Slider

[4] [Jalan-jalan] [slider-top-big] [Jalan-Jalan]
You are here: Home / 3 Tips Mulai Belajar Blender

3 Tips Mulai Belajar Blender

| No comment
Sudah tidak asing lagi bukan dengan Blender yang merupakan mesin jus digital? Seperti yang sudah saya posting beberapa waktu lalu tentang kelebihan blender, tutorial dasar blender dan masih banyak lagi tentang Blender di kategori Blender. Kali ini saya akan share lagi sedikit dari pengalaman yang juga berpengaruh terhadap efektivitas bermain dengan Blender.

Asumsikan anda baru pertama kali membuka Blender seumur hidup atau baru membuka Blender terbaru di komputer yang belum pernah ada Blender. Ya seperti itulah Blender secara default yang belum tentu cocok dengan semua orang. Hal itu akan membuat kita lebih banyak melakukan kesalahan ketika bermain dengan Blender. Berikut beberapa masalah yang sering saya alami dan cara mengatasinya ketika baru pertama kali membuka Blender di komputer yang belum pernah saya gunakan.

Masalah 1: SELECTION WITH MOUSE! 
Berdasarkan pengalaman, banyak orang belajar Blender bingung dengan penggunaan mouse, karena memang kurang lazim di sekitar kita. Kita yang terbiasa melakukan seleksi apapun dengan klik kiri, sekarang harus melakukan seleksi objek dsb di jendela Blender dengan klik kanan

Solusi: Buka File > User Preferences > Input > pada bagian Select With kita bisa memilih menggunakan klik kiri atau klik kanan untuk melakukan seleksi. Secara default, Blender menggunakan klik kanan untuk melakukan seleksi. Dulu saya sempat kesulitan dengan ini :)

Select with

Masalah 2: ROTATING VIEWPORT!
Blender menyediakan bidang kerja 3Dimensi, dimana kta bisa memutar objek sesuka hati. Dengan memanfaatkan klik scroll button pada mouse yang kemdian diikuti geseran mouse akan memutar objek sesuai dengan arah mouse. Hal ini terkadang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Putaran objek ke segala arah dan kurang saya sukai.

Solusi: Buka File > User Preferences > Input > pada bagian Orbit Style saya lebih suka menggunakan turntable. Karena rotasi putarnya turntable berdasarkan meja, bisa secara horizontal maupun vertical, sedangkan trackball bagaikan bola yang bisa ke segala arah. Hal ini membingungkan buat saya :D.

orbit style
Masalah 3: SHORTCUT 3D VIEW!
Saya lebih banyak menggunakan laptop ketika bermain-main dengan Blender, sesekali menggunakan Mac di kampus, tapi apesnya selalu dapat PC dengan keyboard tanpa numpad. Alhasil karena sering menggunakan laptop tanpa numpad, terbiasa menggunakan numeric diatas untuk pindah posisi tampilan di Blender. Sehingga tatkala baru buka Blender untuk pertama kalinya dan ketika ingin mengubah sudut pandang di 3D view malah pindah layer.

Solusi: Buka File > User Preferences  > Input > Centang Emulate Numpad. Hal ini sangat berguna bagi pengguna keyboard tanpa numpad. Sehingga kegunaan numpad akan berpindah ke numeric button yang ada diatas keyboard huruf. Sehingga shorctcut untuk layering akan tersisihkan :D
emulate numpad

Menurut saya tiga masalah diatas merupakan yang paling sering saya alami :D. Saran saya, ketika membuka Blender untuk pertama kalinya, kita nggak perlu ngotak atik di bagian 3D viewnya terlebih dahulu. Lebih baik langsung buka user preferences yang banyak pilihan untuk customisasi bagi user, setelah itu save as default. Sehingga tiap kita buka Blender tidak perlu membuka user preferences dan mengaturnya, karena cukup menyita waktu meski sebentar :D
Share This Post :