Cara Install AddsOns / Plugin di Blender

Sabtu, Januari 19, 2013

Blender merupakan salah satu software open source yang mendapat dukungan luar biasa dari Komunitasnya. Banyak hal-hal hebat lahir dari komunitas di seluruh dunia, tidak heran jika kita bisa mendapatkan model gratis di Blendswap dan Tutorial di BlenderGuru, BlenderDiplom dan masih banyak lagi. Selain itu komunitas juga mengembangkan banyak sekali addOns atau plugin yang dapat mempermudah apa yang kita kerjakan di Blender. Terkadang banyak yang belum tahu atau belum bisa menginstall / menggunakan addOns di Blender. Berikut 3 Langkah memasang AddOns di Blender.

Download AddOns Blender

Kita dapat mendownload AddOns Blender secara gratis, salah satunya ada di Blender Plugin Repository: http://www-users.cs.umn.edu/~mein/blender/plugins/ (dead link)

Sebenarnya dalam Blender sudah ada bebrapa plugin yang terinstall, namun belum diaktifkan. Untuk mengetahui cara mengaktifkan plugin langsung baca Enable AddOns Blender di bawah

Install AddOns di Blender

Kita hanya perlu 3 langkah untuk melakukan installasi AddOns yaitu,

  • Buka Blender > File > User Preferences > AddOns
  • Tekan Install from File kemudian browse file AddOns yang sudah kita download
  • Oke, AddOns sudah terinstall sekarang tinggal mengaktifkan AddOns
install addons Blender
install addons Blender

Mengaktifkan AddOns di Blender

Centang checkbox yang ada pada AddOns otomatis akan membuat AddOns tersebut aktif. Namun jika Blender ditutup, addOns tersebut akan kembali tidak aktif. Save User Setting akan membuat pengaturan AddOns yang sudah dirubah menjadi default. Sehingga meski Blender ditutup terus dibuka lagi AddOns akan tetap aktif.

PENTING!! Perlu diperhatikan sebelum save as default, pastikan tidak membuka file project atau file yang lain, karena file tersebut akan terbuka secara default saat kita menjalankan Blender. Jika tidak ingin membuka selain default dari Blendernya, saran saya buka Blender, langsung atur AddOns kemudian save as default.

Semoga tidak ada masalah untuk melakukan instalasi AddOns di Blender yang cukup mudah dan GRATIS.

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe