Tethering Smartfren Andromax-i

Minggu, Januari 20, 2013

Tethering adalah menyambungkan perangkat satu ke perangkat yang lain. Perangkat yang dimaksud seperti handphone, tablet dan yang lainnya. Dengan tethering kita bisa saling berbagi koneksi / jaringan internet. Misal, saya menyambungkan Laptop saya dengan Smartfren Andromaxi yang merupakan handphone dengan sistem operasi android. Tethering ini bisa melalui perangkat seperti kabel, wireless dan bluetooth. Berikut cara tethering smartfren andromaxi dan review jaringan internetnya yang beberapa waktu lalu ditanyakan Mas +Helmi Satria .

Cara Setting Tethering Android ICS

Smartfren Andromaxi sudah mengusung sistem operasi Android ICS (Ice Cream Sandwich). InsyaAllah untuk semua handphone dengan sistem operasi Android ICS cara setting tetheringnya sama.

Buka menu Settings, pada wireless & networks buka menu More. Pilih Tethering & Portable hotspot. Akan ada beberapa opsi, dan saya pilih USB tethering. Sebelumnya colokkan dulu kabel hape ke USB laptop.
Kenapa saya pilih USB Tethering? Karena dengan USB Tethering hape saya mendapatkan sumber daya alias ngeces. Sehingga tidak khawatir kehabisan baterai. Karena tethering ini memakan cukup banyak baterai.
Setelah tethering diaktifkan kita belum bisa gunakan internet. Karena fungsinya baru menyambungkan laptop dengan hape. Untuk mengaktifkan internetnya kita aktifkan bluetooth tethering. Saya nggak tahu kenapa harus mengaktifkan keduanya, yang jelas di bawah bluetooth tethering ada tulisan
Sharing this phone's Internet connection.
Setelah mengaktifkan bluetooth tethering saya baru bisa berselancar dunia maya dengan lancar.
tethering android ics
tethering android ics

Tethering Smartfren Andromaxi

Tethering ini paket data 1Gb gratis smartfren andromaxi dan dilakukan di Surabaya selatan tepatnya di daerah ketintang dengan kondisi cuaca mendung. Faktor tersebut mungkin perlu dipertimbangkan karena juga berpengaruh.

Tethering Smartfren Andromaxi Surabaya
Tethering Smartfren Andromaxi Surabaya
Dari data diatas, saya gunakan untuk mendownload update dan software Ubuntu di server Kambing yang terletak di Universitas Indonesia. Biasanya saya download melalui hape bisa tembus 200 kb/s namun nyatanya saat tethering ini kecepatan maksimal hanya 112 kb/s. Saya kurang tahu ini karena faktor cuaca atau bagaimana, namun kisaran stabilnya berada di kecepatan 40 - 60 kb/s.

Setelah download software dan aplikasi Ubuntu, saya coba untuk downlod driver VGA NVIDIA dengan ukuran 65 Mb. Ternyata kecepatannya stabil di kisaran 40 Kb/s :(. Termasuk lemot kalau menurut saya karena yang di tawarkan oleh smartfren up to 3.1 Mb/s, setidaknya kecepatan yang saya dapatkan 1/8 dari 3100 kb/s yaitu 387.5 Kb/s.

download rate smartfren andromaxi tethering
download rate smartfren andromaxi tethering
Mungkin ada yang memiliki pengalaman yang lebih baik / lebih buruk dari yang saya alami terhadap layanan internet smartfren :D?

You Might Also Like

1 comments

  1. Gan gw pake Smartren Andromax Tab 7, USB Tethering sama portable WIFI hotspot-nya ngga jalan. Temen gw juga pake tab yg sama gitu juga.. Pake WIFI hotspotnya tulisannya sih connected tapi ngga bisa browsing PC gw.. Sayang banget paket internet gretong gw.. :'(

    BalasHapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe