Ketentuan Promo Andromax-i Berubah, Smartfren Tetap Promosikan Ketentuan Lama

Senin, Desember 31, 2012

Setelah sempat vakum, kini halaman smartfren di facebook sudah aktif lagi. Seperti biasa, banyak sekali cacian yang dilayangkan melalui kolom komentar, karena user tidak dapat langsung post di wall tersebut. Sekarang dalam halaman tersebut disediakan halaman khusus untuk melaporkan segala macam bentuk keluhan. Saya salut dengan smartfren yang cukup berani untuk hal tersebut, saya belum tahu provider lain menyediakan layanan purnajual seperti smartfren.

Kembali lagi tentang kekecewaan saya terhadap smartfren, beberapa waktu lalu saya membeli sebuah produk smartfren yaitu smartfren andromax-i. Sebuah smartphone android dengan fitur bagus dan termasuk yang paling murah dengan spesifikasi yang ditawarkan. Dalam pembelian smartfren andromaxi, kita akan mendapat bonus data sebesar 1 Gb untuk pembelian pulsa 50rb. Lumayan lah untuk waktu 1 bulan.
smartfren andromaxi
image by smartfren.com
Bulan Desember saya membeli pulsa 50rb lagi, meski pulsa sebelumnya masih ada sekitar 68rb, lumayan dapat bonus pulsa 20rb pas main ke acara scomdex di grand city. Alangkah kagetnya ketika membeli pulsa di bulan Desember, bahwa bonus tersebut berlaku hingga akhir bulan. Bukannya 1 bulan seperti yang ada di brosurnya ya?

Beberapa waktu lalu mendapat sms bahwa bisa tukar sms dengan undian berhadiah, di booth smartfren tunjungan plasa lantai 5. Dengan santainya berangkat ke booth tersebut pada pukul 1 siang, sesampainya di booth tersebut, saya tidak kebagian jatah untuk pengundian nomor, tiwas bersusah payah kesana, alhasil hanya membeli sebuah smartfren andromaxi (lagi) di booth tersebut.

Ketika melakukan registrasi hape baru tersebut saya tanya ke petugas yang ada di booth tersebut tentang bonus kuota 1 Gb saat pengisian ulang. Saya bilang ke Mas nya, "Mas, bonus 1Gb kalau beli pulsa 50rb sekarang cuma berlaku untuk 2 Minggu ya?" Masnya jawab "nggak mas, 1 bulan". Tak jawab lagi, teman saya beli pulsa tanggal 13, kemarin sudah habis. Saya juga gitu beli pulsa tanggal 14, hari ini terakhir". Masnya jawab lagi "Coba saja pakai internetan mas, pulsanya nggak berkurang kok, lha wong bonus 1 Gb untuk 1 bulan kok."

Kemarin saya coba internetan ria dan ternyata pulsa saya berkurang, untung cuma 4rb. Nggak semuanya. Saya kurang puas dengan jawaban mas-masnya di booth tersebut langsung buka halaman smartfren di facebook yang penuh dengan cacian, saya coba kirimkan pesan dengan bahasa yang saya pikir cukup sopan tadi malam,
smartfren cs
smartfren cs
dear smartfren, ada perubahan ketentuan bonus layanan data untuk pengguna andromaxi? yang tadinya berlaku untuk 1 bulan, kini cuma 2 minggu?
Akhirnya tadi pagi mendapat message dari smartfren yang isinya 
smartfren cs
smartfren cs
Dear Pandu Aji Wirawan dapat kami informasikan untuk masa berlaku bonus data selama 15 hari sejak isi ulang. Dan bonus 1GB diberikan setelah melakukan pengisian ulang minimal Rp. 50.000. Periode bonus 1 GB, 12 kali isi ulang dalam waktu maksimum 12 bulan sejak aktivasi. Info detail silahkan klik link http://www.smartfren.com/andromax-i/index.html. Terima kasih atas kesetiaan dan kepercayaannya thd produk dan layanan smartfren ~
Kemudian saya cek di halaman facebook smartfren, bagaimana tanggapannya terdahap komentar saya. Berikut tanggapannya

smartfren cs
smartfren cs
Selamat pagi Pandu Aji Wirawan saat ini kami sudah kirimkan informasi yang dibutuhkan di massages facebook teman smartfren. silahkan di cek. Thx
Berikut beberapa point yang saya garis bawahi dari kasus diatas :

  • Tidak ada sinkronisasi antara smartfren pusat sampai di daerah-daerah. Terbukti dari ngeyel-nya petugas di booth smartfren yang tidak tahu adanya perubahan ketentuan tersebut
  • Smartfren berlindung dibalik kata-kata "ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu" yang sudah banyak digunakan. Setidaknya informasi perubahan seperti ini diinformasikan melalui halaman website maupun facebook page yang sudah ada.
  • Tidak adanya itikan baik dari smartfren untuk memberikan informasi terbaru atas promo yang sudah di sebarluaskan, terbukti juga informasi yang diberikan mengenai perubahan ketentuan promo andromaxi tersebut diinformasikan melalui message facebook, bukan langsung di page dimana saya komentar, ada kesan menutupi perubahan ketentuan atas promo yang sudah ada.
  • Ketentuan promo sudah berubah, namun dalam prakteknya masih menggunakan ketentuan yang sudah tidak berlaku, yaitu masa aktif bonus untuk 1bulan berganti menjadi 15 hari.
  • Smartfren tidak konsisten terhadap promo yang diberikan, padahal smartfren andromaxi baru diluncurkan pada bulan November, namun promo hanya dilakukan 1 bulan, setelah itu ketentuan promo sudah tidak berlaku.
Dengan begitu, tips dan trik yang saya share beberapa waktu lalu tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal. Padahal tiwas seneng dengan uang 50rb bisa untuk internetan 2 gadget yang berbeda dalam 1 bulan. 1 untuk smartfren andromaxi, satunya untuk modem smartfren.

You Might Also Like

7 comments

  1. walaaaah gmn sih smartfren? jd sbnrnya sebulan atau 2 minggu pan? trus menurutnu speed nya gmn pan? cepet gak? (di hp atau di kompie) pernah tethering ke laptop mu ga?

    BalasHapus
  2. sekarang cuma 15 hari mas, dulu di bulan November 1 bulan. Untuk kecepatannya lancar-lancar saja di hape, download up to 200kb/s. belum pernah coba tethering ke laptop :D

    BalasHapus
  3. stelah promo yang 15 hari abis.
    Trus gmana?
    Pulsa yg 50rb langsung otomatis bli paket internet ato gmana mas.
    Tips nya dong :)
    thx

    BalasHapus
  4. Setelah yang 15 hari itu habis, pulsanya akan tetap menjadi pulsa reguler biasa yang bisa digunakan untuk telp dan sms bahkan internet.

    Paket internetnya tidak otomatis, jadi harus daftar dulu :)

    BalasHapus
  5. kalo boleh tanya niih,, ada kendala gak sama hpnya?

    BalasHapus
  6. soalnya mamaku mau beli hp android juga yang dual sim(gsm-cdma) kan ada 2 hp android tuh yg dual sim.. ada Samsung Galaxy Ace Duos sama SmartFren andromaxi>> kalo beli yg smsungkan mahal.. mama pingin yg murah aja.. terus HPnya gimana yg Andromaxi? ada kendala gak sih selama ini? terima kasih

    BalasHapus
  7. sampai saat ini pemakaian tidak ada kendala. Meskipun chargernya sama dengan BB tp jangan di cas pakai charger BB. bisa hang hapenya, beda daya :D

    BalasHapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe