panduaji

Kategori: Uncategorized

Teknik Modeling 3D

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Teknik modeling 3 dimensi secara umum dibedakan menjadi 3 macam. Yaitu

  • Constructive Solid Geometry (Primitive Modeling)
  • Implicit Surfaces (Nurbs Modeling)
  • Subdivision Surface (Sculpting?)

Saya sendiri masih bingung dengan low polly modeling dan high polly modeling, jika kedua metode modeling tersebut tidak termasuk dalam teknik pemodelan 3D lalu masuk dalam apa? Jenis model kah? atau yang lain? Semoga ada yang bisa membantu menjawab.

Kembali lagi ke topik utama, saya akan coba menjelaskan 3 macam teknik pemodelan 3D

  • Constructive Solid Geometry sering disebut dengan primitive modeling, merupakan salah satu teknik dasar teknik pemodelan 3D. Modeling dibuat dari objek primitive yang sudah ada seperti kubus, bola, silinder, dsb.
  • Implicit Surfaces atau yang sering disebut dengan NURBS Modeling yang merupakan teknik pemodelan yang menggunakan perhitungan matematika. Biasanya menggunakan curve
  • Subdivision Surface merupakan teknik yang pertama dikenalkan oleh Ed Catmull dan Clark dari Pixar pada tahun 1978. Awalnya teknik ini hanya digunakan untuk merepresentasikan bidang yang halus, namun belakangan dimanfaatkan bersamaan dengan teknik yang bernama sculpting (pahat), sehingga memungkinkan seseorang memahat objek 3D dalam bentuk digital.

Sampai saat ini saya bingung, karena teknik modeling yang ada di wikipedia hampir sama dengan proses modeling. Jumlahnya sama-sama 3. Saya sendiri kurang tahu apa yang membedakannya karena penjelasannya pun mirip. Berikut penjelasan tentang 3 cara merepresentasikan model.

  • Polygonal Modeling, merupakan modeling yang terdiri dari vertices(vertex/titik), yang jika disambungkan akan membentuk sebuah edge(garis), sehingga jika disambungkan dengan edge lain dapat membentuk sebuah face (bidang). Bidang yang dibentuk oleh vertex, edges maupun face ini salah satunya adalah primitive objek yang juga termasuk dalam teknik pemodelan. Nah lho?
    polygon modeling ~ wikipedia
  • Curve Modeling merupakan modeling yang memanfaatkan curve untuk membentuk sebuah bidang. Tidak ada yang namanya vertex dalam curve, namun dapat membuat sebuah bidang dengan perhitungan matematika sama seperti implicit surfaces / NURBS
curve modeling
curve modeling ~ blenderunderground
  • Sedangkan digital sculpting merupakan modeling yang terbentuk dari hasil pahatan sebuah model yang memiliki tingkat kehalusan bidang tinggi sehingga dapat digunakan untuk membuat detail pada model. Detail yang tinggi tersebut pun terdiri dari vertex, edge, dan face dalam jumlah besar. Sehingga bisa dikategorikan dalam polygonal modeling. Yang membedakan adalah proses pembuatan modelnya yang dipahat menggunakan alat digital.

dadat sculpting
dadat sculpting by budip

Saya sendiri sedikit bingung dengan materi tesebut. Mungkin ada teman-teman yang dapat membantu menjelaskan tentang modeling, sehingga penafsiran saya tidak salah dan bisa valid untuk referensi tugas akhir maupun skripsi :D. Ditunggu koreksinya. hehehe

Sumbernya dari wikipedia

Shopee Lovember

8 thoughts on “Teknik Modeling 3D”

  1. Subdivision surface itu cuma metode _representasi_ untuk model yang sudah jadi. Proses pemodelan bisa menggunakan representasi ini untuk mengendalikan bentuk akhir ("modifier SubSurf diaktifkan untuk 3D View") tapi tekniknya tetap poligonal standar. Penjelasan ringkas dari Ed Catmull & James Clark tentang algoritma subdivision surface, nama teknisnya recursive patch subdivision, ada di sini: http://www.cs.berkeley.edu/~sequin/CS284/PAPERS/CatmullClark_SDSurf.pdf. Penjelasan lebih detail ada di disertasi Catmull: http://www.pixartouchbook.com/storage/catmull_thesis.pdf.

    Kalau digital sculpting itu bervariasi, ada yang cuma perangkat _manipulasi_ poligon, nggak menciptakan face baru, seperti fitur Sculpt di Blender. Ada juga yang menciptakan face2 baru jika diperlukan seperti DynaMesh-nya ZBrush atau dynamic tesselation di Sculptris.

    Curve modeling mungkin maksudnya pemodelan berbasis kurva (curve-based modeling), seperti ini: http://www.3drender.com/jbirn/ea/HeadModel.html.

    Kalau mau riset tentang teknik pemodelan, sekarang gampang, Ndu. Sudah banyak sekali referensi di Internet.

    Reply
  2. Bedanya low poly sama high poly modeling itu sepengetahuanku target akhir modelnya mau dipake dimana.
    Kalo low poly itu jumlah polygonnya ga boleh terlalu banyak, soalnya harus bisa ditampilkan secara realtime di mesin tertentu.
    Kalo high poly modeling biasanya targetnya buat animasi film. Kalo buat film, detail jadi lebih diperhatikan, makanya jumlah polygonnya bisa jadi lebih banyak.
    Nah, kalo sculpting itu dipake buat low maupun high poly modeling. Kalo low, buat bikin normal mapnya. Kalo high, bisa langsung dipake atau buat displacement map.

    Reply
  3. saya juga agak bingung mas dengan referensi yang ada di wikipedia. Jadi TEKNIK modeling tetap dibagi menjadi 3 ya mas?
    – polygonal modeling
    – curve modeling
    – sculpt modeling

    Reply
  4. saya cuma bingung low poly sama high poly masuk dalam kategori teknik modeling atau jenis modeling :D?

    Bikin normal lebih enak melalui high poly model ya mas?

    Reply
  5. Hmmm, kalo gitu dua-duanya masuk polygonal modeling. Hehe.

    Tapi kalo namanya modeling bisa gabungin berapa teknik. Misalnya kalo kita pengen bikin karakter buat game, alurnya kurang lebih seperti ini:
    1. Bikin bentuk dasar lewat sculpt
    2. Retopo (polygonal modeling)
    3. Sculpt lagi buat detailnya
    4. UV Map
    5. Bake normal map dari hasil sculpt
    6. Bikin tekstur warna
    7. Bikin specular map

    Jadi kalo pengen modeling karakter game (low-poly) kita bisa gabungin teknik polygonal modeling dan sculpt. Seperti itulah kira-kira yang aku tahu.

    Reply
  6. masih bingung klasifikasi modeling, mana yang general mana yang spesifik, low poly dan high poly sepertinya masuk dalam polygonal modeling. Bingungnya yang setara dengan polygon modeling itu apa :D? Saat ini masih ada sculpt sama curve

    Aku masih belum pernah coba sih klo low poly pake sculpt. kapan-kapan tak coba e 😀

    Reply
  7. Turut menyimak para mastah. Saya hanya bisa sedikit 3D-Modelling, dari Mechanical Desktop nya Autodesk. CAD-Modelling untuk pembuatan 'Mould Plasctic Injection'.

    Data CAD dari saya kemudian di convert kedalam NC file, untuk keperluan CAM.

    Hehe.. sekedar blog walking mastah, kalau sempat bisa visit back ke 'Belajar AutoCAD'.
    Terima kasih sudah berbagi.

    Reply

Leave a Comment