background img

Artikel Terbaru

Membuat Read More di Blogspot dan Wordpress

Pernah buka blog kan? Kalau baca tulisan ini tentunya sedang membuka panduaji.net, itulah blog yang saya gunakan untuk sharing tentang apa yang sudah saya pelajari. Sudah beberapa tahun terakhir ini saya suka dengan yang namanya ngeblog, bahkan terkadang juga blog walking ke blog-blog teman-teman. Banyak hal yang kurang saya sukai ketika mengunjungi blog teman seperti load pagenya lama, warnanya kacau, banyaknya gambar, tulisannya di homepage panjang banget. Perlu scrolling page yang 'agak lama' untuk mencapai tulisan selanjutnya.

Kali ini saya mau share sedikit tentang salah satu solusi untuk menghindari scrolling page pada homepage menggunakan fasilitas jump break, sehingga pada homepage kita hanya membaca ringkasan atau summary dari artikel tersebut. Fasilitas ini biasanya juga dikenal dengan read more. Banyak sekali cara untuk memasang read more di blog, mulai dari yang otomatis hingga yang manual.

Saya pernah menggunakan cara yang otomatis, cara tersebut berjalan dengan baik, bahkan pada homepage ditampilkan thumbnail gambar teratas yang ada dalam artikel, jika tertarik silakan googling dengan kata kunci "automatic readmore with thumbnail". Saat ini saya tidak menggunakan hal tersebut lagi. Karena berpengaruh pada load page halaman.

Ada juga yang menuliskan secara manual untuk mendapatkan readmore, saat ini saya lebih suka menggunakan readmore secara manual, hal ini akan mempercepat load page sebuah halaman blog daripada mereka yang menggunakan script automatic read more. Karena automatic readmore menggunakan script, sehingga membutuhkan waktu 'lebih' untuk me-loadnya. 

Berikut cara menggunakan readmore di platform blogger/blogspot dan wordpress yang sudah disediakan
  • Untuk bloger / blogspot gunakan insert jump break
Blogger
  • Untuk wordpress gunakan insert more tag (Alt + Shift +T)
Wordpress
Menurut saya, ada beberapa keuntungan yang saya peroleh dari penggunaan read more secara manual tersebut
  • Load page lebih cepat dibandingkan sebelumnya, karena tidak perlu memanggil script dari luar untuk mengkonvert artikel menjadi summary
  • Bisa meletakkan sesuka hati, tiap artikel panjangnya tidaklah sama, dengan readmore manual kita bisa meletakkan read more sesuka kita.
  • Link yang berada pada awal halaman / summary dapat berfungsi, berbeda saat kita menggunakan automatic read more, link tersebut mati dan baru dapat dikenali sebagai link ketika kita masuk dalam artikel tersebut
Mungkin untuk saat ini itu yang saya rasakan, jika ada saran silakan tinggalkan komentar, terima kasih :D

Programming Multimedia dengan Processing

Hari ini sudah mulai masuk kuliah lagi, seperti biasa kembali diperbudak kertas dan birokrat :D. Mata kuliah semester 2 ini berbeda dengan semester pertama, pada semester 2 ini tidak ada mata kuliah visual programming seperti semester lalu, namun tergantikan dengan mata kuliah Multimedia Programming. Sebenernya saya belum bisa nangkap apa yang akan dipelajari dalam mata kuliah ini, namun dari tugas pertama hari ini saya bisa menangkap bahwa mata kuliah ini masih akan berkutat dengan programming java.
Intinya programming multimedia ini adalah pembuatan animasi maupun bentuk-bentuk konten multimedia  interaktif dengan bahasa pemrograman, seperti software drawing, animation, dsb. Oleh karena itu untuk software yang digunakan tetap seperti visual programming, yaitu Eclipse dan ada library tambahan yaitu Processing yang berlisensi Open Source.


Standarisasi File Produksi Animasi

Seruling project, sangat bermanfaat buat saya, meski sampai detik ini hasil akhirnya belum tercapai. Setelah beberapa kali mengikuti produksi entah itu animasi maupun film membuat saya perlu menuliskan pengalaman yang saya peroleh saat menjadi admin blog seruling project. Karena banyak sekali teman-teman yang melakukan produksi sebuah film animasi yang bisa dibilang ngawur.
standar penamaan
Seperti yang sudah pernah saya singgung sedikit pada tulisan pra produksi animasi, kita harus mempersiapkan standarisasi dalam pengaturan file-file produksi, karena kita bekerja dalam sebuah tim yang memiliki beberapa anggota dengan latar belakang berbeda. Saat kita mengerjakan hal tersebut sendirian, mungkin akan terasa lebih gampang tidak perlu aturan ini itu karena kita yang mengatur semuanya sehingga kita tahu apa gunanya ini itu dsb.

Produksi Animasi 3D

Setelah sebelumnya saya membahas tentang PRA PRODUKSI, kini saatnya saya meneruskan tulisan saya tentang PRODUKSI. Produksi adalah proses membuat setelah semua yang akan dibuat selesai dikerjakan saat PRA PRODUKSI. Ada pernyataan bahwa dalam dunia animasi, creator adalah Tuhan untuk dunia tersebut. Oleh karena itu ada banyak yang perlu dibuat (jadi Tuhan itu sulit lho). Berikut beberapa hal yang dikerjakan dalam proses PRODUKSI.

1. Modelling
Proses pembuatan model baik 3 dimensi maupun 2 dimensi, entah itu modeling karakter, environment, object, dan berbagai macam bentuk objek yang akan kita atur dalam dunia animasi.
modeling character


Driver Modem Huawei Linux (Ubuntu)


Modem Huawei mobile partner kebanyakan langsung bisa digunakan di Linux (Ubuntu 11.10) meski tanpa driver, namun kita tidak dapat mengakses fitur sms dan call. Kita hanya bisa menggunakan sebatas yang disediakan oleh network manager bawaan Ubuntu.

Saat ini saya menggunakan modem smartfren yang lumayan cepet karena masih masa free 2 bulan :D. Oleh karena itu saya memerlukan sms masuk untuk mengetahui kapan waktunya isi ulang dsb, berbeda dengan pemakaian telkomsel flash sebelumnya yang sudah pasti membayar tiap bulan.

Untuk bisa mengakses fitur sms, dan yang lain kita perlu download driver huawei mobile partner, driver ini berlaku secara general baik untuk CDMA maupun modem GSM. Saya sendiri sudah mencoba untuk CDMA, untuk yang GSM review dari beberapa forum online. Oleh karena itu silakan download drivernya terlebih dahulu


Setelah mengunduh driver tersebut, ikuti langkah berikut untuk melakukan instalasi
  • Extract file hasil download
  • Buka folder hasil extract > Klik kanan pada install > buka tab Permissions > Allow executing file as program > close
  • Buka terminal dan ketikkan
    sudo nautilus
    masukkan password
  • Buka folder driver tersebut
  • Klik 2 kali pada file install > pilih run in terminal
  • Saat ada menu please input the absolute path for install tekan enter untuk melakukan instalasi pada default folder
installation
  • Tunggu hingga proses instalasi selesai
  • Kita sudah bisa menggunakan mobile partner
connect with mobile partner
Ada beberapa kelemahan dari pemasangan mobile partner ini
  1. Secara default akan menjadi driver modem, sehingga network manager tidak akan mendeteksi modem lagi, karena jatahnya sudah diambil oleh driver tersebut, sehingga kita harus menjalankan aplikasi mobile partner untuk menggunakan modem.
  2. Tampilan tidak bisa menyatu dengan tema Ubuntu, sehingga ketika dilihat ada yang aneh gitu :D
  3. Beberapa fitur kurang sempurna, entah itu fontnya terkadang morat-marit di menu tool option atau kadang tulisannya menghilang dan kadang muncul.
Baru itu saja kelemahan yang paling saya rasakan, untuk kelebihan yang saya rasakan:
  1. Bisa menggunakan berbagai macam fitur modem seperti yang ada di Windows, seperti sms
  2. Bisa mengetahui jaringan yang sedang digunakan. Untuk CDMA ada EVDO, atau yang lain, meski untuk beberapa distribusi Ubuntu seperti Ubuntu Sabily sudah ada indikator jaringan, namun untuk ubuntu yang saya gunakan belum ada.
Sepertinya baru itu saja, nanti jika ada yang lain akan saya update lagi tulisan ini, mungkin teman-teman mau menambahkan pengalamannya menggunakan GUI mobile partner? Monggo di share di sini. Semoga tulisan yang sedikit ini bisa bermanfaat :D

Pra Produksi Animasi 3D

Untuk memproduksi sebuah animasi pendek tidaklah asal bikin langsung jadi, dibalik itu semua ada alur panjang yang harus ditempuh satu persatu. Seperti yang bisa di pelajari dari Seruling Project, Durian Project, Mango Project, atau open movie yang lain. Tiap pembuatan animasi akan melalui proses PRA PRODUKSI, PRODUKSI dan PASCA PRODUKSI. Alur produksi tersebut haruslah berururtan, karena sangat sulit jika tidak berurutan.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas apa saja yang perlu disiapkan untuk proses PRA PRODUKSI, karena ini sangat penting seperti yang pernah saya ceritakan di sini. Berikut komponen-komponen yang dibuat saat PRA PRODUKSI
dok. seruling project