Persiapan Membuat Email dengan Custom Domain Blogger dan Google Apps

Kamis, November 22, 2012

Membuat email dengan custom domain blogger dan google apps sudah lama saya idam-idamkan. Fitur email tidak ada bedanya dengan yang kita dapatkan dengan mendaftar gmail, karena aplikasi email dari google apps berdasarkan gmail. Namun memiliki email dengan domain TLD(Top Level Domain) tampak lebih keren, karena nggak pasaran seperti @gmail.com meski enginenya sama :D.
 admin email
admin email
Sekarang saya memiliki email admin@panduaji.net setelah perjuangan sekitar 4 hari bermain dengan akun hosting dan domain, mohon maaf atas ketidaknyamanan pengunjung dalam beberapa hari ini karena blog ini tidak dapat diakses. Disini saya mau share bagaimana membuat email yang memanfaatkan google apps dengan custom domain. Intinya bagaimana membuat alamat email email@domainmu.net meski menggunakan engine blogger.

Saya kira dulu saya tidak dapat membuat email@panduaji.net karena menggunakan layanan hosting blogger. Sempat juga dulu tanya-tanya ke customer service bahwa tidak memungkinkan untuk melakukan itu karena hosting kita numpang di google, dan kita tidak memiliki kewenangan untuk mengotak-atik hosting. Saat itu saya hanya beli domainnya saja, belum tau tips dan trik ini. Kandas sudah impian saya untuk memiliki email@panduaji.net.

Semua itu berubah ketika beberapa waktu lalu saya melihat produk dari idwebhost yang bernama idbloghosting. Setelah membaca spesifikasinya ternyata apa yang berbeda produk dengan pembelian domain di idwebhost. Sehingga saya tidak dapat beralih ke idbloghosting. Ini bukan iklan idwebhost lo ya, karena saya memang membeli domain disitu :D.

Saya coba lihat fitur paket idbloghosting, untuk mendapatkan fitur email kita harus membeli paket minimal seharga Rp. 125.000,-. Untuk spesifikasinya bisa dilihat pada gambar di bawah ini
paket idbloghosting
paket idbloghosting
Dari situ saya menyimpulkan bahwa saya harus memiliki hosting yang saya kelola sendiri. Ternyata memang benar, setelah bertanya pada CS Idbloghost saya harus memiliki hosting terlebih dahulu untuk mendapatkan alamat email seperti yang saya inginkan. Akhirnya saya putuskan untuk mundur dengan paketan idbloghost karena saya sudah memiliki hosting di tempat lain. Jadi terlintas di benak untuk memanfaatkan hosting premium yang sudah saya miliki di idhostinger.

Dari pengalaman diatas, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum membuat email dengan custom domain dan google apps. Hal-hal yang perlu dipersiapkan kurang lebih
  • Memiliki blog dengan alamat *.blogspot.com
  • Memiliki / Membeli dulu Domain TLD seperti .net, .com atau yang lainnya
  • Dengan membeli domain, otomatis akan memiliki control panel domain.
  • Memiliki akun hosting. Akan digunakan untuk bermain-main dengan MX Record, C name, A name
  • Membuat akun google apps (http://google.com/a)
Kenapa harus memiliki hosting? Saya sudah mencoba menggunakan control panel dari domain, dari situ saya bisa mendapatkan email yang saya impikan dan mengirim email, namun email tersebut tidak dapat menerima email. Jika hanya untuk mengirim email saja, bisa memanfaatkan control panel dari domain. Namun jika ingin terima dan kirim, siapkan akun hosting juga.
Hosting Gratis
Akun hosting tidak perlu yang besar, karena hanya akan digunakan untuk numpang lewat email. Server email tetap ikut dengan google, karena saya memilih itu :D. Silakan cari penyedia hosting yang murah, atau kalau mau gratis coba idhostinger sudah cukup untuk ini.

Jika tahap persiapan ini sudah semua dipersiapkan semua, berarti kita siap melanjutkan ke tahap  pointing nameserver domain yang akan saya bahas pada tulisan selanjutnya.

Pastikan jadi yang pertama dalam mendapatkan informasi ini dengan memasukkan email pada subscribe widget di samping :D. InsyaAllah minggu ini akan saya posting lanjutannya :). Oh iya, minta tolong bantuan koreksi jika ada kesalahan dalam istilah yang saya gunakan.

Tahapan:
  1. Membuat Email dengan Custom Domain Blogger dan Google Apps Part I
  2. Membuat Email dengan Custom Domain Blogger dan Google Apps Part 2
  3. Membuat Email dengan Custom Domain Blogger dan Google Apps Part 3
  4. Membuat Email dengan Custom Domain Blogger dan Google Apps Part 4

You Might Also Like

2 comments

  1. terimakasih atas informasinya , dengan adanya informasi di atas saya jadi bisa belajar bagaimana cara membuat e-mail dengan custom domain blogger dan google apps ,
    terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayangnya sekarang google apps sudah tidak ada versi gratisnya lagi. Tinggal versi berbayar. Untung saya dulu masih kebagian jatah gratisnya yang masih bisa dipakai sampai sekarang :D

      Hapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe