Install Offline Aplikasi Ubuntu

Minggu, September 02, 2012

Selama ini untuk melakukan instalasi software Ubuntu kita memerlukan koneksi internet untuk langsung mendownload dari repository yang tersedia. Menurut saya ini merupakan salah satu faktor yang membuat seseorang malas untuk migrasi ke Ubuntu / Linux lantaran tidak adanya koneksi internet yang memadai untuk instalasi softwarenya.

DVD repository merupakan salah satu solusi yang cukup mumpuni untuk melakukan instalasi offline software Ubuntu. Namun menurut saya, dengan DVD repository berarti kita memiliki backup repository resmi Ubuntu dan itu useless, karena tidak mungkin semua software yang ada di repository kita install pada sistem operasi kita, paling kita hanya install software yang kita butuhkan saja.



Beberapa waktu lalu saya lihat seorang teman saya Ade sedang asik mendownload banyak sekali file dengan format *.deb. Dia berniat untuk melakukan instalasi software secara offline, meski saat itu ada koneksi internet di kampus yang mengharuskan user untuk melakukan konfigurasi proxy pada system sehingga pc bisa mendowload secara otomatis dari repository diluar kampus. Saya sendiri tidak tahu kenapa Ade lebih suka mendownload di repository Kambing, padahal kampus juga memiliki repository Kebo yang bisa diakses lokal dengan kecepatan yang lumayan kalau lagi sepi.

Ubuntu  menggunakan sistem shared library, sehingga ketika kita sudah install sebuah software beserta librarynya dan ternyata library tersebut diperlukan oleh software lain kita tidak perlu mendownload lagi library tersebut. Jadi seperti jargon SCTV, satu untuk semua. Satu library digunakan untuk semua software yang membutuhkannya. Berbeda dengan windows yang membutuhkan library sendiri untuk masing-masing software meskipun terkadang library tersebut sudah dimiliki oleh software lain yang terinstall. Ini juga yang membuat ukuran software open source relatif lebih kecil dibandingkan propietary.

Ade memberitahu saya sebuah website yang bisa kita gunakan untuk mendownload software beserta dependensi yang diperlukan untuk software tersebut. Jadi dengan mengetikkan nama software dan memilih repositorynya kita akan dengan mudah menemukan download link untuk software beserta dependensi yang dibutuhkan. Dengan begitu kita tinggal save link semua yang muncul di dalamnya.

Website tersebut bernama Apt-Web yang beralamat di http://apt-web.dahsy.at. Sebuah website lokal sederhana, sepertinya telah dibuat oleh Fajran Imam. Web tersebut menyediakan fasilitas search link software beserta dependensi yang dibutuhkannya. Selain itu kita bisa memilih mendownload dari mirror yang tersedia di Indonesia. Berikut tampilan awal websitenya.
apt-web interface
apt-web interface
Kita cukup mengetikkan software / package yang ingin kita download dan install secara offline.  Jangan lupa untuk memilih distribusi ubuntu / versi ubuntu yang kita gunakan. Sayangnya untuk distribusi yang didukung baru sampai versi 11.04 padahal saat ini yang terbaru 12.04. Pilih juga mirror terdekat dan tercepat dari tempat anda berada. Setelah submit akan muncul link-link file deb yang diperlukan untuk melakukan instalasi software tersebut seperti gambar di bawah ini
dependensi list
dependensi list
Selain itu juga tersedia adds on google chrome untuk fasitlitas apt-web ini. Tinggal buka chrome storenya kemudian kita bisa pasang di chrome yang kita gunakan untuk mendapatkan link download software dan dependensi dari repository lokal.
apt web adds on
apt web adds on
Semoga bisa membantu teman-teman yang kesulitan untuk melakukan instalasi software secara offline.

You Might Also Like

2 comments

  1. Lagi nyari yang buat 12.04 nih.. di web itu cuma mentok di 11.04.

    BalasHapus
  2. Iya pak, belum update sampai ke 12.04. Semoga bisa segera diupdate untuk versi 12.04


    Mungkin bisa coba untuk install versi 11.04 yang insyaAllah bisa lakukan pada versi 12.04

    BalasHapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe