Pengaturan DNS Untuk Membuat Email dengan Custom Domain Blogger dan Google Apps

Sabtu, November 24, 2012

Sebelumnya kita sudah mengarahkan nameserver domain ke hosting untuk membuat email dengan custom domain blogger dan google apps. Dengan begitu, ketika kita buka halaman domain utama kita, otomatis akan muncul apa yang ada pada hosting. Bagi yang hostingnya belum ada, biarkan saja atau isi gambar under construction saja :D. Kini kita akan langsung masuk pada tahap selanjutnya, yaitu mengarahkan domain ke blogger. Dengan begitu ketika kita buka halaman blog, maka url blog langsung akan tergantikan oleh domain yang TLD yang sudah kita beli.

Setelah domain terarahkan ke hosting, kini saatnya kita melakukan pengaturan pada DNS hosting. Untuk pengaturanya ikuti langkah-langkah berikut.

Pengaturan Custom Domain Blogger

Buka dashboard blogger, kemudian buka menu Settings > Basic. Pada bagian publishing, Add A Custom Domain. Jika anda membeli domain langsung dari Blogger / Google, otomasi akan mendapatkan akun google apps, namun karena saya tidak membeli langsung ke google, maka daripada itu saya mengarahkan ke hosting lain. Karena saya baru tahu ada aturan itu sekarang, sebelumnya tidak ada penawaran seperti itu :D. Selain itu biasanya layanan google hanya menerima kartu kredit dan saya tidak memilikinya :D.

Jika sudah memiliki domain pilih menu switch to advance setting. Isikan nama domainmu dengan ditambahkan www. di depannya, kemudian aktifkan redirect domainmu.com ke www.domainmu.com. Jika masih bingung lihat screenshot di bawah ini
custom domain blogger
custom domain blogger
Saat menekan tombol save, bisa dipastikan gagal, karena kita belum mengatur DNS domain dan verifikasi domain supaya Blogger mengarahkan ke domain tersebut. Dulu kita tidak perlu verifikasi kepemilikan domain, kini harus melakukan verifikasi kepemilikan domain melalui C Name, oleh karena itu buka settings instruction untuk mengetahui kode verifikasi untuk domainmu. Ingat tiap akun akan memiliki kode verifikasi sendiri :D
cname custom domain
cname custom domain
Setelah mengetahui kode verifikasi domain kembali ke tampilan screenshot custom domain blogger diatas. Dan jangan di simpan terlebih dahulu. Karena akan mengalami kegagalan jika kita belum mengatur dns dari domain di hosting kita. Buka tab baru dan buka control panel hosting kita.

Pengaturan C Name dan A Name pada DNS Zone Editor

Pada control panel hosting, buka menu DNS Zone Editor. Tidak semua hosting memiliki nama menu yang sama, bagi yang tidak sama carilah menu yang digunakan untuk mengatur DNS. Buatlah 2 C Name sesuai dengan yang ada di instruksi blogger.

CName pertama dengan host / sumber www, targetnya / destination : ghs.google.com.
CName kedua sesuai dengan instruksi yang ada pada custom domain, tiap orang akan mendapatkan kode yang berbeda. Untuk CNAME harus diperhatikan betul, terutama destinationnya. dibelakangnya juga harus ada titik (.). Pokoknya yang ditebali harus ada semua di desination.

Untuk A Name tidak perlu ditambahkan, karena itu hanya optional. A Name berguna untuk mengubah domainmu.com menjadi www.domainmu.com dengan fitur yang sudah diaktifkan pada custom domain. Untuk A name dari panduaji.net. biarkan mengarah ke IP server hosting.

dns zone editor
dns zone editor
Buka tab blogger kemudian save pengaturan custom domain. Jika masih belum bisa tunggu sekitar setengah jam. Dengan begitu domain kita menggunakan dua hosting, satu hosting yang sudah kita beli dan satunya menggunakan hosting dari google. Jadi jangan heran jika mengetikkan www.panduaji.net hasilnya akan berbeda dengan jika mengetikkan panduaji.net. Karena saat mengetikkan panduaji.net, domain akan terarah pada akun hosting kita. Sedangkan jika menggunakan www, domain akan terarah ke akun blogger kita.

Untuk mengatasi masalah diatas buka menu domain forwarding atau redirect domain. Intinya menu untuk mengalihkan domain. Jadi jika ada yang mengetikkan panduaji.net maka akan diteruskan ke www.panduaji.net.
domain forwarding
domain forwarding
Proses update DNS dapat memakan waktu hingga 24 - 48 jam. Jadi jika masih errror harap sabar menunggu. Untuk C name dan A Name saya tidak sampai 3 jam sudah bisa. sedangkan untuk Nameserver lebih dari 24 jam.

Pengaturan DNS untuk custom domain cukup sampai tahap ini, untuk pengaturan email akan dibahas pada posting selanjutnya. Kalau ada kesalahan tolong dikoreksi, supaya tidak menyesatkan.


Tahapan:
  1. Membuat Email dengan Custom Domain Blogger dan Google Apps Part I
  2. Membuat Email dengan Custom Domain Blogger dan Google Apps Part 2
  3. Membuat Email dengan Custom Domain Blogger dan Google Apps Part 3
  4. Membuat Email dengan Custom Domain Blogger dan Google Apps Part 4


    You Might Also Like

    0 comments

    Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

    Facebook

    Subscribe