panduaji

Kategori: Uncategorized

Driver Modem Huawei Linux (Ubuntu)

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Modem Huawei mobile partner kebanyakan langsung bisa digunakan di Linux (Ubuntu 11.10) meski tanpa driver, namun kita tidak dapat mengakses fitur sms dan call. Kita hanya bisa menggunakan sebatas yang disediakan oleh network manager bawaan Ubuntu.

Kalau pakai Mifi Smartfren M6 untuk Internetan, nggak perlu susah kaya gini lagi sih. Nggak peduli apa sistem operasi yang kamu gunakan saat ini.

Saat ini saya menggunakan modem smartfren yang lumayan cepet karena masih masa free 2 bulan :D. Oleh karena itu saya memerlukan sms masuk untuk mengetahui kapan waktunya isi ulang dsb, berbeda dengan pemakaian telkomsel flash sebelumnya yang sudah pasti membayar tiap bulan.

Untuk bisa mengakses fitur sms, dan yang lain kita perlu download driver huawei mobile partner, driver ini berlaku secara general baik untuk CDMA maupun modem GSM. Saya sendiri sudah mencoba untuk CDMA, untuk yang GSM review dari beberapa forum online. Oleh karena itu silakan download drivernya terlebih dahulu
Setelah mengunduh driver tersebut, ikuti langkah berikut untuk melakukan instalasi
  • Extract file hasil download
  • Buka folder hasil extract > Klik kanan pada install > buka tab Permissions > Allow executing file as program > close
  • Buka terminal dan ketikkan
    sudo nautilus

    masukkan password

  • Buka folder driver tersebut
  • Klik 2 kali pada file install > pilih run in terminal
  • Saat ada menu please input the absolute path for install tekan enter untuk melakukan instalasi pada default folder
Driver Modem Huawei Linux (Ubuntu) 1
installation
  • Tunggu hingga proses instalasi selesai
  • Kita sudah bisa menggunakan mobile partner
Driver Modem Huawei Linux (Ubuntu) 2
connect with mobile partner
Ada beberapa kelemahan dari pemasangan mobile partner ini
  1. Secara default akan menjadi driver modem, sehingga network manager tidak akan mendeteksi modem lagi, karena jatahnya sudah diambil oleh driver tersebut, sehingga kita harus menjalankan aplikasi mobile partner untuk menggunakan modem.
  2. Tampilan tidak bisa menyatu dengan tema Ubuntu, sehingga ketika dilihat ada yang aneh gitu 😀
  3. Beberapa fitur kurang sempurna, entah itu fontnya terkadang morat-marit di menu tool option atau kadang tulisannya menghilang dan kadang muncul.
Baru itu saja kelemahan yang paling saya rasakan, untuk kelebihan yang saya rasakan:
  1. Bisa menggunakan berbagai macam fitur modem seperti yang ada di Windows, seperti sms
  2. Bisa mengetahui jaringan yang sedang digunakan. Untuk CDMA ada EVDO, atau yang lain, meski untuk beberapa distribusi Ubuntu seperti Ubuntu Sabily sudah ada indikator jaringan, namun untuk ubuntu yang saya gunakan belum ada.
Sepertinya baru itu saja, nanti jika ada yang lain akan saya update lagi tulisan ini, mungkin teman-teman mau menambahkan pengalamannya menggunakan GUI mobile partner? Monggo di share di sini. Semoga tulisan yang sedikit ini bisa bermanfaat 😀
Shopee Lovember

6 thoughts on “Driver Modem Huawei Linux (Ubuntu)”

  1. maaf, tulisan saya belum saya edit. modem tersebut hanya dapat menerima sms dan mengirim. Untuk nelpon blm ada fiturnya. 

    Reply
  2. gan kok pas install kya ada pesan can't create gitu tapi foldernya folder java , itu gimana cara ngatasinnya gan ?

    Reply
    • sudah pakai sudo gan nginstallnya? can't create folder biasanya karena bukan rootnya. Tapi saran saya sih mending gak usah pakai driver ini. langsung pakai network manager saja.

      Reply

Leave a Comment