Slider

[4] [Jalan-jalan] [slider-top-big] [Jalan-Jalan]
You are here: Home / Blender Tutorial Animasi Banyak Kamera dengan Path / Curve

Blender Tutorial Animasi Banyak Kamera dengan Path / Curve

| No comment
Beberapa waktu lalu saya sempat bermain-main dengan kamera di Blender. Ada sebuah problem dimana saat itu saya ingin menganimasikan 3 buah kamera yang masing-masing kamera mengikuti curve sendiri-sendiri. Karena memang tiap kamera direndera dan dijadikan satu untuk kemudian digunakan untuk cut to cut scene :D. Kesulitannya adalah bagaimana mengatur pergerakan ketiga kamera tersebut, karena ketiganya tidak mulai bergerak dari frame pertama. 

Daripada bingung membayangkan, berikut ilustrasi sederhana apa yang saya maksudkan.
  • Saya punya kamera_01 yang mengikuti kurva_01. Saya ingin membuat kamera_01 mengelilingi kurva_01 dalam waktu 100 frame yang dimulai pada frame 1.
  • Saya punya kamera_02 yang mengikuti kurva_02. Saya ingin membuat kamera_02 bergerak dari ujung pertama menuju ujung kedua kurva_02 dalam waktu 20 frame dan dimulai pada frame 20
  • Saya punya kamera_03 yang mengikuti kurva_03. Saya ingin membuat kamera_03 bergerak dari ujung pertama menuju ujung kedua kurva_03 dalam waktu 15 frame dan dimulai pada frame 75

Setelah mencoba-coba dan bertanya kemana saja, akhirnya saya menemukan sebuah solusi yang benar-benar tepat dan sesuai yang saya inginkan. Karena banyak sekali solusi yang ditawarkan seperti penggunaan offset dan lainnya, namun untuk model animasi seperti yang saya inginkan jangan gunakan itu! Karena akan rancu dengan peletakkan kamera terhadap path. berikut cara yang paling sesuai
  • Tambahkan Constraint Follow Path pada masing-masing kamera dan atur posisi kamera agar sesuai dengan kurva yang sudah dibuat. Seperti halnya kasus saya. Saya constraint kamera_01 terhadap curve_01.
  • Seleksi kurvanya > Object Data > Path Animation
  • Pada bagian frames, berguna untuk mengatur berapa lama yang dibutuhkan untuk melalui awal kurva sampai dengan akhir kurva. Jika kita atur 100, maka waktu yang ditempuh kamera dari ujung satu ke ujung lainnya menghabiskan waktu 100 frame.
  • Evaluation time adalah simulasi dimana posisi kamera ketika berada di time yang kita atur, misal kita sudah atur Frames 100 dan kemudian kita coba atur Evaluation Time menjadi 50. Kamera akan berada ditengah tengah kurva. Yaitu frame 50.
  • Dari contoh kasus diatas, saya ingin menggerakkan kamera_02 pada kurva_02 yang dimulai pada frame 20 dengan waktu 20 frame. Maka atur Frames menjadi 20 agar jarak tempuh ujung ke ujung frame menjadi 20.
  • Sekarang kita menjuku ke frame 20. Pada frame 20 kita akan mendapati Evaluation time tetap tidak berubah, yaitu dengan nilai 0.00. Oleh karena itu langsung tekan I ketika mouse berada di atasnya. Sehingga akan merubah warnanya.
  • Kemudian kita menuju frame 40 untuk kemudian atur Evaluation time menjadi 20. Karena panjangya frames untuk kurva tersebut hanyalah 20. Insert keyframe lagi pada Evaluation Time sehingga warnanya berubah.
Berikut timelapse dari tutorial diatas

Cobalah menganimasikannya. Terima kasih untuk Richard yang sudah membantu saya. Oh iya kalau mau mempelajari filenya bisa di download di sini
Share This Post :