Tutorial Modeling Roulette Tembak

Rabu, Desember 26, 2012

Model plus tutorial membuat roulette tembak, awalnya belum ada bayangan. Langsung modeling sekaligus bikin tutorialnya untuk siapapun yang membutuhkan :D. Langsung saja penjelasan step by stepnya.

Teknik yang saya gunakan adalah spin untuk memastikan posisi tiap slot peluru berada pada tempat yang benar. Sehingga tidak akan mengalami kecelakaan saat digunakan untuk menembak :D. Berikut tutorialnya, selamat mencoba

Pertama, buatlah sebuah circle dengan 12 vertices, karena roulette yang saya buat akan ada 6 slot untuk peluru. Masuk edit mode (TAB) dan seleksi seluruh vertex yang ada kemudian extrude (E) ke dalam dengan metode scale (S)
Tutorial Modeling Roulette Tembak
scale circle

Kedua, buat loopcut melingkar pada circle yang sudah kita buat
Loop cut circle
Loop cut circle
Ketiga, tambahkan modifier subdivision surface / subsurf. Atur viewnya menjadi 2 sehingga objek terlihat halus. Hapus satu vertex yang berada di tengah, sehingga tampak seperti gambar di bawah ini.
Add subdivision surface
Add subdivision surface
Keempat, masih dalam edit mode buat sebuah circle dengan Add (Shift A) > Circle. Atur vertices circle menjadi 8 dan fill typenya Nothing, menyesuaikan dengan banyaknya vertex pada objek utama yang sudah kita buat sebelumnya.
Add circle kecil
Add circle kecil
Kelima, scale circle kedua hingga cukup untuk diletakkan pada bagian vertex yang kita hapus sebelumnya, sehingga tampak seperti gambar di bawah ini.
posisi circle kecil
posisi circle kecil
Keenam, seleksi keseluruhan circle kecil kemudian extrude dan scale ke dalam seperti yang kita lakukan pada circle besar sebelumnya.
extrude dan scale circle kecil
extrude dan scale circle kecil
Ketujuh, hapus vertex yang berada di tengah circle besar secara selang-seling. Sehingga circle besar tidak memiliki face seperti pada gambar di bawah ini
hapus vertex circle besar
hapus vertex circle besar
Kedelapan, seleksi keseluruhan circle kecil dan gunakan tool spin untuk memperbanyak  circle kecil secara memutar. Aktifkan Dupli agar tiap circle kecil tidak tersambung. Atur duplikasi circle kecil sebanyak 5 buah dan atur anglenya menjadi 300 derajat. Jika berhasil akan tampak seperti gambar di bawah ini
spin circle kecil
spin circle kecil
Kesembilan, gabungkan seluruh cicrle kecil dengan circle besar menggunakan face. Saya membuat sebuah face / bidang dari 4 buah vertex. Tidak kurang maupun lebih. Caranya, seleksi 4 vertex kemudian tekan F untuk membuat face / bidang baru. Lakukan pada semua circle sehingga akan tampak seperti gambar di bawah ini.
Buat face circle kecil dan  besar
Buat face circle kecil dan  besar
Kesepuluh, seleksi semua vertex yang ada pada circle kemudian extrude pada sumbu Z dengan cara tekan E untuk extrude dan G untuk menggeser serta tekan Z supaya penggeseran tetap pada sumbu Z.
extrude circle sumbu Z
extrude circle sumbu Z
Kesebelas, tambahkan loopcut (CTRL R) sebanyak dua dengan memutar scroll pada mouse. Dalam posisi kedua hasil loopcut terseleksi, tekan S dan Z untuk scale pada sumbu Z. Supaya simetris antara atas dan bawah. Tambahkan juga loopcut pada bagian dalamnya.
scale pada sumbu Z
scale pada sumbu Z
Keduabelas, tambahkan loopcut pada masing-masing circle kecil yang ada, sehingga akan tampak lebih halus seperti gambar di bawah ini.
Loopcut pada slot peluru
Loopcut pada slot peluru
Bagi yang masih bingung mungkin bisa diulangi lagi langkah-langkah diatas, tetapi jika masih bingung juga bisa langsung download file saya yang sudah jadi, tampilannya akan tampak seperti gambar di bawah ini.
Hasil yang diharapkan
Hasil yang diharapkan

Semoga tutorial modeling sederhana diatas dapat bermanfaat dan syukur-syukur kalau bisa bikin yang lebih baik :D. Kalau ada saran nggak perlu sungkan buat tinggalin komentar.

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe