsep untuk majalah kita. Misalnya budaya lokal, karena belakangan ini, isu ini merupakan isu yang banyak diangkat dalam berbagai bidang. Mungkin dengan corak batik atau bagaimana yang bisa menonjolkan budaya lokal
  • REFERENSI. Seperti yang dikatakan oleh Picasso bahwa GOOD artist  copy, GREAT artist steal. Setidaknya inilah yang sudah dipraktekkan oleh dua raksasa komputer yaitu Mac dan Windows. Saat tidak ada inspirasi, tidak ada salahnya melihat referensi, namun jangan asal copy dan paste dari referensi, namun kembangka agar lebih baik.
  • DRAFT. Tema dan konsep sudah kita buat, selanjutnya kita buat draft layout. Draft di sini tidaklah langsung dibuat pada software publishing, namun sangat disarankan untuk digambarkan terlebih dahulu pada selembar kertas. Mengapa demikian? Dari pengalaman membuat sebuah ebook tanpa menggambar dalam draft dan langsung mengerjakann didepan komputer mata akan cepat sekali lelah, apalagi dengan desain yang dilihat kurang bagus, sehingga cenderung membuat diri mudah stress dan sedikit-sedikit istirahat. Hal ini mengurangi efektivitas waktu. Berbeda dengan ebook yang sudah saya buat draftya terlebih dahulu, jadinya jauh lebih cepat dan juga jauh lebih baik :).
  • PALLETE. Draft sudah cocok 100% dan kini saatnya kita melakukan eksekusi pada software publishing. Pada setiap software publishing sudah disediakan fitur pallete color. Menurut saya, pengertian pallete color adalah warna template. Jadi, kita buat warna-warna yang akan kita gunakan pada sebuah ebook / majalah. Sehingga kita tidak perlu mengatur satu persatu warna untuk tiap elemen, karena sudah kita buat dari awal, tinggal kita panggil dimana saja kita butuh. Hal ini digunakan untuk menghindari perbedaan warna yang sebenarnya kita inginkan warna yang sama, daripada susah-susah mencocokkan RGB / CMYK / HEXA lebih baik manfaatkan pallete. Bukankah software dibuat untuk memudahkan pekerjaan kita ;)?
contoh pallete color
  • STYLE. Jangan kira hanya halaman web yang memiliki style bernama CSS. Sebuah halaman layout juga memerlukan style yang mengatur jenis font, ukuran font, line height, spacing dsb. Untuk membuat layout kurang dari 10 halaman sih tidak masalah, namun jika untuk sebuah buku dengan tebal sampai dengan 100 halaman? Mau mengatur jenis font, dsb satu persatu? Oleh karena itu biasakan untuk menggunakan style paragraph maupun character yang sepertinya sudah ada di semua software publishing. Sekali lagi saya tekankan, bukankah software dibuat untuk memudahkan pekerjaan kita ;)?
contoh syle paragraph dan character

  • LAYERING. Saat bekerja dalam dunia layout majalah sudah bisa dipastikan akan berhubungan dengan gambar, text dan sebagainya. Apalagi untuk majalah desain, cukup banyak hal yang perlu diperhatikan. Sedikit tips dari saya, ada baiknya menggunakan fasilitas layer yang ada pada software publishing. Memang ada fasilitas down, up untuk menaikkan maupun menurunkan level dari objek, sehingga posisi objek berada diatas maupun di bawah. Namun dengan menggunkan layer, kita bisa memilah-milah mana background yang tidak perlu diotak atik lagi tempatnya, mana yang gambar vektor, text, dll.


contoh layer yang saya gunakan pada software publishing

Mungkin itu dulu tips yang saya peroleh dari pengalaman nglayout ebook. Mungkin teman-teman berniat menambahhkan juga semakin baik.
Minggu, 25 Desember 2011

Kuota dalam Internet Unlimited

Dominasi warnet sebagai salah satu tempat untuk menjelajah dunia maya mulai menurun, meski tidak sedikit warnet yang sampai membuka cabang-cabang seperti yang ada di daerah Bratang Surabaya. Hal tersebut dikarenakan mudahnya mendapat internet personal yang lebih efektif tanpa harus pergi ke warnet dan menggunakan perangkat sendiri di rumah dengan memanfaatkan modem.

