panduaji

Kategori: Uncategorized

Membuat Read More di Blogspot dan Wordpress

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Pernah buka blog kan? Kalau baca tulisan ini tentunya sedang membuka panduaji.net, itulah blog yang saya gunakan untuk sharing tentang apa yang sudah saya pelajari. Sudah beberapa tahun terakhir ini saya suka dengan yang namanya ngeblog, bahkan terkadang juga blog walking ke blog-blog teman-teman. Banyak hal yang kurang saya sukai ketika mengunjungi blog teman seperti load pagenya lama, warnanya kacau, banyaknya gambar, tulisannya di homepage panjang banget. Perlu scrolling page yang ‘agak lama’ untuk mencapai tulisan selanjutnya.
Kali ini saya mau share sedikit tentang salah satu solusi untuk menghindari scrolling page pada homepage menggunakan fasilitas jumpย break, sehingga pada homepage kita hanya membaca ringkasan atau summaryย dari artikel tersebut. Fasilitas ini biasanya juga dikenal dengan read more. Banyak sekali cara untuk memasang read more di blog, mulai dari yang otomatis hingga yang manual.

Saya pernah menggunakan cara yang otomatis, cara tersebut berjalan dengan baik, bahkan pada homepage ditampilkan thumbnail gambar teratas yang ada dalam artikel, jika tertarik silakan googling dengan kata kunci “automatic readmore with thumbnail“. Saat ini saya tidak menggunakan hal tersebut lagi. Karena berpengaruh pada load page halaman.
Ada juga yang menuliskan secara manual untuk mendapatkan readmore, saat ini saya lebih suka menggunakan readmore secara manual, hal ini akan mempercepat load page sebuah halaman blog daripada mereka yang menggunakan script automatic read more. Karena automatic readmore menggunakan script, sehingga membutuhkan waktu ‘lebih’ untuk me-loadnya.
Berikut cara menggunakan readmore di platform blogger/blogspot dan wordpress yang sudah disediakan
  • Untuk bloger / blogspot gunakan insertย jump break
Membuat Read More di Blogspot dan Wordpress 1
Blogger
  • Untuk wordpress gunakan insert more tag (Alt + Shift +T)
Membuat Read More di Blogspot dan Wordpress 2
Wordpress
Menurut saya, ada beberapa keuntungan yang saya peroleh dari penggunaan read more secara manual tersebut
  • Load page lebih cepat dibandingkan sebelumnya, karena tidak perlu memanggil script dari luar untuk mengkonvert artikel menjadi summary
  • Bisa meletakkan sesuka hati, tiap artikel panjangnya tidaklah sama, dengan readmore manual kita bisa meletakkan read more sesuka kita.
  • Link yang berada pada awal halaman / summary dapat berfungsi, berbeda saat kita menggunakan automatic read more, link tersebut mati dan baru dapat dikenali sebagai link ketika kita masuk dalam artikel tersebut
Mungkin untuk saat ini itu yang saya rasakan, jika ada saran silakan tinggalkan komentar, terima kasih ๐Ÿ˜€
Shopee Lovember

13 thoughts on “Membuat Read More di Blogspot dan Wordpress”

  1. daftar di ย addthis.com saja mas, disana bisa dapat banyak social share ๐Ÿ™‚

    Kalau mau masang sendiri agak ribet sih, buka aja di facebook social share untuk scriptnya.

    Reply
  2. gimana kalau buat read more dihalaman (page) . mas apa beda post (tulisan) dan halaman (page). jika buat read more di post itu sudah otomatis mengkuti themanya. gimana dengan di halamanya

    Reply
  3. saya kurang faham dengan readmore di halaman yang anda maksudkan.

    Karena pada dasarnya readmore ini ada di halaman. Jadi dalam satu halaman terdiri dari beberapa postingan. Postingan yang ada di halaman tersebut tidak ditampilkan semuanya, hanya sebagian yang ditampilkan. Jika ingin melihat keseluruhan postingan tinggal klik readmore atau dengan membuka link yang ada pada judul.

    Reply

Leave a Comment