background img

Artikel Terbaru

Video Tutorial Animasi Action dengan Link di Blender

Video tutorial animasi action dengan link di Blender ini adalah sebuah video tutorial pertama yang menggunakan voice over. Sebelumnya saya sempat membuat video tutorial secara timelapse tanpa suara. Belakangan saya banyak mendapat email yang minta link video tutorial berbahasa indonesia. Ketika saya beri link untuk mencoba video tutorial sangguru.com mereka banyak yang mengeluh lantaran sudah tidak relevan dengan software Blender yang mereka gunakan saat ini. Kalau menurut saya sih video dari sang guru tersebut tetap relevan jika yang dipelajari adalah konsepnya.
project ayam
project ayam
Meski banyak yang berubah dari Blender 2.4 ke 2.6, namun sejatinya Blender tetaplah software 3D. Sistem kerjanya juga masih banyak yang sama, mungkin penamaan dan letak fitur-fiturnya saja yang berubah. Oleh karena itu saya coba untuk membuat video tutorial berbahasa indonesia. Namun kendalanya adalah koneksi internet saya yang kurang memadai untuk upload video tersebut :D.

Video tutorial pertama ini sebenarnya saya tujukan kepada teman-teman MMBAnimation Community yang saat ini mengerjakan animasi project ayam dengan sistem remote, mereka tersebar di beberapa tempat di Jawa Timur.

Video ini merupakan tutorial bagaimana menggunakan pose library yang sudah dibuat untuk digunakan secara massal dengan memanfaatkan fitur link di Blender. Dengan begitu, seluruh karakter dimanapun mereka berada memiliki style yang sama meski dikerjakan oleh beberapa orang. Selain itu juga memanfaatkan NLA Editor sebagai penyambung antara animasi yang dipanggil oleh action dan yang langsung digerakkan pada scene. Selamat menikmati video tutorial di bawah ini


Ditunggu feedbacknya untuk membuat video tutorial yang lebih berkualitas.

2 komentar: Leave Your Comments

  1. Dody Animation11 Agustus 2012 10.24

    halo mas... saya mengikuti beberapa tutorial blendernya. untuk video tutorial blender yang pakai narasi ini suaranya masih belum jelas, mungkin masih malu-malu dengan suaranya he he. sukses terus untuk ilmunya (dodyAnimation.com)

    BalasHapus
  2. Halo juga mas, terima kasih untuk feedbacknya. Ini memang video tutorial pertama saya yang menggunakan narasi. Kemarin waktu editing volume di laptop saya set full, mungkin itu juga berpengaruh, sehingga ditelinga saya saat itu sudah jelas tapi nggak tau kalau di tempat lain.


    Sekali lagi terima kasih atas koreksinya, kedepannya saya perbaiki lagi agar lebih jelas.

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan baik, jangan menggunakan nama sebagai keyword backlink. Saya anggap itu sebagai SPAM. Apabila dalam komentar mengandung link yang tidak berhubungan dengan tulisan, akan saya hapus