Kini harga modem sudah cukup terjangkau. Smart misalnya, hanya dengan 300ribu rupiah kita sudah bisa memiliki modem seutuhnya + internet unlimited gratis 2 bulan. Jika dikalkulasi, memang menggunakan modem sendiri jauh lebih murah dibandingkan menggunakan jasa di warnet.

Misal jika seharian kita online di warnet selama 2 jam dan membayar 5 ribu rupiah, maka selama satu bulan kita akan menghabiskan uang sampai dengan 150ribu rupiah. Dengan modem, kita bisa langgangan internet unlimited dengan biaya bervariasi tergantung masing-masing provider dengan harga mulai 45ribu rupiah hingga ratusan ribut. Semuanya merupakan inernet unlimited. Di sini saya akan sedikit share tentang beberapa istilah yang sering membuat teman saya bingung terkait internet unlimited.

Dengan menggunakan layanan internet unlimited, kita dapat mengakses halaman sebanyak apapun dengan membayar harga yang TETAP tiap bulannya. Entah itu kita gunakan maupun tidak kita gunakan. Internet unlimited di sini memang benar-benar tidak terbatas, kita bisa menggunakan layanannya. Ada beberapa teman yang bingung mengenai hal ini terlebih ada yang dinamakan kuota, fup, dsb.

Kuota, merupakan hal yang cukup sensitif dalam dunia internet unlimited untuk orang awam. Pada umumnya teman-teman mengtahui bahwa menggunakan langganan internet unlimited, tetapi kenapa harus dibatasi dengan kuota, berarti nggak unlimited dong?

Menurut saya, kuota tidak membatasi akses internet kita yang unlimited, karena entah kuota habis maupun kuota belum habis, kita masih tetap bisa mengakses internet. Yang perlu digaris bawahi tentang pengertian kuota dalam internet unlimited. Yaitu batas pemakaian wajar. Hal ini tidak berbeda jauh dengan FUP (Fair Ussage Policy).

Katakanlah kita berlangganan internet unlimited dengan kecepatan hingga 1Mb/s dengan kuota 2GB. Jika pemakaian internet unlimited kita belum melebihi kuota, maka kita dapat menikmati kecepatan data hingga 1Mb/s, namun jika sudah melebihi kita masih dapat menggunakan internet unlimited tanpa biaya tambahan dengan kecepatan yang jauh lebih rendah dari 1Mb/s, bisa saja 64kb/s. Tergantung masing-masing kebijakan operator. Jadi KUOTA tidak membatasi kita dalam berselancar di dunia maya, namun hanya membatasi kecepatan kita berselancar di dunia maya.

Jika diilustrasikan sebagai pengendara. Saat kuota masih, kita bagaikan ngebut di jalan tol, namun ketika kuota sudah habis, kita bagaikan menyusuri lorong sempit dan gang yang gelap. Kurang lebih seperti itulah isitlah kuota / FUP dalam internet unlimited.

Cara Daftar FBI

Sudah beberapa bulan ini pendaftar baru tidak bisa mengaktifkan akunnya di FBI (Forum Blender Indonesia) karena memang sengaja diatur demikian. Mengingat semakin banyaknya spammer yang mendaftar di forum dan belum ada cara yang lebih efektif selain dengan pendaftaran manual.

Melihat kondisi forum yang mati suri tidak seperti dulu, karena pertanyaan-pertanyaan teknis ditanyakan melalui fan page blender indonesia. Sebenarnya fan page blender indonesia hanya digunakan untuk share seputar berita dan kegiatan, bukan masalah teknis.

Oleh karena itu, untuk mendaftarkan diri dan mendapatkan aktivasi, silakan daftarkan diri melalui email hello@blenderindonesia.org serta CC ke pandu@blenderindonesia.org Dengan format:

Subject: Daftar Forum Blender Indonesia
Username: (username yang diinginkan)
Email: (email yang digunakan)

Untuk password nantinya akan kami random, yang bisa dirubah setelah aktivasi dan login. Kami yakin bahwa mereka yang mau mendaftar secara manual benar-benar orang yang berniat berkontribusi dalam komunitas untuk berbagi (masalah, solusi, dll). Tidak hanya untuk meminta saja (download dan diam).

Menurut saya pribadi, sebenarnya forum bertujuan untuk mengorganisir pertanyaan-pertanyaan dan mendokumentasikan masalah serta solusinya, sehingga lebih terorganisir. Melihat di facebook banyak sekali pertanyaan yang isinya bisa dikatakan sama. Dengan adanya forum cukup dengan satu thread yang mudah diakses bisa memecahkan masalah banyak orang daripada melalui facebook yang mengharuskan orang yang lebih dulu tahu menjawab satu persatu.
Jumat, 23 Desember 2011

Using RabbitVCS

RabbitVCS adalah software alternatif dari RapidSVN yang selama ini saya gunakan untuk menerjemahkan Blender. Saya mendapatkan informasi tentang software tersebut dari mas Aditia

Awalnya saya bingung karena setelah melakukan instalasi seperti yang sudah dibeberkan di situs resmi RabbitVCS, saya tidak menemukan aplikasi RabbitVCS untuk segera melanjutkan penerjemahan Blender yang sudah lama terbengkalai. Ternyata setelah bertanya lagi kepada mas Aditia, RabbitVCS sudah otomatis terintegrasi dengan nautilus, sehingga langsung dapat diakses melalui nautilus.
Dari sini saya terfikirkan untuk membuat sebuah ebook tentang penggunaan RabbitVCS. Semoga project tersebut bisa saya selesaikan pada liburan semester ini. Dengan adanya ebook tersebut, orang yang awam tentang pemrograman seperti saya ini dapat berkontribusi dalam pengembangan project open source. Dalam jangka waktu yang lama, user tidak hanya menjadi seorang user, melainkan juga developer. Semoga belum keduluan orang lain untuk ebooknya :Dv.

Kini saatnya kembali ke RabbitVCS, software ini dapat digunakan untuk mengakses dan menyunting SVN (SubVersioN), mungkin lebih cocok jika disebut sebuah plugin dari nautilus dan sejenisnya. RabbitVCS hanya dapat tersedia untuk pengguna sistem operasi LINUX dan MAC.

Berikut langkah-langkah untuk melakukan instalasi RabbitVCS di ubuntu

Add reposityory dengan cara
sudo add-apt-repository ppa:rabbitvcs/ppa
Update repository dengan cara
sudo apt-get update
Dan install RabbitVCS
sudo apt-get install rabbitvcs-nautilus2 rabbitvcs-thunar rabbitvcs-gedit rabbitvcs-cli
Untuk pengguna nautilus 3 atau pengguna ubuntu oeneric ubahlah
rabbitvcs-nautilus2
menjadi
rabbitvcs-nautilus3
Setelah selesai melakukan instalasi langsung saja restart nautilus atau komputer. Temukan rabbitvcs pada nautilus > file.


Selamat mencoba dan ditunggu partisipasinya di project open source seperti penerjemahan Blender ke dalam bahasa Indonesia :)
Rabu, 21 Desember 2011

Kontribusi Menerjemahkan Blender

Beberapa waktu lalu ada berita baru yang keren menurut saya mengenai pengembangan Blender. Perkembangan yang saya maksud bukanlah fitur luar biasa keren seperti ocean simulation, cyles, dynamic paint dan sebagainya. Perkembangan tersebut adalah penerjemahan Blender ke dalam bahasa CINA! Bukan hanya bahasanya saja, namun juga tulisannya menggunakan tulisan Cina, keren bukan?

Berawal dari situlah saya berinisiatif untuk bergabung dengan pengembang Blender sebagai translator. Karena untuk bergabung sebagai pengembang tidaklah harus pandai pemrograman, karena dalam penerjemahan kita tidak memerlukan pemrograman, yang diperlukan hanyalah mengerti bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Awalnya saya tidak menemukan directory untuk menerjemahkan Blender ke bahasa Indonesia, setelah mencoba mencari-cari akhirnya saya mendapatkan kontak email dari orang yang bertanggung jawab menangani penerjemahan Blender ke bahasa yang lain.

Penerjemahan Blender tidak menggunakan fasilitas di launchpad. Saya pernah mencoba untuk menerjemahkan di launchpad seperti kebanyakan software open source diterjemahkan, namun ternyata untuk Blender sendiri sudah tidak pernah terupdate sejak 2010. Sudah lebih dari satu tahun terbengkalai, padahal Blender bahasa Cina sendiri baru keluar tahun 2011.

Setelah menelusurinya, ternyata pengembangan Blender sepenuhnya berada di bawah naungan Blender Foundation yang beralamat di projects.blender.org. Di situ banyak sekali divisi-divisi yang mengembangkan Blender. Saya temukan divisi penerjemahan dan segera saya daftarkan diri. 

Tidak dengan mendaftar kita bisa langsung andil dalam pengembangan project, karena mungkin para pengembang Blender hanya mempercayakan pengembangan kepada orang-orang yang memang  bersungguh-sungguh mau berkontribusi dalam pengembangannya. Oleh karena itu kita diharuskan melakukan kontak kepada penanggung jawab divisi tersebut.

Setelah melakukan kontak, mereka cukup ramah dan cepat membalasnya, sehingga dalam hitungan jam saya sudah dapat berkontribusi menerjemahkan Blender. Sampai saat ini saya baru menyelesaikan beberapa puluh kata dari sekitar enam ribuan kata yang ada dalam software Blender.

Sudah lama saya tidak melakukan editing pada source terjemahan tersebut, oleh karena itu saya menulis di sini untuk mengajak teman-teman bergabung dengan saya sebagai tim penerjemah Blender ke bahasa Indonesia.

Untuk berkontribusi silakan daftar di projects.blender.org, kemudian kirim email ke ndundupan@yahoo.com. Saya akan sambungkan dengan penanggung jawab / admin project, sehingga teman-teman dapat segera berkontribusi pada Blender dengan menerjemahkannya.

Berikut adalah developer team Blender translator. Setahu saya baru 2 orang dari Indonesia.


Ditunggu ya kontribusinya agar blender dapat 
Minggu, 18 Desember 2011

MMBAnimation ~ Komunitas Animasi Multimedia Broadcasting

Sudah hampir enam bulan ini saya menjalani rutinitas mahasiswa. Ternyata kuliah yang sudah saya pilih berbeda dengan teman-teman yang lain. Mungkin karena saya kuliah di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya yang banyak mengadopsi dari pendidikan di Jepang. Banyak rutinitas terbengkalai semenjak kuliah di sini dan tergantikan dengan rutinitas baru yang terpaksa dikerjakan.

Setidaknya saat ini saya sudah memiliki sebuah wadah untuk menyalurkan apapun yang saya miliki dan mendapatkan apapun yang belum saya miliki, terutama di bidang animasi. MMBAnimation, adalah komunitas Animasi Multimedia Broadcasting di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Meski saat ini anggota hanya terdiri dari anak-anak MMB, namun sudah banyak teman-teman dari jurusan lain ingin bergabung. Mungkin kedepannya komunitas ini bisa melebarkan sayap menaungi jurusan lain yang ingin share dan belajar bersama tentang animasi :D

Sebagai komunitas yang mengedepankan kebersamaaan, kami akhirnya membuat sebuah blog, bernama MMBAnimaton yang beralamat di http://MMBAnimation.tk. Sebuah blog yang digunakan untuk berbagi proses belajar. Apa yang kami lakukan kami tuliskan dalam blog tersebut, sehingga dapat menunjukkan eksistensi komunitas dan berbagi proses.

Siapa tahu dengan menulis di blog mendapat sponsor untuk mengerjakan project-project animasi *ngarep.   Ditunggu ya kontribusi teman-teman dalam blog komunitas animasi Multimedia Broadcasting untuk sekedar memberi saran melalui komentara atau ikut belajar bersama komunitas kami.

Saat ini kami sedang mengerjakan proyek animasi stop motion yang rencananya akan launching di youtube pada awal tahun 2012 ini. Ikuti terus perkembangan proyek kami di blog komunitas. 

Salam animasi.
Sabtu, 17 Desember 2011

Tips and Trick Create CSS

Seperti yang sudah saya jelaskan beberapa waktu yang lalu tentang CSS, kini saya mau share tips-tips membuat CSS. Beberapa contoh css yang saya share merupakan contoh yang sederhana, sehingga kita bisa dengan mudah mengatur dan meletakkan css sesuka hati, namun untuk tingkat lanjut tentu kita tidak bisa menggunakan metode newbie seperti yang saya share beberapa waktu lalu, karena sulit untuk dicustomisazi atau di ubah-ubah. Berikut saya share beberapa tips untuk membuat advance CSS.
  • Draft Layout. Sebelum mulai membuat CSS, sangat disarankan untuk menggambar draft layout yang sangat membantu. Pembuatan draft ini bisa dikatakan pra produksi. Dengan pembuatan draft layout, kita bisa mengira-ngira berapa div, style dll yang harus dipersiapkan, sehingga dapat mengatur letak css juga.
draft css

  • Mengatur Penempatan Syntax CSS. Pengetikan letak syntax css juga perlu diatur. Karena ini sangat berguna untuk peninjauan ulang CSS. Pada umumnya letak CSS berurutan dari atas ke bawah. Yaitu untuk syntax teratas adalah syntax yang mengatur tentang header, tag html dsb, semakin ke bawah semakin menurun hingga akhirnya pengaturan footer.
  • Nama class dan id. Pemberian nama class dan id ini sangatlah penting dalam membuat CSS, jika membuat CSS sederhana kita, tidak perlu terlalu memikirkannya, namun untuk yang advance kita harus memikirkannya. Dengan penamaan class dan id yang ngawur, kita akan kesulitan jika suatu saat memerlukan penyuntingan untuk css tersebut, karena sudah lupa dan harus mengecek satu persatu. Misal untuk pengaturan footer jangan gunakan nama header.
  • Re-usable. Dengan penamaan class dan id yang benar CSS yang kita buat juga bisa digunakan untuk orang lain atau halaman web yang lain, sekali kerja dua tiga pulau terlampaui lah itungannya.
Berikut contoh css yang merupakan tugas dari mata kuliah web development yang rumit, sehingga sangat sulit dikerjakan tanpa menggunakan draft.
Kamis, 15 Desember 2011

Stop Motion Animation

Stop motion animation merupakan salah satu teknik dalam pembuatan animasi. Teknik ini terdiri dari dua kata yaitu stop yang berarti berhenti dan motion yang berarti gerakan / bergerak. Teknik ini menggunakan  prinsip frame to frame, seperti animasi 2 dimensi. Pengerjaannya sama dengan animasi pada umumnya yaitu mengatur frame per frame gambar. Yang membedakan adalah cara menghidupkannya / animatenya.

Animasi pada umumnya memiliki gerakan-gerakan yang lincah dan lebay seperti yang ada dalam 12 prinsip animasi, namun jika mengerjakan menggunakan stop motion gerakan tidak akan tampak lincah karena keterbatasan gerak objek

Pada umumnya animasi awalnya bukan video, melainkan kumpulan gambar yang berurutan sehingga akhirnya menjadi sebuah video. Begitu pun stop motion, juga terdiri dari kumpulan gambar yang berurutan. Namun kumpulan gambar yang didapatkan dalam stop motion tidak lah sehalus pengerjaan animasi dengan komputer. Karena pengambilan sebuah gambarnya memerlukan penggerakan objek secara manual. Dan objeknya bukanlah benda hidup.

Kalau saya pikir tekniknya sama dengan animasi 2 dimensi namun menggunakan objek 3 dimensi. Kita harus menggambar manual setiap gerakan, namun dengan objek 3 dimensi. Karena hasilnya tidak akan dapat sempurna seperti animasi 2D, sehingga membuat gambar pada animasi stop motion itu putus-putus.

Kebayang nggak kalau kita harus menggerakan objek sedikit demi sedikit sehingga diperoleh gambar yang halus seperti animasi 2D? Berapa lama pembuatannya?

Kelebihan Stop Motion Animation:
  • Siapapun dapat membuatnya
  • Tidak diperlukan peralatan yang 'wah'. Biasanya menggunakan malam / papercraft / clay
  • Kamera
  • Masih jarang digunakan
Kelemahan Stop Motion Animation:
  • Proses pengerjaan lama
  • Konsep harus matang
  • Diperlukan ketelitian dan ketelatenan yang tinggi
  • Keterbatasan gerak objek
Beberapa contoh animasi stop motion yang saat ini sedang disenangi oleh berbagai kalangan adalah Shaun the Sheep. Selain itu ini adalah animasi stop motion yang paling saya sukai 




Jumat, 09 Desember 2011

Open Source Adalah:

Seperti yang sudah saya tuliskan di judul, kali ini saya akan share pengetahuan saya tentang Open Source. Setelah cukup lama bergelut di bidang open source. Saya pilih judul tersebut lantaran banyak orang yang tidak mengetahui tentang sesuatu mengetikkan kata kunci seperti diatas. Ini bukan hanya lelucon, melainkan memang fakta yang ada di sekeliling kita, seperti yang saya lakukan sampai saat ini :D.

Pada dasarnya open source adalah sebuah SISTEM kerja yang terbuka. Sehingga memungkinkan siapa saja untuk ikut andil di dalamnya sebagai kontributor. Sistem ini digunakan oleh para pengembang software berbasis komunitas.  Seperti namanya, open source yang berarti sumber terbuka. Jadi project software yang berbasis pengembangan komunitas tersebut dengan sengaja membagikan source code software untuk diolah bersama dengan komunitas.

Sistem ini menurut saya cukup manusiawi, karena timbul dari keinginan untuk memberi tanpa mengharapkan apapun alias gratis, seperti yang kita temui, sebagian besar bahkan hampir semua software open source merupakan software yang GRATIS. Dari sistem tersebut, seseorang yang telah memperoleh manfaat akan terdorong untuk memberikan kontribusi (feedback) baik secara material maupun non material. Sehingga perkembangannya saling berkesinambungan. 

Open source identik dengan FREE! Memang benar, namun banyak orang mengsalah artikan kata FREE. Karena kata free memiliki banyak arti yang cukup membingungkan. Kebanyakan orang disekitar saya mengartikan FREE adalah GRATIS, hal tersebut tidaklah salah karena memang dalam kamus Inggris - Indonesia dan sebaliknya free adalah gratis. Selain itu kita juga harus mengetahui arti lain dari kata FREE, yaitu BEBAS.

Meskipun identik dengan Gratis, namun saya menangkap bahwa free yang dimaksudkan bukanlah kegratisan tersebut, namun kebebasan. Karena dengan adanya sistem open source ini, para pengembang bahkan pengguna bebas menggunakan project tersebut untuk apapun, bahkan untuk komersial pun juga dipersilahkan. RedHat Enterprise misalnya, meskipun open source namun ia berbayar.

Belakangan isu open source sedang naik daun. Sehingga tidak ada salahnya saya ikut berbagi tentang apa yang saya ketahui mengenai open source. Silakan tambahkan komentar untuk menambahkan atau mengurangi apa yang saya tuliskan :)

 Semoga bermanfaat!

CSS: Floating and Positioning

Mata kuliah web development kali ini membahas tentang properti FLOATING dan POSITIONING. Dimana kedua properti tersebut berguna untuk mengatur tata letak elemen-elemen html. Di sini saya akan share sedikit yang saya pahami dari masing-masing elemen tersebut.

Float, merupakan elemen yang berguna mengatur posisi elemen html secara horizontal yang berpatokan pada elemen-elemen yang membungkusnya, entah itu DIV, Table, Browser dan yang lain. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, elemen ini hanya dapat mengatur posisi secara horizontal, sehingga hanya memiliki empat buah nilai yang bisa dipakai yaitu: LEFT, RIGHT, NONE dan INHERIT. Untuk mengetahui kegunaan dari masing-masing nilai silakan langsung coba misal:
float: left; //atau yang lain
Cara kerja elemen ini adalah mengambangkan secara horizontal jika diartikan dalam bahasa Indonesia. Jika di sebelah kiri elemen float ada elemen float lainnya, secara otomatis elemen float yang kedua akan bergeser di samping elemen float pertama selama jendela browser masih cukup, jika jendela browser tidak mencukupi maka dengan terpaksa elemen float kedua akan bergeser di bawah elemen float pertama. Ini yang biasa digunakan untuk membuat menu :).

Positioning, mirip dengan float yang membedakan hanyalah penempatan elemen, jika dengan float kita hanya dapat membuat elemen html saling berdampingan, dengan positioning kita dapat membuat elemen html untuk saling tindih. Ada beberapa nilai yang dapat digunakan dalam properti positioning yaitu:
  • Static, menempatkan elemen html sesuai defaultnya, tidak ada yang 'nyeleneh'.
  • Fixed, menempatkan elemen html relatif dengan browser, tidak akan ikut bergeser ketika kita lakukan scroling pada browser. Elemen dengan position fixed akan mengubah default html. Elemen ini dapat menindih elemen yang lain. Sebagai catatan, untuk browser IE7 dan IE8 tidak mendukung elemen ini jika tidak dideklarasikan !DOCTYPE.
  • Relative, menempatkan elemen html pada posisi normal. Elemen position dengan nilai relative dapat berpindah dan menindih elemen yang lain. 
  • Absolute, menempatkan elemen secara relatif terhadap elemen induk / bungkus utama kecuali elemen dengan position static.
Overlapping, menempatkan elemen html seperti layaknya layer. Overlapping sendiri bukan termasuk nilai dari properti Positioning, namun berguna untuk mengatur dimana kita meletakkan sebuah elemen entah itu di depan, di belakang. Untuk menggunakannya setelah positioning gunakan syntax
z-index:-1
Nilai pada properti ini dapat berupa positif maupun negatif

Berikut ada beberapa percobaan yang sudah saya lakukan terkait floating dan positioning. Mungkin dapat dipelajari.

Download Percobaan Floating dan Positioning

Sedangkan untuk file tugas yang dapat di download pada link diatas, nantinya akan tampak seperti ini




Setelah memahami beberapa percobaan tentang CSS, kita dapat mencoba membuat template-template website maupun blog. Ini ada salah satu contoh kasus dimana saya mendapat tugas untuk mencoba membuat layout seperti yang ada pada halaman ini. Berikut hasil percobaan saya dalam mengotak-atik template yang saya mulai dari nol sehingga mirip dengan contoh tersebut

Kasus Pembuatan Template 1


Jika kurang jelas langsung saja kunjungi sini. Karena penggunaan iframe yang berpengaruh pada tampilan. sehingga agak geje tampilan yang muncul. Sangat disarankan menggunakan browser chrome untuk hasil yang maksimal :D
Kamis, 08 Desember 2011

Aplikasi True Love Calculator dengan Java

Belakangan banyak sekali aplikasi-aplikasi unik yang tersebar di internet, dari kebanyakan aplikasi unik tersebut menurut saya pribadi tidak banyak yang dapat dipercaya keakuratannya, salah satunya adalah aplikasi yang mengukur tentang cinta. Minggu lalu, saya mendapatkan tugas praktikum visual programming untuk membuat aplikasi True Love Calculator berbasis java.

Kali ini saya akan share bagaimana membuat aplikasi unik pengukur kecocokan cinta menggunakan True Love Calculator. Saya menggunakan Eclipse untuk membuat aplikasi tersebut.

Pertama, buatlah interface / GUI dari aplikasi True Love Calculator, tidak perlu berpatokan seperti apa bentuk interfacenya, sebagai contoh gambar di bawah ini yang memiliki spesifikasi
  • Nama anda (JLabel)
  • Nama Pasangan Anda (JLabel)
  • Input text pertama (TextField)
  • Input text kedua (TextField)
  • Tombol Hitung (Button)
contoh GUI

Kedua, pastikan untuk variabel dari input text dan tombol sama persis dengan yang ada di bawah ini. Jika berbeda, kita perlu mengubah coding yang akan saya share di bawah.
  • Input text pertama = txtNama
  • Input text kedua = txtPasangan
  • Tombol hitung = btnHitung

tetapkan variabel
Ketiga, klik kanan pada tombol hitung lalu Add Event Handler > Action > ActionPerformed dan kemudian sisipkan script di bawah ini pada Action Performed

script di action performed
Keempat, coba jalankan aplikasi tersebut lalu isikan nama kamu dan yang kedua isikan dengan nama pasangan kamu. Setelah itu tekan hitung untuk mengetahui berapa persenkah kecocokanmu dengan pasangan. Ingat, ini hanyalah aplikasi main-main yang just for fun! Hancurnya sebuah hubungan seseorang karena manggunakan alat ini saya tidak bisa menanggungnya, karena seperti yang saya ucapkan sebelumnya ini hanyalah JUST FOR FUN!

Aplikasi True Love Calculator ketika dijalankan

Bagi yang penasaran silakan langsung download saja beserta sourcenya di Download True Love Calculator + Source. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk pelajari sourcenya agar dapat digunakan kelak :)
Rabu, 07 Desember 2011

Dual Boot Operasi Sistem FAQ

most dual boot
Linux sekarang sudah semakin merajalela, sehingga bagi sebagian orang ingin memiliki linux di komputernya selain menggunakan windows maupun mac. Oleh karena itu Linux menawarkan "something different" yaitu dual boot, yang memungkinkan user untuk memiliki dua sistem operasi dalam sebuah hardisk.

Menurut saya dual boot adalah sebuah menu saat booting yang mengharuskan kita memilih salah satu sistem operasi yang sudah terinstall dalam hardisk komputer. Sehingga kita bisa menyesuaikan sistem operasi yang akan kita gunakan untuk mengerjakan something.

Teman-teman banyak bertanya tentang dual boot, di sini saya akan membuat FAQ (Frequently Ask Question) dari pertanyaan teman-teman.

Q: Apakah dual boot membuat komputer jadi lemot?
A: TIDAK! Menurut saya, dual boot tidak berpengaruh banyak pada kinerja komputer. Karena pada dasarnya dual boot hanyalah mengambil space hardisk untuk instalasi sistem operasi. Ketika kita menjalankan salah satu sistem operasi, sistem operasi lainnya tidak berjalan. Dan hanya dianggap sebuah data biasa oleh sistem operasi yang sedang berjalan. Contoh: Ada sebuah komputer dengan 2 sistem operasi, yaitu Ubuntu dan Windows. Ketika kita menjalankan Ubuntu, sistem operasi windows hanya akan dibaca sebagai data biasa bukan sebagai sistem operasi yang juga berjalan, namun ketika kita menjalankan windows, maka sistem operasi Ubuntu tidak akan terbaca oleh windows, karena windows tidak dapat membaca partisi hardisk ubuntu yang menggunakan EXT2 / EXT3 atau EXT 4.

Q: Apakah data-data yang ada pada Windows hilang?
A: TIDAK! Selama saat instalasi, kita tidak melakukan format pada hardisk yang digunakan untuk melakukan instalasi. Saat melakukan instalasi sebaiknya kita mengurangi hardisk yang memiliki free space paling banyak, dan pengurangan tersebut tidak memerlukan formating hardisk, namun untuk membuat partisi baru dan melakukan instalasi pada partisi memerlukan formating hardisk.

Q: Apakah membuat hardisk cepat rusak?
A: TIDAK! Menurut saya, tidak ada hubungannya hardisk rusak dengan dual boot, karena dual boot hanyalah membagi hardisk layaknya partisi dan mengisinya dengan data. Jika memang dapat meningkatkan kemungkinan hardisk rusak tolong jelaskan pada saya. Karena menurut opini saya tidak membuat hardisk rusak, berbeda lagi jika sering melakukan instalasi OS.

Ketiga pertanyaan tersebut yang sering sekali ditanyakan oleh teman saya yang ingin melakukan dual boot. Daripada mengulang berkali-kali masalah tersebut, sebaiknya saya share di sini agar dapat bermanfaat untuk orang lain.

Saya sendiri sudah sekitar 1 tahun ini menggunakan dual boot pada laptop Lenovo saya. Saya menggunakan dua operasi sistem yaitu Ubuntu 11.10 dan Linux Mint 9 Isadora. Dan menurut saya tidak berpengaruh pada kinerja laptop saya.

Semoga sedikit share saya ini bermanfaat untuk mengatasi kebingungan teman-teman tentang resiko yang telah menjadi dogma :). Mari berbagi
Selasa, 06 Desember 2011