Burning DVD di Ubuntu dengan K3b

Sabtu, November 10, 2012

Burning merupakan proses pembakaran data untuk dimasukkan ke dalam CD maupun DVD. Butuh aplikasi khusus untuk melakukan pekerjaan tersebut. Secara default, Ubuntu memiliki aplikasi yang bernama Brasero. Brasero merupakan aplikasi yang digunakan untuk proses burning di GNOME. Namun menurut saya pribadi, saya kurang puas dengan kinerjanya. Beberapa kali burning DVD menggunakan brasero sering error saat sudah selsai burning, yaitu pada proses imagechecksum. Saya sendiri kurang tahu kenapa. Setelah muncul pesan error tersebut kita diharuskan mengeluarkan CD / DVD secara manual dengan menekan tombol eject. Setelah itu saya coba untuk membuka datanya namun hasilnya nihil. Saya tidak dapat membuka isi dari DVD / CD tersebut.


Akhirnya saya putuskan untuk mencari aplikasi pengganti Brasero. Dengan mudah saya temui di Ubuntu Software Center. Saya ketikkan kata kunci burn, dan saya sortir by top rated. Akhirnya saya menemukan software bernama K3b yang saya diperuntukkan untuk KDE, dapat ditebak dari nama aplikasinya yang diawali dengan huruf K.
k3b di ubuntu software center
k3b di ubuntu software center
Tampilan dari K3b sendiri cukup sederhana, di bagian atas layaknya nautilus di Ubuntu, atau Win Explorer di windows. Bagian kiri merupakan folder dan sub folder, sedangkan bagian kanan ada file yang ada dalam folder. Bagian bawah merupakan isi dari media yang akan kita burn, entah itu DVD maupun CD.
k3b user interface
k3b user interface
Sudah pernah mencoba aplikasi ini? Jika kesulitan tinggalkan komentar, nanti saya coba untuk bantu bikin tutorialnya :D. Salah satu fitur yang saya sukai dari aplikasi ini adalah notifikasinya yang muncul saat melakukan burning seperti progress bar dan posisinya selalu ada diatas jendela aplikasi lainnya. Sebelum proses selesai, notifikasi tersebut akan muncul terus.

Oh iya, sekedar informasi, K3b merupakan sebuah singkatan dari KDE Burn Baby Burn :D. Jadi pertimbangkanlah ini jika memiliki masalah dengan Brasero :D. Jujur saya lebih suka pakai K3b dibanding Brasero. 

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe