background img

Artikel Terbaru

Desain Web Software Sederhana

UAS sudah berakhir sekitar satu minggu yang lalu. Entah kenapa banyak teman-teman yang mengeluh atas tugas web development. Padahal saya pikir tidak ada sebuah kegiatan yang wajib diikuti oleh teman-teman di kampus. Karena bisa dibilang ini liburan pendek selama satu minggu. Sebenarnya apa yang mereka kerjakan selama liburan ini. Saya juga nggak tahu.

Berikut tugas web development yang juga bisa dibilang sebuah portofolio baru buat saya. Yaitu sebuah desain web tentang software minimalis yang memanfaatkan HTML, CSS, Javascript dan JQuery. Tidak menggunakan gambar sama sekali. Hanya bermain dengan warna dan di CSS.

Konsep web desain saya sudah pernah saya share di sini dan di sini. Ketika mengerjakan akhirnya saya memutuskan banyak hal yang harus dirubah dari konsep awal. Berikut beberapa hal yang saya rubah dari konsep awal yang sudah pernah saya share beserta beberapa alasannya
  • JQuery Menu, tidak jadi saya gunakan karena masih terlalu rumit jika memadukannya dengan desain yang sudah saya buat. Mungkin karena manajemen produksi web saya memang masih kurang. Dan nggak semua yang tersedia di internet itu siap untuk digunakan. Kita perlu melakukan penyuntingan sendiri terhadap variabel dan segala macam element-elemen html. Selain itu juga saya belum menemukan menu JQuery yang saya maksud, ada pun ternyata linknya sudah mati :D.
  • Floating Menu, awalnya saya ingin membuat sidebar menu dengan format floating. Dimana ketika kita melakukan scrolling maka menu akan secara otomatis mengikuti. Namun setelah saya buat ternyata web dan isinya tidak terlalu panjang, jadi saya tidak gunakan hal tersebut. Karena saya pikir akan tampak useless.
  • Bagian header saya tidak menggunakan gambar sebagaimana kebanyakan website, karena saya bingung mau ambil gambar apa. Awalnya saya gunakan header yang ada di blog saya panduaji.com. Namun saya pikir kurang cocok, akhirnya saya letakkan kotak search di bagian header.
Mungkin ada beberapa alasan yang akhirnya memaksa saya untuk membuat desain seperti itu.
  • Waktu, sudah dua minggu ini sejak awal UAS dimulai sampai teman-teman kini liburan, saya tetap masuk kekampus dan nglembur tugas lain yang insyaAllah akan dilaunching pada tanggal 18 Januari besok di Hall D4 kampus PENS.
  • No Image, jika dilihat dengan seksama web yang saya rancang tersebut tidak menggunakan satu gambar pun untuk layout. Gambar yang saya gunakan hanyalah icon software blender yang dingunakan pada artikel. Jadi lebih ringan untuk membukanya :D. Ukuran file zip yang saya unggah untuk menampilkan web tersebut hanya 55Kb :D.
  • Artikel terbatas, hal ini juga disebabkan oleh kelelahan karena banyak yang harus dikerjakan + dipelajari dimana kurangnya manajemen waktu yang saya miliki. Sehari sekitar 15 - 18 jam saya habiskan menghadap monitor selama 2 minggu ini.
Dari banyak kekurangan saya ini, semoga teman-teman dapat mempelajarinya sehingga bisa membuat desain website yang lebih bagus dari yang saya buat ini.

Full Page

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar dengan baik, jangan menggunakan nama sebagai keyword backlink. Saya anggap itu sebagai SPAM. Apabila dalam komentar mengandung link yang tidak berhubungan dengan tulisan, akan saya hapus